20 Tempat Wisata di Tomohon Sulawesi Utara Terbaru 2019

Diposting pada
tempat wisata di tomohon sulawesi utara
Tempat Wisata di Tomohon Sulawesi Utara

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan jutaan wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang selalu menghadirkan obyek wisata baru bagi wisatawan, tidak hanya bisa dinikmati wisatawan domestik, tetapi juga bagi wisatawan mancanegara.

Di Indonesia, ada banyak sekali tempat wisata yang tidak dapat ditemukan di negara-negara lain di dunia ini. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia kita patut bersyukur akan potensi wisata yang dimiliki negeri tercinta ini.

Sulawesi Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali obyek wisata, mulai dari wisata yang sudah populer sejak lama, maupun wisata yang paling baru. Provinsi ini menyimpan daftar wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu daerah yang turut menyuguhkan banyak tempat wisata ialah Kota Tomohon.

Tomohon memiliki beragam tempat wisata alam yang patut untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam perbukitan, wisata alam danau, wisata alam hutan, wisata alam air terjun, dan lain sebagainya. Modern ini, tempat wisata di sana dibalut dengan konsep kekinian yang menjadi daya tarik bagi wisatawan milenial. Misalnya, wisata alam perbukitan tidak sekedar menawarkan panorama alam yang indah saja, tetapi juga dilengkapi dengan spot foto keren, seperti; ayunan, gardu pandang, skybike, dan lain sebagainya.

Sebagai penduduk yang tinggal di Tomohon tentu bangga memiliki daerah yang kaya akan pontensi alamnya. Selain memiliki wisata alam yang asyik untuk dinikmati, Tomohon juga punya wisata yang bagus untuk edukasi bagi wisatawan, mulai dari wisata sejarah hingga wisata budaya. Juga ada wisata kuliner dan resort. Jadi, ada banyak pilihan ragam wisata yang bisa kamu pilih sebagai tempat berlibur.

Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata di Tomohon pasti sangat menarik sob. Apalagi belakangan ini Tomohon juga menghadirkan tempat wisata baru yang memiliki ciri khas tersendiri dan sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Mau tahu daftar tempat wisata terbaru dan paling hits di Tomohon tahun ini? akan kami sajikan informasinya di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata di Tomohon Terbaru dan Paling Hits 2019

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Tomohon 2019 yang menarik untuk dikunjungi:

Puncak Temboan

puncak temboan

Wisata ini bisa menjadi destinasi liburan yang asyik. Pemandangan alam tersaji sangat indah. Begitu juga dengan hawa yang terasa sangat sejuk. Sangat asyik bila puncak Temboan ini dijadikan sebagai tempat untuk merileksasikan diri. Panorama alam yang epic bisa kamu saksikan, mulai dari panorama pegunungan hingga sebuah danau besar yang dikenal dengan nama danau Tondano.

Alamat: Kampung Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon

Valentine Hills

valentine hills

Valentine Hills merupakan salah satu wisata baru di Tomohon. Wisata ini berada di kawasan puncak, dengan suguhan utama berupa panorama pegunungan yang indah. Selain itu, terdapat pemandangan taman bunga yang cantik. Dilengkapi juga dengan beragam spot foto bagus yang sangat digemari para pengunjung untuk berswafoto. Spot foto yang tersedia antara lain berupa gardu pandang, gazebo, spot ayunan, dan lain-lain.

Alamat: Desa Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon

We’lu Cafe & Resto

welu cafe n resto

Kalo yang ini konsepnya tidak sekedar cafe biasa, tetapi memberikan suguhan lainnya yang istimewa. Yaitu berupa pemandangan alam perbukitan yang sangat mempesona. Di We’lu Cafe & Resto ini kamu dapat menyaksikan indahnya panorama alam berupa pegunungan yang tinggi dan persawahan yang hijau, sehingga jika dipandang begitu memanjakan mata. Cafe ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di Tomohon loh!

Alamat: Kelurahan Woloan Satu Utara, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon

Danau Lonow

danau linow

Tempat wisata selanjutnya yang patut untuk kamu kunjungi ialah danau Linow. Sebenarnya ini bukan merupakan wisata baru, hanya saja hingga saat ini masih menjadi destinasi liburan yang asyik bagi masyarakat di Tomohon. Berdasarkan informasinya, danau ini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu warna hijau, coklat susu, dan biru toska. Danau ini menawarkan panorama yang eksotis, terutama pada saat sore dimana Sunset menjadi kombinasi yang indah. Danau ini sangat luas, berjarak 3 Km dari kota Tomohon, sedangkan jarak dari Manado sekitar 30 Km.

Alamat: Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon

Bukit Doa Mahawu

bukit doa mahawu

Di wisata ini kamu dapat merasakan konsep wisata yang berbeda. Panorama pegunungan dan perkebunan menjadi keindahan alam yang bagus dilihat. Terlihat sangat jelas pemandangan gunung Lakon yang megah. Tidak sekedar sebagai wisata alam yang nyaman, tetapi juga sebagai kawasan untuk beribadah. Jadi, bisa dibilang ini merupakan wisata religi yang nyaman bagi para pengunjung. Indahnya landscape alam membuat tempat ini sering kali digunakan sebagai spot foto prewedding.

