Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Benteng Van der Wijck Kebumen

Diposting pada
benteng van der wijck kebumen
Benteng Van Der Wijck Kebumen

Kalau Anda lebih mengenal Kebumen dengan keindahan wisata alamnya, seperti pantai, gunung, dan bukit-bukitnya, wisata sejarahnya yang ada di Kebumen tidak kalah menariknya, sebut saja Benteng Van der Wijck Kebumen. Anda yang mengunjungi benteng tersebut tentu akan disuguhkan dengan keindahan bangunannya yang indah dan artistik.

Benteng yang sudah lama didirikan ini, yaitu sejak abad ke 18 atau tahun 1818, merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ditinggalkan pada masa kedatangan Belanda ke Indonesia. Pemberian nama untuk benteng ini sebenarnya berasal dari nama salah satu komandan yang memimpin tentara Belanda pada saat itu, yakni Van der Wijck.

Kalau Anda memasuki kawasan bentengnya, Anda bisa melihat keseluruhan cat di setiap sisi bangunannya berwarna merah yang membuatnya terkesan mewah. Untuk tinggi bangunannya, sebenarnya cukup tinggi untuk bangunan pada masa lampau, yaitu sekitar 10 m, padahal rata-rata tinggi bangunan saat itu hanya mencapai 5 sampai 7 m saja. Maka tidak heran kalau benteng ini termasuk yang termegah di daerah Kebumen.

panorama benteng van der wijck kebumen
Panorama Benteng Van der Wijck

Anda yang menelusuri Benteng Van der Wijck Kebumen lebih jauh lagi, bisa menyaksikan barak-barak yang berjumlah 16 barak yang saat itu dipakai untuk tempat peristirahatan para tentara. Perhatikan saja bagian dalam maupun luarnya, pasti Anda akan berpikir kalau benteng bersejarah ini benar-benar artistik karena dari bentuk berbeda dengan bangunan lainnya.

pesona keindahan benteng van der wijck dari ketinggian
Pesona Keindahan Benteng Van der Wijck dari Ketinggian

Untuk bagian tengahnya, terdapat lapangan yang sangat luas yang bisa Anda lihat langsung sesaat memasuki gerbang bentengnya. Tapi tahukah Anda kalau lokasi tersebut merupakan tempat syuting film action Indonesia terlaris The Raid 2? Ya, lokasi tersebut memang pernah masuk di salah satu adegan di film The Raid 2. Jadi tak heran, kalau semakin banyak pengunjung yang penasaran dengan benteng ini.

asyiknya berburu foto di benteng van der wijck kebumen
Asyiknya Hunting Foto di Benteng Van der Wijck

Keunikan dari benteng ini adalah bangunannya menyerupai bentuk segi 8 atau biasa disebut octagonal. Walaupun hanya memiliki 2 lantai, benteng ini mempunyai banyak keunikan tersendiri, seperti sebagian besar cat-cat yang dipergunakan di tiap ruangan menggunakan warna putih, pintu dan jendela di berbagai ruangan memiliki bentuk unik yaitu setengah lingkaran, dan sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuat benteng ini adalah tembok, tidak terkecuali atapnya.

selfie keren di benteng van der wijck kebumen
Selfie Keren di Benteng Van der Wijck

Sangat unik, bukan benteng bersejarah ini? Untuk melihat lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti kegiatan tournya dan menikmati kereta bentengnya yang jalurnya berada di atap benteng. Tidak akan sia-sia Anda menghabiskan beberapa waktu untuk menikmati pemandangan indah Benteng Van der Wijck Kebumen ini.

spot foto benteng van der wijck yang instagramable
Spot Foto Benteng Van der Wijck yang Instagramable

Lokasi Benteng Van der Wijck Kebumen

Lokasi tepatnya benteng ini berada di daerah Gombong, Kabupaten Kebumen. Jaraknya 20 km jika dihitung dari pusat kota Kebumen.

Rute Menuhu Benteng Van der Wijck Kebumen

Anda yang ingin berkunjung ke kawasan wisata sejarah ini sebenarnya tidaklah sulit. Kalau Anda berangkat dari Kota Kebumen, Anda harus melanjutkan perjalanan ke arah Karanganyar dan menuju ke Gombong. Kalau sudah tiba di daerah Gombong, Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk jalan yang akan membawa Anda ke benteng Belanda ini.

Harga Tiket Masuk Benteng Van der Wijck Kebumen

Untuk tiket masuknya, tidak perlu dikhawatirkan karena harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000 saja, kecuali kalau Anda ingin mencoba semua wahana yang ada di benteng ini yaitu sekitar Rp 25.000. Sedangkan untuk jam operasionalnya, setiap hari dibuka dari pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Benteng Van Der Wijck ini selalu menjadi tujuan wisatawan saat liburan. Bila Anda belum pernah ke sana, maka perlu diagendakan sob.

Baca Juga: Bukit Sianco Kebumen

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.