Foto, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung

Diposting pada
pemandian air panas ciwalini bandung
Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung

Bandung memang menawarkan berbagai lokasi yang mampu digunakan untuk melepaskan penat. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung. Pemandian ini buka pada hari Senin sampai Jumat pada pukul 06.00 hingga 17.00. Untuk akhir pakan tidak dibuka karena digunakan untuk pembersihan area kolam.

Anda bisa menjadikan pemandian air panas ini sebagai destinasi liburan akhir pekan yang menarik. Sensasi berendam di kolam air panas sangatlah luar biasa. Perlu Anda coba bila Anda belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, terutama buat Anda yang kini sedang berada di Bandung.

Pemandian Air Panas Ciwalini ini tidak sekedar menyuguhkan kolam air panas saja, tetapi juga panorama alam sekitar yang indah dan memanjakan mata.

merasakan sensasi berenang di pemandian air panas ciwalini bandung
Merasakan Sensasi Berendam di Pemandian Air Panas Ciwalini

Lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung

Pemandian satu ini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Tenjolaya, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Ciwidey sendiri merupakan wilayah yang dikelilingi dengan perbukitan, sehingga hawanya asri dan terasa menyejukkan. Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung terletak dengan beberapa objek wisata lainnya, seperti kawah putih, situ patenggah dan air panas cimanggu.

Rute Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung

Anda bisa memulai keberangkatan dari Jalan Kopo lalu menuju ke Soreang. Setelah itu, naik menuju kea rah Ciwidey. Jalanan ke arah Ciwidey ini pernuh dengan tanjakan jadi Anda harus berhati-hati. Namun, jalanan sangat mulus dan pemandangan sangat indah. Anda akan menemui kebun teh dan kebun strawberry di sisi kanan maupun kiri jalanan. Pemandian Air Panas Ciwalini terletak di Gunung Patuha, yakni di ketinggian 2.400 mdpl.

Jarak Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung dari pusat Kota Bandung adalah 47 km dengan jarak tempuh 2 jam. Jika Anda berangkat dari arah Jakarta, Anda bisa melewati Cipularang kemudian mengarah ke Pintu Tol Kopo. Alternatif lain adalah melalui Tol Buah Batu lalu menuju ke Banjaran. Dari kedua jalur tersebut, ambil arah ke Soreang lalu ke Cowodey.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung untuk pengunjung domestik adalah Rp20.000 per orang, sedangkan untuk pengunjung mancanegara dibanderol senilai Rp100.000. Untuk tiket parkir dibagi menjadi 3 macam, yaitu tiket parkir kendaraan roda dua senilai Rp3.000, untuk kendaraan roda empat senile Rp5.000 dan untuk bus senilai Rp 20.000.

Ada beberapa kolam yang disediakan. Air yang digunakan tentu saja air hangat yang bersumber dari mata air. Fasilitas lainnya adalah flying fox dan kendaraan ATV. Untuk mencoba flying fox Anda perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000. Jika Anda ingin berkeliling ke sekitar area pemandian dengan kendaraan ATV 90 cc, Anda perlu menambah biaya sebesar Rp 50.000. Harga Gocar 30 cc adalah Rp 30.000, sedangkan harga ATV Tea Tour 260 cc adalah Rp 100.000. Untuk flying fox extreme 300 m dibanderol Rp 50.000. Harga sewa motor cross mini 30 cc dan sepeda tour adalah Rp 20.000. Anda juga bisa mencoba sensasi trampoline dengan biaya Rp 20.000.

Di Pemandian Air Panas Ciwalini Bandung juga tersedia gazebo yang dapat disewa untuk keperluan rombongan. Ada gazebo yang berukuran 6 x 8 meter. Harga sewa gazebo tersebut adalah Rp 250.000 untuk hari biasa dan Rp300.000 untuk hari libur. Fasilitas lainnya antara lain kolam terapi ikan, gazebo, penginapan, MCK, kamar ganti, lahan parkir serta berbagai warung yang menjual makananan dan minuman.

Baca Juga: Ice Skating PVJ Bandung

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.