Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Kedung Watu Sedayu Bantul

Diposting pada
kedung watu sedayu bantul
Kedung Watu Bantul

Pemandangan kumpulan batu yang ditumpuk vertikal dan saling berjejeran bersama dengan iringan gemericik air akan menyambut Anda ketika mengunjungi Kedung Watu Sedayu Bantul. Obyek wisata unik ini merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang sedang hits dan sempat mencuri perhatian banyak wisatawan berkat keunikannya.

Kemunculan batu bertumpuk ini berawal dari kreatifitas pemuda di Desa Sedayu tempat Kedung Watu ini berada. Para pemuda menemukan ide kreatif yang unik guna menarik wisatawan yakni dengan menumpuk batu-batu yang banyak terdapat di sungai. Tumpukan batu tersebut akhirnya menjadi suatu karya seni yang luar biasa dan menawan.

Setidaknya ada sekitar 25 susunan batu yang ditumpuk dari yang besar hingga ke ukuran kecil. Anda bisa melihat tumpukan batu ini di sepanjang mata memandang Sungai Sedayu. Pemandangan sungai pun masih asri dan airnya bersih jauh dari tumpukan sampah.

spot foto kedung watu sedayu bantul
Spot Foto Kedung Watu Bantul

Tak hanya tumpukan batu berjejeran saja yang membuat tempat ini istimewa. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan sungai serta aliran sungai yang tenang. Gemericik air sungai dan alam sekitar yang masih alami membuat Kedung Watu Sedayu Bantul cocok banget untuk bersantai atau menenangkan diri.

Karena bentuknya yang unik, tak mengherankan jika tumpukan batuan ini laris menjadi spot foto wisatawan. Anda bisa mengambil foto tumpukan batuan ini dengan mendekati batuan atau mengambil foto di atas pematang sawah di pinggir sungai. Suasana Sungai Kedung Watu yang tenang dan segar dijamin membuat betah berlama-lama di tempat ini.

asyiknya liburan di kedung watu sedayu bantul
Asyiknya Liburan di Kedung Watu Bantul

Lokasi Kedung Watu Sedayu Bantul

Kedung Watu Sedayu Bantul terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Jogja. Lokasi Kedung Watu sebenarnya mudah dijangkau, hanya saja Anda masih harus berjalan kaki untuk sampai ke lokasi. Jarak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki pun tak begitu jauh dan menyenangkan karena berada di area persawahan.

Sesampainya di lokasi, Anda bisa menyaksikan sepanjang rute perjalanan di sekitar aliran Sungai Kedung Watu ada beberapa wisatawan maupun anak-anak bermain air sungai yang sudah dibendung menggunakan batu. Pemandangan ala pedesaan seperti ini bisa jadi aset foto menarik terutama jika Anda hobi fotografi.

Rute Menuju Kedung Watu Sedayu Bantul

Untuk mencapai Kedung Watu Sedayu, Anda bisa memilih jalan menuju SDN 1 Sedayu. Dari sekolah dasar tersebut akan ada petunjuk arah menuju ke lokasi Sungai Kedung Watu. Jika kesulitan, warga sekitar tak ragu-ragu memberikan petunjuk arah atau mengantar Anda menuju ke lokasi wisata Kedung Watu.

Harga Tiket Masuk Kedung Watu Sedayu Bantul

Karena masih dianggap sebagai obyek wisata baru, Anda tak perlu menyiapkan budget berlebih ketika mengunjungi Kedung Watu Sedayu Bantul. Obyek wisata ini tak menerapkan tarif tiket masuk alias gratis tanpa dipungut biaya retribusi. Anda pun bisa menghabiskan waktu di sini sepuasnya.

Yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Kedung Watu adalah selalu menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah ke sungai. Kawasan di sekitar Kedung Watu sudah selayaknya dijaga keasriannya apabila ingin objek wisata ini bertahan. Ke depan akan ada beberapa fasilitas tambahan yang akan dibangun di tempat ini guna mendukung aktivitas pengunjung.

Bila Anda mencari obyek wisata yang masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan, maka Kedung Watu Sedayu Bantul bisa jadi pilihan yang tepat. Obyek wisata ini cukup unik dan pastinya instagramable. Jadi, Anda pun bisa bersantai sambil foto-foto di spot yang unik dan menarik.

Baca Juga: Puncak Sosok Bawuran Bantul

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.