Sejarah Asal Usul dan Harga Tiket Masuk Istana Maimun Medan 2019

Diposting pada
istana maimun medan

Istana Maimun Medan adalah wisata bersejarah di Medan yang menonjolkan desain arsitektur yang megah dan unik. Lokasinya tak jauh kok dari Masjid Raya dan Taman Sri Deli Serdang. Jadi cukup mudah menemukan istana tersebut bila Anda memang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Istana Maimun ini menarik untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Terutama buat Anda yang hobi mempelajari sejarah asal usul, maupun yang menyukai keunikan dan keindahan. Karena istana ini tampil sangat unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, tidak hanya bagi wisatawan dimestik, tetapi juga Mancanegara.

Istana Maimun Medan ini menjadi banguna ikonik yang berciri khas Melayu. Bangunan dengan arsitektur yang bagus dan dominan berwarna kuning pada tiap-tiap dindingnya. Sehingga wajar bila memancarkan pesona keindahan dan menjadi salah satu istana teridah di Indonesia.

pesona keindahan istana maimun

Istana Maimun ini dari luar terlihat sangat megah, dan identik dengan nuansa Islam. Desainnya tampak unik, karena merupakan perpaduan antara desain bangunan ala Timur Tengah dan Eropa. Istana ini luasnya mencapai 2.722 meter persegi, dan di dalamnya terdapat 30 ruangan. Tidak hanya desain bangunan, bahkan isi dalam istana seperti meja, kursi, lukisan, dan yang lainnya pun merupakan perpaduan budaya Belanda. Jadi, pengaruh Belanda juga menjadi bagian terkait dengan sejarah istana megah ini.

desain interior istana maimun

Sejarah Asal Usul Istana Maimun Medan

Istana Maimun Medan ini awal mula dibangun pada tanggal 28 Agustus 1888. Didirikan oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Sultan Makmun Al Rasyid adalah pendiri kota Medan. Adapun pembangunan Istana Maimun selesai pada tanggal 18 Mei 1991.

Sejak tahun 1946 istana ini ditempati oleh para ahli waris kesultanan Deli Serdang. Dalam kurun waktu tertentu, istana ini sering kali digunakan sebagai tempat pertunjukan musik tradisional Melayu. Diadakannya pertunjukan tersebut dalam rangka untuk memeriahkan pesta perkawinan maupun acara sukacita lainnya.

pakaian tradisional melayi di istana maimun

Istana Maimun terdiri dari 3 lantai, dan terdapat 30 ruangan. Masing-masing ruangan memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari ruang tamu kerajaan, ruang acara adat, dapur, gudang dan lain sebagainya.

Lokasi Istana Maimun Medan

Istana Maimun ini lokasinya terletak di Jln. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, A U R, Kota Medan, Sumatera Utara. Silahkan dicatat alamat tersebut. Atau Anda juga bisa melihat alamat tersebut di Google Map.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun Medan 2019

Tiket masuk Istana Maimun 2019 ini sangat terjangkau. Yaitu sebesar Rp 10.000 per orang. Jam operasional untuk dapat memasuki istana mulai pukul 08.00 sampai pada pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Merci Barn Medan

Hobi jalan-jalan, fotografi, dan blogging.