Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Sedudo Sawahan Nganjuk

Diposting pada
air terjun sedudo nganjuk
Air Terjun Sedudo Nganjuk

Berwisata ke daerah Jawa Timur, rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi daerah Nganjuk. Walaupun termasuk kota kecil, rupanya Nganjuk menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Dan salah satu tempat wisata dengan kekayaan alam yang menawan adalah Air Terjun Sedudo Sawahan. Karena sekali mengunjungi tempat ini, kebanyak pengunjung menginginkan kesempatan untuk datang lagi ke sana. Bahkan ketika tiba di sana, sayang rasanya jika tidak hanya menghabiskan waktu dengan singkat.

Berada disekeliling tebing yang curam, membuat curahan air dari air terjun ini membentuk sebuah kolam. Di kolam inilah, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu untuk mandi ataupun berendam. Namun pengunjung tetap harus berhati-hati karena bebatuan yang ada disekeliling kolam cukup licin. Karenanya, disarankan untuk menggunakan sendal gunung saat akan menikmati pemandangan di air terjun sambil berjalan-jalan.

Ketinggian air terjun Sedudo mencapai 102 meter, jadi tentu terbayang bagaimana derasnya curahan air yang jatuh dari ketinggian tersebut. Tidak heran, jika jatuhan air dari air terjun membuat kabut air membasahi pakaian. Jadi, bagi pengunjung yang tidak ingin terkena basahan, sebaiknya menggunakan jaket berbahan anti air ataupun menggunakan jas hujan. Demikian pula dengan gadget yang pengunjung milikki. Sehingga sepulangnya dari berwisata, gadget tetap dalam keadaan prima.

pesona keindahan air terjun sedudo nganjuk
Pesona Keindahan Air Terjun Sedudo Nganjuk

Tidak hanya indah, rupanya tempat ini menyimpan beragam misteri didalamnya. Cerita ini bermula dari kerajaan Majapahit yang menganggap air di tempat ini sebagai air suci. Karenanya, sering digunakan untuk memandikan barang-barang suci dari kerajaan. Bahkan hingga saat ini, pemerintah daerah Nganjuk, masih menjalankan tradisi tersebut. karenanya, pada waktu-waktu tertentu, pengunjung dapat melihat warisan kebudayaan tersebut dilakukan di air terjun ini.

asyiknya liburan di wisata air terjun sedudo nganjuk
Asyiknya Liburan di Wisata Air Terjun Sedudo Nganjuk

Tidak berakhir di sana, air dari air terjun ini dipercaya dapat memberikan khasiat untuk tubuh. Salah satunya membuat wajah dan kulit menjadi awet muda. Karenanya, banyak orang yang mandi ataupun berenang di air terjun ini. Bahkan, walaupun hanya mencelupkan kaki, banyak yang percaya bahwa khasiat dari air terjun tetap dapat dirasakan. Bagi masyarakat setempat, air terjun ini tidak pernah kering di musim kemarau sekalipun. Hal ini dapat terjadi, karena tempat ini dijadikan sebagai tempat mandi dewa. Karenanya, air tidak akan pernah mengering.

panorama air terjun sedudo nganjuk
Panorama Air Terjun Air Terjun Sedudo Nganjuk

Hal-hal inilah yang menyebabkan banyak larangan di tempat ini, diantaranya larangan untuk berbuat asusila, tidak berkata kotor, tidak mengambil barang-barang temuan, hingga membawa kembali sampah atau barang bekas pakai. Banyak orang yang melakukan hal ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, ada juga yang melakukannya sehingga keindahan alam air terjun tetap terjaga dan dapat dinikmati dalam waktu lama.

Lokasi Air Terjun Sedudo Sawahan Nganjuk

Bagi pengunjung yang bingung lokasi tempat ini adalah Jalan Sedudo, Hutan, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, 64475.

Rute Air Terjun Sedudo Sawahan Nganjuk

Untuk membantu menuju tempat ini, pengunjung dapat memanfaatkan teknologi masa kini, yaitu memanfaatkan google. Cukup ketikkan tempat yang ingin dituju, setelahnya tengok ke pinggir sebelah kanan. Pengunjung akan mendapatkan petunjuk jelas setelah memilih menu trekking pada layanan tersebut. Untuk menuju tempat ini dengan kendaraan pribadi, pastikan untuk memeriksa kelayakan kendaraan. Karena jalan yang ditempuh cukup curam dan memiliki banyak tikungan tajam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sedudo Sawahan Nganjuk

Inilah yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan wisata, yaitu menyiapkan dana untuk pembelian tiket. Harga tiket masuk per orang adalah Rp 10.000, sedangkan untuk parkir sepeda motor adalah Rp 2.000 dan untuk mobil adalah Rp 5.000.

Air Terjun menjadi destinasi liburan yang asyik sekali untuk bersantai atau merileksasikan diri. Liburan semakins eru bersama kawan-kawan, coba saja.

Baca Juga: Tempat Wisata di Nganjuk

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.