Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Diposting pada
pantai kartini jepara
Pantai Kartini Jepara

Kota Jepara tak hanya dikenal sebagai penghasil kerajinan kayu terbaik di Jawa Tengah. Kota ini juga memiliki obyek wisata pantai terkenal yakni Pantai Kartini Jepara terbaru. Di pantai ini konon R.A Kartini sering menghabiskan waktu bermain semasa kecilnya. R.A Kartini kemudian menjuluki pantai ini dengan sebutan Kleine Scheveningen.

Awalnya pantai ini hanya dipakai sebagai tempat pemandian dan dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik dan gatal-gatal. Kemudian lambat laun pantai ini banyak dikunjungi orang dan menjadi spot liburan keluarga karena ombaknya yang tenang.

Pantai seluas 3,5 ha ini terlihat indah dengan hamparan pasir putih yang menyejukkan mata. Pengelola kemudian menambahkan beberapa wahana permainan untuk menarik perhatian pengunjung. Wahana edukasi yang terkenal dari Pantai Kartini salah satunya Kura-kura Ocean Park yang menjadi ikon dari pantai ini.

spot foto ikonik pantai kartini jepara
Spot Foto Ikonik “Kura-Kura Ocean Park”

Wahana edukasi Kura-kura Ocean Park memiliki dua lantai. Lantai pertama yakni akuarium taman bawah laut dan lantai kedua berupa Jepara Science Park. Di akurium taman bawah laut, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis ikan laut seperti ikan Dotty Back, Kakap, Pari, Hiu, Buntal, Jenaha, Giant Travelly, Angel Fish, penyu dan kura-kura.

Ikan-ikan laut tersebut diletakkan di sebuah akuarium raksasa serta 12 buah akurium dinding dan 4 buah akurium portable. Di lantai pertama ini, Anda juga bisa menikmati sensasi Fish Spa dan menyentuh kura-kura yang ada di dalam kolam.

asyiknya menikmati liburan di pantai kartini jepara
Asyiknya Menikmati Liburan di Pantai Kartini

Sedangkan di Jepara Science Park, Anda bisa menyaksikan berbagai alat peraga science seperti peraga sensor tepuk, sensor gerak, simulator pesawat terbang, kipas angin tanpa baling-baling, air mancur melayang, papan kreatif dan pertunjukkan IMAX Deep Sea 3D.

Ada pula wahana permainan lainnya seperti catur raksasa, kolam kecek, tugu kartini, panggung hiburan, kereta mini dan lainnya. Tak jauh dari Pantai Kartini, Anda bisa menyaksikan Pulau Panjang Jepara. Bila Anda ingin menyeberang ke pulau tersebut, Anda bisa menggunakan akses penyeberangan kapal yang disediakan di Pantai Jepara.

menikmati panorama alam pantai kartini jepara
Menikmati Panorama Pantai yang Mengagumkan

Demi menunjang kenyamanan pengunjung, pengelola Pantai Kartini Jepara juga menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, rumah makan, hotel, penginapan, mushola, taman, gazebo, kolam renang, arena bermain anak dan toko oleh-oleh.

Lokasi Pantai Kartini Jepara

Lokasi Pantai Kartini Jepara cukup mudah dijangkau karena terletak di jalur yang banyak dilalui kendaraan. Pantai indah ini terletak di kawasan Bulu, pesisir Kota Jepara, Jawa Tengah atau sekitar 2 hingga 3 km sebelah barat kantor Bupati Jepara.

Rute Menuju Pantai Kartini Jepara

Untuk menuju Pantai Kartini Jepara, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau motor. Jalan yang dilalui juga cukup mulus sehingga Anda bisa berkendara dengan nyaman. Dari pusat Kota Jepara, ambil arah barat dan berkendara sekitar 3 km. Sedangkan dari arah Kota Semarang hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Harga tiket masuk Pantai Kartini Jepara dibedakan antara weekend dan weekday. Untuk hari biasa, harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 5.000. Sedangkan untuk akhir pekan, harga tiket masuk pantai sekitar Rp 7.500.
Jika ingin memasuki Kura-kura Ocean Park di hari biasa, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 12.500 dan di akhir pekan, Anda harus membayar Rp 17.500. Sementara itu tarif parkir untuk mobil sekitar Rp 5.000, motor Rp 2.000 dan bus Rp 10.000.

Dengan banyaknya wahana permainan dan wahana edukasi yang ada di Pantai Kartini Jepara, bisa dikatakan pantai ini cocok banget sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Pantai ini sudah dikelola dan disahkan oleh Pemerintah. Jadi, bisa dipastikan semua fasilitasnya sangat memadai. Sebagai pengunjung, Anda pun bisa menikmati liburan sepuasnya.

Baca Juga: Jepara Ourland Park

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.