Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Geopark Ciletuh Sukabumi

Diposting pada
geopark ciletuh sukabumi
Geopark Ciletuh Sukabumi Jawa Barat

Tertarik berlibur ke wisata berskala nasional yang keindahannya mendunia? Cobalah Geopark Ciletuh. Simak info mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi. Salah satu wisata alam di Indonesia yang diakui oleh UNESCO adalah Geopark Ciletuh Sukabumi. Area Geopark Ciletuh sangat luas, yakni mencapau 1.261 km2. Wisata alam yang disajikan di area tersebut mencakup 9 air terjun dan pantai. Area wisata Geopark Ciletuh terbuka hingga 24 jam. Satu hal yang disayangkan dari wisata alam yang mendunia ini adalah aksesnya yang cukup sulit.

Kali ini akan diulas tuntas mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi. Selain itu juga akan dibahas mengenai fasilitas apa saja yang terdapat di area Geopark Ciletuh Sukabumi. Selamat menyimak ya! Semoga dapat membantu rencana perjalanan berlibur Anda.

Area Geopark Ciletuh Sukabumi terbentang hingga 8 kecamatan dan 74 desa. Bentuk Geopark satu ini memiliki bentang alam seperti amfiteater (tapal kuda) ke arah Teluk Ciletuh. Dengan diameter mencapai 15 km, amfiteater ini didaulat sebagai amfiteater alam terbesar di Indonesia.

Untuk memasukin kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, Anda tak perlu membayar biaya sepeser apapun. Biaya retribusi dibayarkan saat Anda memasuki obyek wisata tertentu. Berikut adalah beberapa wisata yang dapat Anda nikmati di area Geopark Ciletuh Sukabumi beserta info lokasi, rute dan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi

Tebing Panejoan

Anda bisa memandang Tebing Panenjoan ini dari area Desa Taman Jaya. Ketinggian tebing ini mencapai 300 mdpl. Anda bisa menyaksikan keindahan tebing dari pinggir jalan, menara maupun gardu pandang yang telah disediakan. Anda juga bisa melihat amfiteater raksasa dari atas tebing. Dinding tebing yang berbentuk setengah lingkaran terkesan melindungi area desa.

Air Terjun Cimarinjung

air terjun cimarinjung
Air Terjun Cimarinjung

Air terjun ini dapat Anda lihat jelas dari Pantai Panglapang. Wisata alam yang satu ini terletak di desa Ciwaru dan dapat ditempuh dengan perkalanan selama 5 menit dari pantai. Air jatuh dari ketinggian mencapai 50 m. Air terjun satu ini juga kerap disebut sebagai Curug Gong dikarenakan terdengan suara gong pada hari-hari tertentu.

Masyarakat setempat mempercayai bahwa dibalik air terjun Cimarinjung terdapat sebuah gong. Gong tersebut merupakan bekas peninggalan istana. Bebatuan yang ada di curug merupakan sedimen batu pasir tufan dan batu breksi. Anda hanya perlu membayar tiket Rp 3.000 untuk masuk ke lokasi ini. Sedangkan parkir dikenai Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai Palangpang

pantai palangpang
Pantai Palangpang

Nuansa di pantai ini sangat tenang. Banyak turis yang mengatakan bahwa berkunjung ke pantai ini terasa seperti berkunjung ke pantai di luar Pulau Jawa. Pantai yang terletak di desai Ciwaru ini menyajikan pemandangan Geopark Ciletuh yang menakjubkan.

Anda juga dapat melihat pelelangan ikan secara langsung disamping bisa bermain sepuasnya di hamparan pasir dan air yang bersih. Jika Anda bermaksud untuk menikmati pantai sembari bersantai, Anda dapat menggunakan fasilitas penginapan yang telah disediakan. Lokasi, rute dan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi untuk area ini sama seperti area curug.

Puncak Darma

puncak darma
Puncak Darma

Salah satu lokasi yang tak kalah menarik adalah Puncak Darma. Dari atas bukit, Anda akan disuguhi oleh pemandangan dari kota Sukabumi. Jika cuaca sedang cerah, maka Anda bisa mendapatkan sunset atau sunrise yang sangat menawan. Untuk mencapai puncak, Anda menggunakan jasa ojek yang tersedia ataupun kendaraan 4WD yang banyak ditawarkan di area parkir.

Biaya masuk ke Puncak Darma adalah Rp 5.000 per orang. Sedang harga karcis parker motor adalah Rp 3.000 dan harga karcis mobil sebesar Rp 5.000. Jasa ojek pun terbilang murah dan bisa ditawar sesuai kesepakatan di tempat.

Demikian informasi mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Geopark Ciletuh Sukabumi. Pastikan datang kemari dengan sanak saudara dan kerabat.

Baca Juga: Curug Puncak Manik Sukabumi

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.