air terjun kakek bodo prigen pasuruan
Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan

Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan

Diposting pada

Jika membahas kekayaan alam di Indonesia, tentunya tidak akan pernah usai. Terlebih lagi jika ingin mengunjungi semua air terjun yang ada di Indonesia. Jika pernah terpikir hal tersebut, pengunjung tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Prigen Pasuruan. Karena tersimpan segudang keindahan alam dan misteri didalamnya, yang cukup menarik untuk dikunjungi dan ditelaah lebih dalam.

Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter, jadi tidak terlalu tinggi bila dibandingkan air terjun lain yang ada di Indonesia. Walaupun demikian, air terjun ini tetap akan menyuguhkan beragam keindahannya yang dimulai sejak awal pengunjung masuk pada gapura selamat datang. Hal ini menunjukkan bahwa penataan dan tempat wisata yang satu ini telah dikelola oleh pemerintah. Sehingga, setiap layanan yang diberikan sudah cukup mempuni dan memfasilitasi kebutuhan setiap pengunjung.

Setelah masuk dari gapura, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka kekayaan alam yang indah. Hal ini cukup dimaklumkan karena air terjun berada ditengah hutan dan dikelilingi oleh bukit-bukit. Jadi, selagi berjalan menuju air terjun, pengunjung tidak akan merasa kepanasan. Melainkan rasa sejuk karena semilir angin yang terus berhembus. Perasaan ini akan terus terjadi hingga akhirnya pengunjung sampai pada air terjun tersebut.

asyiknya liburan di wisata air terjun kakek bodo prigen pasuruan
Asyiknya Liburan di Wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Tidak jauh dari tempat ini, akan ditemukan sebuah sungai yang bernama Sungai Kaligetik. Sungai inilah yang menjadi sumber dari air curahan dari air terjun tersebut. Tepat dibawah air terjun, terdapat kolam dengan berbagai kedalaman air, yaitu dari 1 meter hingga 5 meter. Berbagai aktivitas dapat pengunjung lakukan disini, termasuk untuk melakukan aktivitas air, seperti renang, mandi ataupun bermain air sedikit. Namun untuk menjalankan kegiatan tersebut, diharapkan pengunjung berhati-hati.

pesona keindahan air terjun kakek bodo prigen pasuruan
Pesona Keindahan Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Nama air terjun ini kemungkinan besar didapat dari sebuah mitos. Dimana, ada seorang kakek yang meninggalkan semua fasilitas dunianya dan tinggal di hutan. Majikan kakek inilah yang mengatakan “kakek bodoh”, hingga akhirnya tempat tinggal dan petilasan kakek tersebut diberi nama demikian. Bagi pengunjung yang penasaran dengan kebenaran cerita tersebut, dapat mengunjungi makam kakek tersebut, yang ada disekitar wahana air terjun.

spot foto instagramable di wisata air terjun kakek bodo prigen pasuruan
Spot Foto Instagramable di Wisata Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Untuk fasilitas yang disediakan di arena wahana cukuplah beragam. Contohnya, kamar mandi, mushola hingga tempat makan. Bahkan disetiap perjalanan menunju air terjun, pengunjung dapat menikmati banyak makanan. Karena disetiap pinggir jalan setapak, pengunjung akan disuguhkan dengan warung-warung kecil. Jadi, tidak akan ada perasaan lapar selama perjalanan bahkan kelelahan akan segera hilang setelah berhenti sejenak.

panorama air terjun kakek bodo prigen pasuruan
Panorama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan yang Menakjubkan

Bagi pengunjung yang senang menikmati pemandangan alam, sekaligus mencari foto. Maka tempat ini cocok untuk dijadikan pilihan. Karena pemandangan alam dan kekayaan flora dan fauna ditempat ini cukup beragam. Jadi, sangat sayang jika pengunjung melewatkan kesempatan tersebut.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan

Adapun lokasi tepat dari tempat wisata ini adalah Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Semeru, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, 67157.

Rute Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan

Air terjun ini terletak kurang lebih 60Km dari Surabaya atau memakan waktu sekitar 1 jam jika berangkat dari Bendara Juanda. Sedangkan pengunjung yang berasal dari Pasuruan akan lebih cepat untuk mencapai tempat wisata ini. Untuk membantu, jangan ragu untuk menggunakan layanan google maps untuk mengantarkan sampai di tempat tujuan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo Prigen Pasuruan

Harga tiket dibedakan bagi orang dewasa ataupun untuk anak-anak. Dimana harga tiket orang dewasa adalah Rp 10.000. Sedangkan untuk anak-anak, tidak akan dikenakan biaya ataupun gratis. Sedangkan untuk biaya parkir, dikenakan Rp 5.000.

Wah, asyik nih hari libur mengunjungi wisata alam seperti Air Terjun Kakek Bodo ini. Coba deh..

Baca Juga: Taman Safari Prigen Pasuruan