air terjun madakaripura probolinggo
Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masu Air Terjun Madakaripura Lumbang Probolinggo

Diposting pada

Bagi para pecinta alam, Indonesia adalah negara yang tidak pernah usai dengan segala keindahan alamnya. Karena ketika berkunjung suatu daerah, maka pengunjung harus menghabiskan banyak waktu untuk mengunjungi beratus-ratus tempat wisata. Sama halnya, ketika mengunjungi Probolinggo, maka beragam tempat wisata pun harus dikunjung. Namun dari semuanya itu, pengunjung harus mendatangi Air Terjun Madakipura Lumbang Probolinggo. Mengapa?

Salah satu alasannya adalah karena air terjun ini memiliki ketinggian yang sangat tinggi. Adapun ketinggian air terjun ini adalah 200 meter dan merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa. Bahkan, air terjun ini menjadi air terjun tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Dengan segenap gelar ini, tentunya sayang jika pengunjung tidak singgah ke tempat ini walaupun sejenak. Apakah kesan pertama yang ditunjukkan setelah mengunjungi tempat ini?

Kebanyakan orang merasakan ketenangan ketika pertama kali mendatangi tempat ini. Karena yang terdengar hanyalah derasnya cucuran air serta suara angin yang berhembus. Tentunya, merupakan tempat yang sangat cocok dikunjungi, jika ingin menenangkan diri ataupun mencari inspirasi terbaru. Bahkan untuk pengunjung yang memiliki minat berfoto, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan objek. Karena keberadaannya yang dikelilingi oleh bukit, sangat instgramable ataupun indah untuk dipublikasikan.

pesona keindahan air terjun madakaripura probolinggo
Pesona Keindahan Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Dari cucuran air yang jatuh, akhirnya terbentuklah sebuah kolam yang memiliki warna saphhire. Tidak heran banyak orang yang ingin menikmati bermain air di kolam tersebut. Jika ingin ekplorasi lebih dalam, dibalik air terjun utama konon terdapat sebuah gua. Namun untuk mencapainya, pengunjung harus melewati kolam tersebut dengan berenang ataupun melewati bebatuan yang ada dipinggir tebing. Namun, penting untuk berhati-hati karena tempat ini tergolong licin dan memiliki batu-batu tajam.

sensasi liburan di wisata air terjun madakaripura probolinggo
Sensasi Liburan di Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air terjun Madakaripura juga dikenal sebagai air terjun abadi oleh masyarakat sekitar. Hal ini karena air tidak pernah surut ataupun mengecil walaupun di musin kemarau sekalipun. Bahkan para pengunjung yang ingin mendatangi tempat ini, diharapkan menggunakan jas hujan atau jaket anti air. Karena, air yang menderu ke kolam sering kali menimbulkan kabut air. Sehingga dapat membasahi pakaian, bahkan untuk HP ataupun gadget lainnya disarankan untuk menggunakan pelindung air.

asyiknya liburan di wisata air terjun madakaripura probolonggo
Asyiknya Liburan di Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Konon, di tempat inilah Patih Gajah Mada melakukan meditasi hingga akhirnya moksa, ataupun menghilang fisik dan spiritual di muka bumi. Karenanya, tempat ini tergolong tempat yang suci bagi umat Hindu. Bahkan air di tempat ini, dikatakan sebagai air suci atau yang disebut Tirta Sewarna. Karena dianggap suci, diharapkan para pengunjung dapat menjaga perilaku dan ucapan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

suasana liburan di wisata air terjun madakaripura probolinggo
Suasana Liburan di Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Lokasi Air Terjun Madakaripura Lumbang Probolinggo

Lokasi tepat air terjun tertinggi ke dua di Indonesia ini adalah Sapih, Branggan, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, 67183.

Rute Air Terjun Madakaripura Lumbang Probolinggo

Untuk mencapai tempat ini, pengunjung dapat menaiki kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Dimana, rute yang ditempuh dari Surabaya adalah Sidoarjo-Porong- Pasuruan-Probolinggo dan diakhiri di Tongas. Dari sini, pengunjung dapat belok kanan menuju arah Air Terjun Madakaripura, setelahnya menuju arah Kecamatan Lumbang, di dekat Pasar Lumbang ambil arah kanan dan pengunjung akan tiba di pintu masuk air terjun. Jika terlalu sulit, sebaiknya gunakan bantuan dari google maps.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Harga tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 11.000/orang. Dimana, Rp 5.000 untuk pemerintah daerah, Rp 6.000 untuk Perhutani. Sedangkan untuk parkir, pengunjung dikenakan biaya berbeda, yaitu Rp 5.000 untuk parkir bagi kendaraan roda dua. Kemungkinan besar, parkir untuk roda empat atau lebih akan lebih mahal.

Mengisi waktu liburan dengan mendatangi tempat wisata alam seperti wisata air terjun memang tepat sekali. Sensasi alami bisa Anda rasakan, tentunya sangat bagus untuk rileksasi diri.

Baca Juga: Madakaripura Forest Park Probolinggo