Alamat: Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Jendela Dunia

jendela dunia

Wisata Jendala Dunia di Tomohon ini juga termasuk wisata baru dengan konsep kekinian. Dikatakan kekinian karena apa yang disuguhkan di wisata ini sesuai dengan perkembangan zaman, dan pastinya sangat digemari oleh para remaja milenial. Karena tersedia banyak sekali spot foto kekinian seperti; miniatur menara Eiffel Paris, kincir angin Belanda, gerbang Fushimi Jepang, spot ikonik Hollywood, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain asyik untuk kegiatan hunting foto, pastinya kamu dapat bersantai sambil menyaksikan pemandangan taman bunga yang indah.

Alamat: Jalan Pinaras Tara-Tara Woloan Tiga, Desa Tarataram, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon

Pagoda Ekayana

pagoda ekayana

Ini merupakan tempat untuk beribadah bagi umat Budha sekaligus sebagai tempat wisata bagi wisatawan. Sebenarnya sebutan yang tepat ialah Vihara Ekayana, tetapi karena terdapat sebuah bangunan Pagoda yang penuh artistik menjadikan tempat ini dikenal dengan nama Pagoda Ekayana. Di sana kamu dapat menemui banyak sekali ornamen-ornamen bergambar dewa yang identik dengan Budha. Nah, yang menarik dari tempat wisata ini ialah berada di kawasan perbukitan yang indah. Dari sana tampak sangat indah pemandangan gunung Lakon. Sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berlibur di sana.

Alamat: Jalan Sungen, Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Amphitheater Woloan

amphitheater woloan

Ini merupakan sebuah tempat yang unik, yaitu bangunan seperti tribun. Biasanya diadakan acara teater di Amphitheater ini. Yang menjadi daya tarik ialah bangunan Amphitheater yang unik dan tidak ditemukan di daerah manapun. Tak banyak spot foto, tetapi panorama alam yang melatarbelakangi tempat wisata ini sangat-sangat mempesona. Terutama pemandangan gunung Lakon yang tampak jelas dan bisa kamu jadikan sebagai background untuk foto selfie.

Alamat: Woloan Satu Utara, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon

Alfa Omega Tower

alfa omega tower

Alfa Omega merupakan nama dari sebuah tower atau menara yang cukup populer di kota Tomohon. Bangunan ini bisa dibilang baru, tetapi sudah menjadi daya tarik yang cukup besar bagi masyarakat Tomohon. Menara yang berestetika tinggi ini sangat bagus sebagai spot foto. Menara ini sangat ikonik, lokasinya juga strategis. Suasana di sekitarnya juga cukup ramai, dan ketika malam tampak gemerlap lampu. Keren banget pastinya.

Alamat: Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Tomohon Timur, Kota Tomohon

Puncak Kai’Santi

puncak kaisanti

Puncak Kai’Santi adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata baru yang bagus di Tomohon. Di wisata ini kamu bisa menyaksikan suguhan alam yang sangat mengagumkan, yaitu berupa panorama gunung dan dibawahnya merupakan kawasan persawahan hijau yang tertata rapi. Sudah disediakan spot foto berupa gardu pandang, ayunan, dan properti pendukung lainnya. Biaya masuk wisata ini juga sangat murah, jadi tak ada alasan untuk melewatkan begitu saja tempat seindah ini.

Alamat: Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon

Wale Tu’ana Resort

wale tuana resort

Inilah sebuah resort yang favorit banget sebagai tempat berlibur. Terdapat nuansa berbeda yang penuh nilai historical di Wale Tu’ana Resort ini. Terutama desain exterior dan interior gedung yang kental dengan nuansa Belanda. Ada juga bangunan seperti benteng tampak kuno dan unik. Ada sebuah pemandangan alami yang bisa kamu nikmati, yaitu taman bunga dan sebuah danau. Tidak hanya itu, ada juga fasilitas asyik seperti kolam renang. Kamu bisa memilih bermalam di sana, karena tersedia beberapa uni cottage. Penginapan Wale Tu’ana ini bisa menjadi pilihan menarik buat kamu yang berlibur di sana sob.

Alamat: Jalan Siswa, Desa Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon

The View Tinoor

the view tinoor

Rekomendasi tempat wisata kuliner yang asyik banget di Tomohon, ialah The View Tinoor Restaurant. Konsepnya bagus, karena tidak hanya sebagai restoran biasa, melainkan menawarkan view yang sangat memanjakan mata. Yakni berupa pemandangan alam perbukitan yang syarat dengan keindahan. Restoran ini berada di ketinggian, sehingga pengunjung dapat menyaksikan pemandangan kota yang epic. Sambil menikmati hangatnya kopi, teh, maupu menu makanan favorit di restoran, kamu dapat menyaksikan pesona keindahan alam Tomohon yang luar biasa. Aktifitas swafoto di tempat ini juga menjadi kegiatan yang sangat digemari para pengunjung, patut untuk kamu coba datangi sob.

