Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Curug Panjang Bogor

Diposting pada
curug panjang bogor
Curug Panjang Bogor

Bogor atau yang dikenal dengan kota hujan memang tidak pernah berhenti menampilkan keindahannya. Setelah disuguhkan keindahan alam yang ada di Kebun Raya Bogor, pengunjung dapat beralih dan memanjakan diri dengan aneka curug yang ada di daerah ini. Bogor memang terkenal dengan berbagai curug yang ada disekitarnya, hal ini cukup wajar mengingat Bogor berada di dataran yang cukup tinggi. Namun, karena banyaknya hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan Curug Panjang Bogor.

Nama Curug Panjang merupakan nama yang berasal dari Bahasa Sunda. Dimana curug memiliki arti air terjun. Sedangkan nama Panjang digunakan karena keadaan dari curug tersebut. Karena curug ini tergolong unik dan berbeda dibandingkan curug lainnya. Jika curug lain akan menjatuhkan air secara langsung, curug ini mengalir secara memanjang dan akhirnya menciptakan sebuah kolam sebagai tempat penampungan airnya. Hal inilah yang menyebabkan curug ini dipanggil dengan nama Curug Panjang.

Air tumpahan air terjun ini rupanya membentuk kolam yang cukup indah. Dimana, nampak warna toscha pada bagian tengah kolam, sementara pada bagian pinggir memiliki warna jernih. Bahkan, para pengunjung dapat melihat apa yang ada dibawah pinggir kolam tersebut. Tidak jarang, pengunjung akan bertemu dengan biota air tawar, seperti belut ataupun ikan-ikan kecil disekitar air terjun. Karenanya, untuk pengunjung yang memiliki kamera anti air menjadi menarik jika menjadikannya objek foto.

pesona keindahan curug panjang bogor
Pesona Keindahan Curug Panjang

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di air terjun ini, seperti berenang, merendam kaki ataupun menyelami dasar curug. Namun, penting untuk selalu berhati-hati karena curug cenderung cukup dalam. Atau bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, disediakan beberapa tempat penyewaan pelampung. Jadi, tidak perlu khawatir atau takut tenggelam saat menghabiskan waktu di tempat ini. Suasana pertama yang akan dirasakan saat di tempat ini adalah adanya perasaan tenang. Mengapa?

panorama alami curug panjang bogor
Panorama Alami Curug Panjang yang Memanjakan Mata

Karena tempat wisata ini belum banyak didatangi pengunjung. Jadi, dapat dijadikan salah satu tempat untuk berwisata dengan tenang tanpa harus berdesak-desak. Tempat wisata macam ini pula yang cocok dijadikan sebagai tempat merenung ataupu melepaskan penat setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Walaupun demikian, bukan berarti tempat ini dapat dijadikan tempat untuk melakukan hal-hal terlarang. Karena tempat ini memiliki penjaga disekitar air terjun.

menikmati liburan di wisata curug panjang bogor
Menikmati Liburan di Wisata Curug Panjang

Untuk pengunjung yang sudah lelah bermain air, dapat melengkapi wisata dengan mencoba aneka kuliner yang tersaji. Karena di sekitar perjalanan menuju air terjun, telah disediakan warung-warung tempat makan ataupun sekedar minum kopi. Bila ingin menginap, pihak pengelola pun menyediakan beberapa villa ataupun tempat untuk berkemah. Jadi, fasilitas yang ada ditempat ini sudah tergolong mumpuni untuk dijadikan tempat berwisata bersama keluarga.

asyiknya liburan di wisata alam curug panjang bogor
Asyiknya Liburan di Wisata Alam Curug Panjang

Lokasi Curug Panjang Bogor

Lokasi dari tempat wisata ini adalah Desa Citamiang, ecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16770.

Rute Curug Panjang Bogor

Bagi pengunjung yang berasal dari Jakarta, Depok dan sekitarnya, diharapkan mengambil arah ke Kabupaten Bogor. Setelahnya, pengunjung masih harus menempuh 1,5 jam perjalanan untuk menuju Curug Panjang. Pilihlah rute menuju Mega Mendung, setelahnya pengunjung akan menemukan jalan yang sempit dan berbatu. Hingga akhirnya mencapai gapura selamat datang di Curug Panjang. Atau jika kesulitan, jangan ragu menggunakan layanan dari google maps untuk membantu.

Harga Tiket Masuk Curug Panjang Bogor

Karena sudah dikelola oleh pemerintah dengan baik, maka harga tiket untuk wisatawan mancanegara dan domestik berbeda. Dimana, harga tiket untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 50.000/orang. Sedangkan untuk wisatawan domestik adalah Rp 10.000/orang. Biaya ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Asyik memang bisa berpetualang mengunjungi wisata alam Curug Panjang ini, coba aja sob.

Baca Juga: Curug Cigamea Bogor

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.