Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Goa Gong Pacitan

Diposting pada
goa gong punung pacitan
Goa Gong Pacitan

Liburan panjang adalah kegiatan musiman yang paling ditunggu-tunggu masyarakat, terutama anak-anak. Tentunya dengan adanya liburan panjang, baik anak sekolah maupun pekerja kantoran tidak akan terus merasa penat dengan kesibukan harian mereka, sehingga mereka bisa berlibur ke tempat wisata yang diinginkan.

Salah satu tempat wisata yang selalu ramai saat liburan tiba adalah Goa Gong, goa penuh warna di Pacitan. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke wilayah Jawa Timur, Goa Gong bisa menjadi destinasi wisata alam yang cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari kesibukan perkotaan.

Goa yang berada di Pacitan ini memiliki kedalaman kurang lebih 250 meter yang dilengkapi dengan indahnya stalakmit dan stalaktit yang umurnya sudah ratusan tahun. Memang dari mana sih Goa Gong ini bisa terbentuk? Para ahli mengatakan adanya aktivitas vulkanik terus menerus yang disertai gerakan termik pada masa lampau mengakibatkan Goa Gong terbentuk secara perlahan-lahan.

ikonik goa gong pacitan
Spot Ikonik Goa Gong

Goa Gong sangat cocok bagi para penggemar fotografi karena dalamnya memiliki banyak spot foto yang sayang untuk dilewatkan. Anda pun bisa mengabadikannya ke sosial media Anda untuk membagikannya ke teman-teman agar mereka pun bisa berkunjung ke sana. Salah satu alasan kenapa Goa Gong disebut juga sebagai goa penuh warna di Pacitan adalah karena setiap sisi goanya memiliki lampu berwarna-warni sehingga menambahkan keindahan goanya.

asyiknya hunting foto di goa gong pacitan
Asyiknya Hunting Foto di Dalam Goa Gong

Namun, goa tersebut baru diberi nama Goa Gong setelah penduduk setempat selalu mendengar suara gemuruh seperti suara gong. Suaranya pun tidak asal gemuruh saja, karena suara gemuruhnya membentuk suara yang indah dan terkesan sangat harmonis di telinga kita. Jadi tidak heran, kalau berkunjung ke sana, Anda akan merasa seperti di sebuah gedung konser dengan suara yang merdu.

panorama dalam goa gong pacitan
Panorama Dalam Goa Penuh Warna

Karena menghasilkan suara yang begitu merdu di sekitar goa, banyak wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara datang berkunjung untuk merasakan keistimewaan Goa Gong. Untuk melengkapi kebutuhan wisata para wisatawan, pemerintah daerah setempat memberikan berbagai fasilitas, seperti lahan parkir yang luas, tempat-tempat makan yang dikelola oleh warga lokal, gazebo untuk tempat istirahat, dan toilet umum.

pesona keindahan dalam goa gong pacitan
Pesona Keindahan Dalam Goa Penuh Warna

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat penginapan di daerah Goa Gong dan ingin berlama-lama menikmati keindahan Goa Gong, pengelola juga menyediakan fasilitas penginapan yang harganya terjangkau. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh ke kota lagi untuk mencari penginapan, apalagi kalau waktunya sudah malam.

Lokasi Goa Gong Pacitan

Goa yang dijuluki goa penuh warna di Pacitan ini terletak di Dusun Pule yang berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung dan tentu saja berada di daerah jawa Timur. Kalau dari Kota Pacitan, jaraknya kurang lebih 37 km ke arah Wonogiri.

Rute Menuju Goa Gong Pacitan

Ada beberapa cara untuk menuju ke Goa Gong, yaitu:

1. Dari Yogya

Anda harus menuju ke arah Gunung Kidul nantinya mengarahkan Anda ke Wonogiri dan lanjut ke Pacitan. Saat hampir tiba di Kota Pacitan, Anda akan melihat papan petunjuk ke Goa Gong. Ikuti saja petunjuk itu.

2. Dari Solo

Anda harus menuju ke arah Wonogiri daerah Baturetno dan lanjut ke Pacitan. Anda pun juga akan menemukan papan petunjuk ke Goa Gong ketika hampir masuk ke pusat Kota Pacitan.

Harga Tiket Masuk Goa Gong Pacitan

Anda yang ingin berkunjung ke Goa Gong harus memperhatikan jam operasionalnya, karena hanya dibuka dari hari Senin sampai Jumat pada pukul 9 pagi hingga 5 sore. Sedangkan harga tiketnya sebesar Rp 7.000 saja setiap orangnya dan biaya parkir mobil sebesar Rp 4.000 serta motor Rp 2.000.

Baca Juga: Pantai Klayar Pacitan

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.