Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Brown Canyon Tembalang Semarang

Diposting pada
brown canyon tembalang semarang
Brown Canyon Semarang

Tahukah Anda kalau Semarang ternyata punya obyek wisata yang menyerupai Grand Canyon di Amerika? Brown Canyon Semarang namanya. Brown Canyon Tembalang Semarang kini tengah menjadi lokasi wisata yang populer di sosial media berkat keunikan dan keindahannya yang eksotis. Kalau Anda berlibur ke Semarang, jangan lupa untuk mengunjungi obyek wisata alam ini.

Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata melainkan sebuah area penambangan galian C yang sudah beroperasi lebih dari 10 tahun lamanya. Hingga saat ini proses penambangan pun masih berlangsung sehingga akan lebih baik jika Anda berkunjung di saat penambangan sedang off atau di luar jam kerja.

Awalnya lokasi penambangan ini berbentuk seperti perbukitan biasa. Karena penambangan pasir, batu padas dan tanah urug yang berlangsung selama beberapa tahun, terbentuklah bukit-bukit dengan bentuk yang eksotis dan unik layaknya Grand Canyon di Amerika.

panorama brown canyon tembalang semarang seperti di amerika
Panorama Brown Canyon Semarang Seperti di Amerika

Bentuknya yang unik dengan warna tanah yang kecoklatan kemudian membuat tempat ini dijuluki dengan Brown Canyon. Bila mengunjungi tempat ini di pagi hari atau di sore hari, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang dramatis. Karena keindahannya itulah tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

moment sunset di brown canyon tembalang semarang
Momen Sunset di Brown Canyon Semarang Sangat Istimewa

Pemandangan alam berupa tebing-tebing curam yang terbentuk dari aktivitas pertambangan tersebut akhirnya menjadi spot wisata yang intagramable dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Sangat disarankan ketika berkunjung ke Brown Canyon Tembalang Semarang Anda harus membawa masker dan berhati-hati agar terhindar dari debu aktivitas penambangan.

berselfie di brown canyon tembalang semarang
Asyiknya Berselfie di Brown Canyon Semarang

Karena alur jalanan di tempat ini cukup menantang, tak jarang tempat ini menjadi arena bersepeda pengunjung. Jika Anda hendak mengunjungi tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda berada di kondisi fisik terbaik. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah karena tempat ini jauh dari rumah makan.

menikmati pemandangan brown canyon tembalang semarang
Menikmati Pemandangan Brown Canyon Semarang

Lokasi Brown Canyon Tembalang Semarang

Untuk lokasi Brown Canyon sendiri berada cukup jauh dari pusat kota Semarang, tepatnya di Rowosari, Meteseh, Tembalang Semarang. Anda harus bersabar untuk bisa masuk ke lokasi Brown Canyon Tembalang Semarang karena Anda harus mencari sendiri arahnya dan berhati-hati terhadap truk-truk pengangkut pasir yang lalu lalang di lokasi.

Rute Menuju Brown Canyon Tembalang Semarang

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai ke Brown Canyon. Jika Anda dari arah Semarang Timur, ambil arah ke Jalan Fatmawati menuju ke RSUD Semarang Ketileng. Lalu ambil arah ke kiri ke arah Perumahan Klipang melalui Klipang Golf.

Kemudian Anda akan melalui jembatan besi hingga jembatan besi ketiga. Anda akan menemukan pertigaan lalu ambil arah ke selatan atau ke kanan. Anda akan sampai di Brown Canyon kurang lebih 2 km lagi.

Jika Anda berjalan dari arah Batang, Kendal dan Simpang Lima, ambil arah jalan menuju ke pertigaan Pasar Kambing. Kemudian ambil arah Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto menuju ke pertigaan di kawasan Intan Permai. Dari situ, ambil belokan ke kiri masuk ke Jalan Elang menuju Pasar Meteseh, lalu belok kiri.

Jika Anda dari arah Solo atau Jogja, Anda bisa mengambil jalan menuju Banyumanik, Tembalang kemudian UNDIP. Dari situ lanjutkan perjalanan sampai ke perempatan Pasar Meteseh kemudian lurus hingga menemukan Brown Canyon Tembalang Semarang.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon Tembalang Semarang

Hingga saat ini harga tiket masuk ke Brown Canyon Semarang masih gratis dikarenakan tempat ini masih berupa lokasi penambangan aktif dan belum banyak orang yang tahu akan lokasi wisata ini. Namun, bisa saja pengelola dan warga menerapkan tiket masuk di kemudian hari.

Yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Brown Canyon Tembalang Semarang adalah mencari waktu kunjung yang senggang dimana para pekerja tambang libur sehingga Anda bisa menikmati pemandangan Brown Canyon sepuasnya tanpa terganggu pekerja yang lalu lalang.

Baca Juga: Watu Gajah Park Semarang

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.