Alamat: Desa Tinoor Satu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Gunung Lokon

gunung lokon

Gunung ini selalu menjadi pemandangan yang menawan jika dilihat dari berbagai sudut kota Tomohon. Gunung ini ketinggiannya mencapai 1.580 Mdpl. Gunung ini masih merupakan gunung api yang aktif. Meski begitu hamparan hijaunya rerumputan banyak tumbuh di kawasan gunung ini. Gunung Lokon menjadi gunung pendakian yang favorit bagi para pecinta alam di Tomohon. Bahkan tak sedikit pengunjung yang datang dari luar kota, terutama Manado dan sekitarnya. Karena Jarak dari Manado ke Tomohon hanya 20 Km. Gunung ini menjadi daya tarik yang besar bagi para pendaki. Sebab, berada di puncak gunung sensasinya sangat luar biasa. Tampak sangat indah surga alam beserta isinya, termasuk juga pemandangan kota Tomohon yang tampak memukau. Bila kamu termasuk orang yang hobi mengunjungi wisata alam, maka gunung Lokon bisa menjadi destinasi yang asyik.

Alamat: Dekat dengan kota Tomohon, berjarak sekitar 3,5 Km.

Air Terjun Tumimperas

air terjun tumimperas

Tomohon juga memiliki wisata alam berupa air terjun loh, yang cukup populer ialah Air Terjun Tumimperas. Air terjun ini merupakan sebuah keindahan alam tersendiri yang patut untuk disaksikan. Kondisi alam di lokasi wisata juga sangat bagus dan memanjakan mata. Untuk menggapai lokasi kamu haris melewati sekitar 800 anak tangga dengan akses jalan turunan dan tanjakan. Kondisi alam masih bersih, dan sudah tersedia tempat parkir. Jarak dari pusat kota Tomohon cukup dekat kok, kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan menuju desa Pinaras.

Alamat. Desa Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Waruga

waruga

Ini merupakan wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi dan dikaji sejarahnya. Di sana kamu dapat menemukan banyak sekali kuburan batu kuno peninggalan zaman Megalitikum. Di sana kamu dapat mengetahui bagaimana nenek moyang dulu yang meninggal dan menggunakan waruga. Lokasinya mudah dijangkau, baik dari Tomohon maupun Manado. Yaitu berada di jalur utama Tomohon – Manado.

Alamat: Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Taman Kota Tomohon

taman kota tomohon

Ini merupakan sebuah taman kota yang dialokasikan fungsinya sebagai tempat kesenian, gedung olahraga, dan museum. Nama “Taman” diangap kurang tepat oleh masyarakat sekitar, karena tidak ada taman yang mencolok di kawasan wisata ini. Hanya saja terdapat sebuah gedung besar dan lahan yang luas. Dimana tempat ini menjadi tempat favorit untuk kegiatan yang berkaitan dengan olahraga, acara budaya maupun kesenian, dan museum yang bernilai sejarah. Taman kota Tomohon ini memiliki view gunung Lakon yang indah, jadi masih menjadi favorit untuk bersantai bagi masyarakat di Tomohon.

Alamat: Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon

Pasar Extreme Tomohon

pasar extreme tomohon

Pasar ini tidak sekedar pasar tradisional, melainkan banyak yang menyebutnya sebagai pasar exstreme karena menjual daging binatang yang tak umum dikonsumsi, semisal; daging anjing, ular, tikus, kelelawar, dan lain sebagainya. Adanya pasar extreme ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, banyak juga dari luar kota bahkan mancanegara yang datang ke sana karena penasaran. Sengaja tidak kami sertakan foto-foto binatang yang dijual, agar tidak ngeri melihatnya, hehe.

Alamat: Jalan Rurukan, Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon

Bali House Restaurant

bali house restaurant

Jalan-jalan di kota Tomohon sayang bila melewatkan tempat satu ini. Yaitu sebuah restoran yang cukup favorit di kalangan wisatawan. Bali House Restaurant & Bar adalah namanya. Restoran ini menyajikan berbagai menu makanan lezat, mulai dari seafood, Chinese food, menu khas Bali, hingga makanan Nusantara lainnya. Restoran ini juga menyuguhkan panorama alam yang indah. Tampak pemandangan berupa hamparan persawahan yang hijau dan juga gunung Lakon yang megah. Pas banget mampir di tempat ini untuk bersantai maupun nongkrong asyik bersama orang-orang terdekatmu sob.

Alamat: Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Gardenia Country

gardenia country tomohon

Buat kamu yang hobi dengan tanaman maupun bunga, maka cocok sekali mengunjungi wisata ini. Nama wisatanya ialah Gardenia Country. Wisata ini menawarkan pesona keindahan taman bunga. Serta ada restoran yang siap menjadi tempat untuk wisata kuliner sehabis menikmati panorama taman. Dari sana juga tampak sangat indah pemandangan danau dan gunung Lakon. Tempat seperti ini asyik banget sebagai tempat liburan keluarga.

Alamat: Jalan Kawiley, Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.