pembuatan sarang rayap yang kompleks
Pembuatan Sarang Rayap yang Kompleks

Pembuatan Sarang Rayap yang Kompleks

Diposting pada

Rayap adalah serangga sosial yang mudah untuk dijumpai. Dalam artikel ini akan dibahas lebih spesifik mengenai salah satu kelompok rayap yang mempunyai jumlah paling banyak dibandingkan kelompok yang lainnya. Kelompok terbanyak dalam kelompok rayap adalah rayap pekerja.

Rayap akan bekerja sama mengumpulkan makanan setiap harinya, tentu saja hal tersebut dilakukan oleh rayap pekerja. Makanan yang telah didapat biasanya akan dikumpulkan ke dalam suatu rongga atau ruangan khusus penyimpan makanan. Makanan-makanan yang telah terkumpul ini nantinya akan dikonsumsi oleh semua anggota rayap, baik pemimpin rayap dan prajurit rayap. Rayap-rayap pekerja juga akan menimbun persediaan makanan mereka. Makanan yang tertimbun akan dikonsumsi apabila musim dingin tiba. Karena tidak memungkinkan rayap pekerja untuk mencari makanan sebab terbatasnya sumber makanan akibat hujan. Jamur-jamur yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal rayap biasanya adalah sumber utama makanan rayap.

Pembuatan Sarang Rayap

Rayap pekerja akan membuat sarang dengan menggunakan bahan-bahan kombinasi antara lain tanah atau lumpur, kunyahan kayu, air liur dan kotoran rayap sendiri. Pada sarang tersebut ada beberapa bagian-bagiannya. Bagian sarang rayap antara lain adalah tempat hidup rayap, penampungan air melalui kondensasi, ruang reproduksi atau untuk berkembang biak dan ada juga ruang penyimpanan makanan. Ruangan-ruangan pada sarang tersebut saling terhubung. Dengan dibuatnya labirin-labirin atau terowongan yang dapat memberikan udara ke dalam sarang, maka bagian-bagian sarang bisa membuat rayap berpindah-pindah tempat. Dengan bentuk sarang yang seperti itulah membuat rayap dapat bergerak dengan lebih leluasa di dalam sarangnya.

Oleh karena sarang rayap yang berupa terowongan, biasanya bentuk sarang rayap sering kali bertumpuk-tumpuk dan meninggi. Hal tersebut dapat ditemukan ketika kita melihat kayu yang sudah dibuat sarang oleh rayap. Sarangnya memanjang dan ketika dihancurkan sarangnya kita akan melihat kayu yang telah dijadikan tempat bersarang terkikis rusak. Sarang rayap juga bisa ditemukan di tanah. Bahkan sampai muncul ke permukaan-permukan tanah. ada pula yang akhirnya membentuk gundukan besar.

Informasi Jasa Pembasmi Rayap di Jakarta

Bilamana Anda menjumpai rumah Anda diserang rayap dan bikin rumah Anda mengalami kekeroposan, maka Anda tidak jangan khawatir. Ada jasa anti rayap yang siap membantu Anda, silahkan hubungi 0822-1177-1166. Informasi lengkapnya silahkan kunjungi website resminya: fumida.co.id.