Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Cikaso Sukabumi

Diposting pada
curug cikaso sukabumi
Curug Cikaso Sukabumi

Curug yang ada di Indonesia hingga saat ini sudah sangat sulit untuk dihitung. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia, salah satu tempat yang saat ini sering dikunjungi adalah Curug Cikaso Sukabumi. Selain dikenal sebagai Curug Cikaso, curug ini dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama Curug Luhur. Sedangkan untuk spotnya, curug memiliki tiga curahan, yaitu Curug Meong, Curug Aki dan Curug Aseupan. Jadi, sekali mendatangi Curug ini Anda akan disuguhkan dengan tiga jenis curahan air.

Ketinggian curug ini adalah 80 meter dengan lebar hingga 100 meter. Jadi, setiap pengunjung yang mendatanginya dapat menikmati keindahan curug dengan puas. Air dari curug ini jatuh ke dalam kolam yang berwarna turkish. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto ataupun sekedar bermain air. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini, diantaranya berenang ataupun memancing. Namun, usahakan berhati-hati, karena kolam dari air curahan air terjun ini tergolong dalam.

Banyak masyarakat yang berpendapat, bahwa curug ini memiliki keindahan lebih saat berarus deras. Karena air curahan tentunya akan lebih bergemuruh dan menimbulkan suara khas dari air terjun. Momen ini sangat cocok diabadikan oleh para pecinta foto. Namun, tetap harus melakukan setiap aktivitas tersebut dengan lebih hati-hati.

pesona keindahan curug cikaso sukabumi
Pesona Keindahan Curug Cikaso yang Luar Biasa

Konon, terdapat mitos yang mendiami curug ini. Dimana, curug dipercaya dijaga oleh “penunggu” disetiap curahan airnya. Contohnya, Curug Aseupan yang dihuni oleh Nyai Blowong, Curug Meong yang dihuni oleh Eyang Santang dan Curug Aki yang dihuni oleh Prabu Siliwangi. Karena adanya penghuni inilah, diharapkan setiap pengunjung dapat berhati-hati dalam jalankan aktivitas, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

panorama curug cikaso sukabumi
Panorama Curug Cikaso yang Memanjakan Mata

Suasana yang ditampilkan dari tempat wisata ini sangatlah menyejukkan. Bahkan cenderung memberikan kesan tenang karena belum banyak dikunjungi. Tempat-tempat seperti inilah yang sangat cocok dijadikan tempat untuk menyediri ataupun mencari inspirasi.

asyiknya liburan di wisata alam curug cikaso sukabumi
Asyiknya Liburan di Wisata Alam Curug Cikaso

Lokasi Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat atau yang tepatnya terletak sekitar 110 kilometer dari Sukabumi.

Rute Curug Cikaso Sukabumi

Untuk mencapai tempat wisata yang satu ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai moda transportasi. Diantaranya, mobil, motor pribadi ataupun angkutan umum. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih nyaman. Jika datang dari daerah Sukabumi, ambilah jalan menuju daerah Pantai Ujung Genteng. Atau memilih menuju daerah Surade, dari sini pengunjung dapat menuju jalan Cikaso dan akan tiba ditempat tujuan dalam waktu dekat.

Atau jika terlalu sulit, pengunjung dapat memanfaatkan google untuk menjadi penunjukkan jalan. Namun sebelum melaksanakan trip ke tempat ini, disarankan untuk memeriksa kelayakan kendaraan. Karana jalan yang akan dilewati, cukuplah sulit. Dimana, terdapat tanjakan, tikungan dan turunan yang cukup curam dan tajam.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso Sukabumi

Tiket untuk masuk ke wahana ini tergolong murah, dimana setiap orangnya hanya akan dikenai biaya Rp 3.000. Sedangkan untuk pengguna mobil akan dikenakan biaya Rp 27.000 sudah termasuk dengan biaya parkir. Namun pengunjung akan dikenakan pula biaya kebersihan sebesar Rp 2.000. Jadi, setiap pengunjung dapat masuk dengan harga tiket Rp 5.000/orang.

Didalam tempat wisata ini, sudah memiliki cukup banyak fasilitas. Sayangnya, untuk setiap fasilitas dikenakan biaya yang berbeda. Contohnya, penyewaan perahu akan dikenakan Rp 60.000 dengan maksimal yang menaiki 10 orang. Sedangkan untuk fasilitas toilet, setiap orang akan dikenakan biaya Rp 2.000/orang. Namun, dari semuanya itu fasilitas sudah cukup lengkap. Karena tempat wisata ini termasuk salah satu yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Baca Juga: Curug Sodong Sukabumi

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.