Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk Puring Kebumen

Diposting pada
pantai suwuk puring kebumen
Pantai Suwuk Kebumen

Siapa sih yang tidak kenal dengan Kebumen? Kota yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya dan makanan khasnya ini, memang berhasil menarik perhatian para wisatawan yang berasal dari daerah sekitarnya dan dari luar Pulau Jawa. Wisata alamnya yang indah membuat siapapun yang mengunjunginya tidak akan pernah merasa bosan, seperti Pantai Suwuk Kebumen.

Pantai yang satu ini memang terkenal di Kebumen selain Pantai Karang Bolong yang jaraknya ternyata sangat dekat (sekitar 5 menit). Kalau Anda mengunjungi Pantai Suwuk Puring Kebumen, Anda akan melihat keindahan tersendiri dari mulai memasuki kawasan pantainya sampai Anda berada di dalam kawasan pantainya.

Kalau Anda lihat dari pantai lepasnya ke arah barat, Anda akan melihat bukit-bukit yang berjejer dengan pemandangan hijau bersemi. Pemandangan hijau seperti itu tentunya akan membuat suasana pantai terasa lebih sejuk ditambah dengan angin pantainya yang sepoi-sepoi.

Sesuatu yang membuat suasana menjadi lebih sejuk adalah adanya pepohonan yang berdiri kokoh layaknya seperti pagar yang berada di sekeliling Pantai Suwuk Kebumen. Tidak hanya 1 atau 2 pohon saja yang berdiri kokoh, masih ada pohon pandan, cemara udang, kelapa, dan dilengkapi dengan rerumputan yang rata-rata memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

panorama pantai suwuk kebumen
Panorama Pantai Suwuk

Hal unik yang ada di Pantai Suwuk Kebumen adalah pantainya ternyata langsung bertemu dengan Samudera Hindia. Tidak heran kalau ombak di sekitar wilayah pantai ini besar-besar dan pengelola sengaja memasang larangan untuk tidak berenang di pantai karena bisa mudah terseret ombak yang besar. Apalagi ketinggian dan besarnya ombak melebihi ombak yang ada di Pantai Parangtritis.

Tapi jangan khawatir. Anda yang berkunjung ke pantai ini tidak akan sia-sia karena masih bisa bermain-main di sekitar pasir pantainya yang warnanya cukup hitam. Selain bermain-main pasir, pengunjung bisa melakukan offroad dengan menggunakan mobil khusus offroad, seperti jeep. Selain itu, Anda juga bisa bermain layang-layang di sekitar pasir pantainya, terlebih lagi pasirnya yang luas bisa membuat Anda berlarian dengan bebasnya.

asyiknya liburan di pantai suwuk kebumen
Asyiknya Liburan di Pantai Suwuk Kebumen

Sebenarnya di wilayah Pantai Suwuk Puring Kebumen masih ada beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati langsung tanpa harus berpindah tempat, jadi Anda tidak akan merasa bosan kalau berada di pantai terus menerus. Di sana Anda bisa menikmati Muara Sungai Telomoyo, Wisata Jembangan, ada pula Pesawat Boeing 737 yang bisa menjadi spot foto Anda dengan latar belakang pantainya yang indah.

Lokasi Pantai Suwuk Puring Kebumen

Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, jangan lupa catat lokasinya yang berada di Dusun Suwuk yang ada di wilayah Desa Tambakmulyo di Kecamatan Puring. Namun secara geografis, pantai ini terletak sebelah Selatan Gombong, yaitu sekitar 22 km dari kota tersebut.

Rute Menuju Pantai Suwuk Puring Kebumen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai Suwuk berada di Dusun Suwuk yang membuat pantai ini mudah ditemukan orang-orang. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4. Kalau Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa memulainya dengan menaiki bus kecil atau angkutan umum dari Terminal Kebumen.

Saat sudah mulai memasuki Kecamatan Puring, Anda perlu menggunakan angkutan umum lainnya untuk masuk ke Dusun Suwuk. Anda bisa menggunakan fasilitas ojeknya yang harganya cukup murah.

Harga Tiket Masuk Pantai Suwuk Puring Kebumen

Untuk harga tiket masuk, setiap pengunjung dewasa diwajibkan membayar sebesar Rp 4.500 dan anak-anak yang masih berumur di bawah 5 tahun sebesar Rp 2.500 saja. Untuk biaya parkirnya, Anda bisa memberikannya secara sukarela.

Baca Juga: Pantai Logending Ayah Kebumen

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.