puncak widosari samigaluh kulon progo jogja
Puncak Widosari Kulon Progo Jogja

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Puncak Widosari Samigaluh Kulon Progo

Diposting pada

Belakangan ini wisata alam perbukitan menjadi spot yang instagenik dan hist banget di kalangan para pengiat wisata. Nah, di Jogja sudah pasti ada banyak sekali wisata perbukitan yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu wisata Puncak Widosari Kulon Progo.

Foto-foto panorama wisata Puncak Widosari ini sudah banyak yang membagikannya di media sosial, dan pastinya menjadikan tempat wisata ini semakin populer.

Perlu kamu tahu sob, wisata alam ini punya sejarah loh. Dulunya bukit Widosari ini menjadi tempat untuk pertapaan pangeran Diponegoro. Berada di kawasan bukit Menoreh, menjadikan wisata ini memiliki panorama alam yang ciamik banget sob. Maka, wajar sekali bila pesona keindahannya mampu memikat hati para pengunjung untuk datang ke sana.

indahnya panorama alam di puncak widosari jogja
Indahnya Panorama Alam di Puncak Widosari Jogja

Spot Wisata Bukit Widosari ini berada di ketinggian 1.012 Mdpl. Tentunya suhu udara di sana sejuk sekali sob. Kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang super epic, tetapi juga bisa berswafoto sesuka hati.

spot foto ikonik wisata puncak widosari
Spot Foto Ikonik Wisata Bukit Widosari

Oh iya, Puncak Widosari Samigaluh ini punya ciri khas yang unik loh. Yaitu Terdapat bongkahan batu raksasa ataupun tebing tunggal yang berada di dekat spot wisata. Batu tersebut menjadi salah satu ciri khas yang mendukung tempat ini sebagai tempat keren yang patut untuk dikunjungi.

panorama berkabut di puncak widosari kulon progo
Panorama Berkabut di Puncak Widosari Kulin Progo

Wisata alam ini sebenarnya sudah dibuka sejak lama sob, tepatnya pada tahun 2012 silam. Hanya saja, pada sata itu akses jalan menuju lokasi masih terbilang sangat buruk, sehingga tak banyak yang berlibur ke sana. Tetapi saat ini akses jalan sudah termasuk bagus kok, dan wisatawan bisa dengan mudah trekking ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi.

spot foto instagenik di wisata puncak widosari samigaluh
Spot Foto Instagenik di Wisata Puncak Widosari Samigaluh

Puncak Widosari ini dengan beragam fasilitas yang mumpuni,mulai dari spot foto tempat duduk, gazebo, area parkir, toilet, hingga warung makan. Suguhan alam di sana begitu luar biasa sob, dan pastinya bisa bikin kamu betah liburan di sana seharian.

Lokasi dan Rute Puncak Widosari Samigaluh Kulon Progo Jogja

Wisata alam yang cakep ini berlokasi di Tegalsari, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute dari kota Jogja langsung mengarah ke barat melewati Jalan Godean. Kemudian jika tiba di Pasar Godean, silahkan lurus saja hingga sampai di perempatan Nanggulan, kemudian belok ke kanan hingga tiba di perempatan Dekso. Lanjutkan perjalanan menuju ke Pasar Plono, dan ikuti saja papan petunjuk jalan menuju ke Wisata Puncak Widosari.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari Kulon Progo Yogyakarta

Tiket masuk wisata ini murah banget loh, yaitu seharga Rp 5.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir kendaraan dengan harga standar. Adapun jam buka mulai pukul 06.00 sampai pada pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Kedung Banteng Kulon Progo