Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten

Diposting pada
curug putri tahura carita pandeglang
Curug Putri Tahura Banten

Banten tak hanya memiliki deretan obyek wisata pantai yang memukau. Kawasan ini juga menyimpan obyek wisata alam yang eksotis salah satunya adalah Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten. Curug Putri atau Air Terjun Putri menawarkan pesona alam memikat sehingga dijuluki sebagai Little Green Canyon.

Padeglang setidaknya memiliki dua air terjun bernama sama yakni Curug Putri di lereng Gunung Pulosari, Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Padeglang dan Curug Putri di Taman Hutan Rakyat (Tahura) di kawasan Carita, Kabupaten Padeglang, Banten. Untuk kali ini yang dibahas adalah Curug Putri di Taman Hutan Rakyat.

Meski julukannya curug, bukan berarti tempat ini seperti air terjun Grojogan Sewu di Karanganyar. Yang menjadi daya tarik dari Curug Putri adalah air terjun yang memiliki kolam dan mengalir seperti aliran sungai. Uniknya, aliran air di sungai dan kolam di Curug Putri ini mengalir di celah tebing batu yang tinggi.

asyiknya liburan di curug putri tahura banten
Asyiknya Liburan di Curug Putri Tahura Banten

Sekilas karakter Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten mirip dengan Green Canyon di Pangandaran. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, tentu Anda harus menyusuri sungai yang diapit tebing batu menggunakan ban atau berenang.

asyiknya berendam di sungai curug putri tahura banten
Asyiknya Berendam di Sungai Curug Putri Tahura Banten

Jika Anda tidak begitu mahir berenang, ada petugas pemandu yang akan mengantar Anda menyusuri sungai mulai dari 5 sampai 7 meter di bagian sungai pertama dan 10 hingga 15 meter di bagian sungai kedua. Kondisi sungai di dekat air terjun akan terasa lebih dingin karena tebing batu yang semakin menyempit.

menikmati segarnya air sungai yang jernih di wisata curug putri tahura banten
Menikmati Segarnya Air Sungai yang Jernih di Wisata Curug Putri Tahura Banten

Tebing setinggi lima hingga tujuh meter ini memiliki eksotisme yang sayang jika tak diabadikan. Lekukan tebing yang menyempit serta gradasi warna sungai yang jernih menjadi keunikan tersendiri dari obyek wisata di Padeglang ini. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera beserta tudung kamera yang anti air ketika mengunjungi curug ini.

Lokasi Curug Putri Tahura Padeglang Banten

Curug Putri Tahura Padeglang Banten terletak di Taman Hutan Rakyat (Tahura) kawasan Sukarame, Carita, Kabupaten Padeglang, Banten. Curug Putri Tahura masih satu kawasan dengan curug lainnya seperti Curug Gendang dan Cadas Ngampar hanya berbeda aliran sungainya.

Rute Menuju Curug Putri Tahura Padeglang Banten

Untuk menuju ke Curug Putri Tahura Carita, Anda bisa mengendarai mobil atau sepeda motor melalui jalur Cilegon-Anyer yang bisa ditempuh sekitar 3 jam dari Serang. Atau bisa juga memilih jalur Padeglang-Carita yang bisa ditempuh sekitar 4 jam dari Serang.

Pengendara yang menggunakan mobil hanya bisa masuk sampai batas tracking. Sedangkan pengunjung yang menggunakan bus hanya bisa sampai di gerbang Tahura. Jika mengendarai motor, Anda bisa memulai tracking sekitar 5 km dari Curug Putri.

Jalur perjalanan tracking pertama menuju Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten bisa dilalui selama 30 menit melewati jalur pendakian yang terjal hingga sampai di Curug Gendang. Kemudian dilanjutkan melewati jalur landai selama 10 menit hingga sampai di pos guide.

Selanjutnya, Anda harus melalui medan air sedalam dua meter menggunakan pelampung selama lima menit bersama dengan guide sampai tiba di lokasi Curug Putri. Anda cukup membayar Rp. 15.000 per orang untuk bisa menggunakan jasa guide tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Tahura Padeglang Banten

Untuk bisa masuk ke kawasan Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten tidak dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Hanya saja, Anda harus membayar parkir sebesar Rp 15.000 per meter dan biaya guide ketika menyusuri sungi menuju ke Curug Putri sebesar Rp 15.000.

Agar bisa menikmati keindahan Curug Putri Tahura lebih maksimal, sebaiknya hindari mengunjungi curug di akhir pekan atau di masa liburan karena kawasan sekitar curug akan ramai pengunjung dan kurang asyik.

Baca Juga: Pantai Tanjung Lesung Pandeglang

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.