air terjun efrata samosir

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Efrata Samosir

Diposting pada

Air terjun Efrata menjadi salah satu referensi yang bagus sebagai destinasi petualangan di kawasan Samosir. Air terjun ini meski tak sepopuler air terjun Sipiso Piso, tetapi pemandangannya tak kalah cakep loh. Selain danau Toba, maka air terjun Sampuran Efrata ini bisa menjadi obyek wisata pilihan.

Air terjun Efrata menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona. Kondisinya masih sangat alami karena memang belum begitu banyak yang berkunjung ke sana. Suasananya tentu sangat nyaman, suhu udaranya sejuk, serta airnya yang terasa dingin dan menyegarkan. Sensasi bermain air tentu sangat luar biasa. Apalagi buat pengunjung yang datang jauh-jauh dan menjangkau lokasi, maka rasa lelah terasa terbayarkan begitu saja.

Nama lain dari air terjun ini ialah air terjun Sosor Dolok. Adapun nama Efrata sendiri diberikan oleh wisatawan mancanegara dari Eropa yang sudah berkunjung ke sana. Kawasan wisata alam ini juga dihuni aneka satwa, seperti burung, kera, dan lain sebagainya. Suara-suara burung yang merdu menambah alami suasana.

asyiknya liburan di air terjun efrata

Air terjun ini debit airnya cukup deras, ketinggiannya mencapa 26 meter. Jadi kamu harus berhati-hati bila bermain air di dekatnya. Tetap waspada dan tidak terlalu fokus dengan aktifitas swafoto. Meski melakukan kegiatan hunting foto bisa kamu lakukan dengan sepuasnya di sana sob. Yang terpenting tetap menjaga keselamatan diri.

pesona keindahan air terjun efrata

Kawasan di sekitar wisata alam ini juga cocok banget sebagai tempat untuk camping. Bersama sahabat maupun komunitasmu, kawasan wisata ini tentu menarik sebagai tempat untuk camping dan jelajah alam. Tetapi kamu perlu tahu, fasilitas wisata alam ini juga belum memadai. Fasilitas toilet sudah ada, tetapi fasilitas lainnya termasuk juga warung makan agak jauh dari lokasi. Jadi kamu harus menyiapkan segalanya untuk dapat berlibur di sana, terutama dengan membawa bekal makanan minuman yang cukup dan peralatan maupun perlengkapan lainnya.

hunting foto di air terjun efrata

Lokasi Air Terjun Efrata

Lokasi air terjun ini terdapat di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Samosir sekitar 20 Km.

Rute Menuju Air Terjun Efrata Samosir

Sedangkan rutenya cukup mudah, kamu bisa langsung menuju ke kecamatan Harian, lanjut menuju ke desa Sosor Dolok. Dari desa tersebut kamu hanya butuh waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki untuk bisa tiba di lokasi. Selama perjalanan menuju lokasi kamu dapat menyaksikan indahnya panorama alam sekitar, sekilas mungkin juga bisa menyaksikan penambah pasir lokal oleh warga Sosor Dolok.

Baca Juga: Bukit Holbung Samosir