Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Diposting pada
kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor

Wisata yang satu ini merupakan kebun yang berisi berbagai tumbuhan besar. Luas areanya mencapai 87 hektar. Tak heran jika koleksi tumbuhannya mencapai 15.000 jenis. Kebun Raya Bogor juga dilengkapi dengan kursi dan air mancur sehingga berkunjung ke tempat ini terasa menyegarkan.

Kebun Raya Bogor merupakan tempat yang tepat untuk berwisata sekaligus menimba ilmu. Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Jika Anda bermaksud mengadakan acara, ada banyak area di Kebun Raya Bogor yang bisa digunakan.

panorama kebun raya bogor
Panorama Kebun Raya Bogor
asyiknya liburan di kebun raya bogor
Asyiknya Liburan di Kebun Raya Bogor

Lokasi Kebun Raya Bogor

Kebun raya yang sangat terkenal ini terletak di Jl. Ir Juanda No. 13 Kota Bogor. Area kebun raya tak jauh dari pusat kota sehingga mudah ditemukan. Dengan areanya yang begitu luas, kebun raya dilengkapi dengan berbagai fasilitas, misalnya toilet umum, toko cinderamata yang menjual tanaman hias dan pernk-pernik, Grand Garden Cafee, hotel dan penginapan. Jika Anda ingin mencari makanan yang murah, ada pula penjual nasi bungkus di sekitar area bersantai.

Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sangat mudah diakses, baik oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda berpergian dari luar kota menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih menggunakan kereta atau bis. Apabila Anda memilih menggunakan kereta, turunlah di stasiun Bogor. Setelah itu Anda bisa menaiki angkong dengan nomor 02 untuk jurusan Bubulak-Barangsiang. Anda dapat turun di Kebun Raya Bogor. Cara lainnya adalah dengan menaiki angkot nomor 03 dan langsung turun di pintu 02 Kebun Raya. Pintu ini biasanya dibuka hanya saat hari libur.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia dibagi menjadi 2 macam, yaitu tiket untuk wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Untuk wisatawan domestic dikenai harga Rp16.000, sedangkan untuk wisatawan asing membayar sebesar Rp 26.000. Sejumlah Rp 1.000 akan disumbangkan kepada PMI. Harga tiket tersebut sudah termasuk tiket untuk masuk museum zoology dan asuransi Jasa Raharja.

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, parkirlah di area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Karcis parki kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000. Karena area Kebun Raya Bogor sangat luas, Anda dapat menggunakan sepeda keliling untuk mengitari tempat yang Anda inginkan. Sepeda keliling bisa disewa dengan biaya sebesar Rp 5.000.

Tak perlu khawatir repot mencari penginapan jika Anda bermaksud menikmati suasana malam di Kebun Raya Bogor. Pihak pengelola menawarkan rumah inap yang bernuansa jaman dahulu. Penginapan yang dimaksud merupakan bekas rumah dari direktur Kebun Raya Bogor saat jaman colonial. Tarif sewa pun sangat terjangkau, yakni Rp 40.000 dan sudah mencakup biaya sarapan pagi.

Jika Anda ingin mencari penginapan dengan konsep lain, Anda bisa mencari hotel di sekitar lokasi. Ada berbagai hotel yang bisa Anda pesan secara online.

Baca Juga: Taman Safari Bogor

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.