ranu manduro mojokerto
instagram.com/willykurniawanid

Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Ranu Manduro Mojokerto 2020

Baru-baru ini telah viral sebuah wisata alam di Mojokerto yang bernama Ranu Manduro. Selama ini mungkin warga Jawa Timur lebih mengenal Ranu Kumbolo yang terdapat di gunung Semeru, namun dengan hadirnya wisata alam Ranu Manduro Mojokerto yang sangat cakep bak alam Selandia Baru ini kini wisatawan di Jawa Timur berbondong-bondong mendatanginya. Pesona keindahannya tak kalah loh dengan Ranu Kumbolo. Kamu penasaran? yuk simak penjelasannya.

Sebenarnya Mojokerto punya banyak sekali daftar tempat wisata alam yang bagus-bagus dan populer, sebut saja diantaranya seperti; Sendi Adventure, Air Terjun Dlundung, Puthuk Panggang Welut, dan masih banyak lagi. Munculnya wisata Randu Manduro menambah daftar wisata alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dan patut untuk kamu kunjungi sob.

Sesuai dengan namanya, wisata alam ini berada di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kawasan ini kini menjadi buruan banyak orang setelah foto-foto dan beritanya viral di berbagai media. Bahkan karena viral, artis ternama Ibukota seperti Via Vallen pun turut serta mengunjungi wisata alam ini.

Ini merupakan sebuah wisata alam yang menawarkan panorama ala Selandia Baru yang merupakan bekas galian tambang C. Panorama alam di sini semakin bagus karena di sekitarnya tampak perbukitan dan pegunungan yang memanjakan mata. Tak sedikit wisatawan yang datang ke sini kemudian melakukan aktifitas swafoto, hasilnya tentu sangat bagus. Maka tak heran bila banyak yang tertarik untuk mendatangi tempat wisata baru ini.

Ranu Manduro menawarkan pesona keindahan hamparan perbukitan yang hijau karena dipenuhi dengan rerumputan. Serta terdapat gunung Penanggungan yang agung menjadi latar belakang yang sangat mempesona. Sehingga ini menjadi spot foto yang sangat Instagenic bagi para pengunjung untuk berselfie.

pesona keindahan ranu manduro mojokerto
instagram.com/rananews.id

Selama ini gunung Penanggungan di Mojokerto memang menjadi background alam yang sangat menawan. Gunung ini ketinggiannya mencapai 1653 Mdpl, jadi dari berbagai sudut kawasan di Mojokerto tampak cukup jelas, apalagi dilihat dari lokasi yang memang sangat dekat dengan gunung ini, yaitu lokasi Ranu Manduro. Berada di ranu ini kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung Penanggungan lebih dekat dan jelas, dan pastinya sangat memanjakan mata.

Di wisata Ranu Manduro banyak sekali angle foto yang cakep dan Instagramable. Misalnya saja bebatuan, danau kecil serta padang rumput hijau yang tampak mempesona. Ditambah dengan adanya gunung Penanggungan sebagai latar belakangnya yang bagus. Kegiatan hunting foto di sini tentunya sangat menarik sekali. Tak sedikit fotografer yang mendatangi wisata ini untuk mendapatkan hasil foto yang indah dan sempurna.

hunting foto di ranu manduro mojokerto
instagram.com/alsiyulianaa.p

Buat kamu yang butuh berlibur, hobi dengan fotografi, maupun hobi traveling, maka wisata ini bisa menjadi destinasi yang menarik. Suasananya yang tenang dan nyaman bisa membuatmu betah berlama-lama berada di sini.

Bagaimana sobat? keren banget kan? Buat kamu yang berada di Mojokerto, sayang sekali bila melewatkan tempat sebagus ini.

Lokasi Ranu Manduro Mojokerto

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi wisata alam ini, maka silahkan dicatat alamatnya. Alamatnya ialah Desa Mandurono, Kec. Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385.

Dari Mojokerto kota ke lokasi berjarak 30 Km, atau menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan dari Kecamatan Ngoro hanya berjarak 6 Km, atau sekitar 15 menit waktu perjalanan.

Rute Menuju Lokasi:

Dari Ngoro terdapat Alfamart dan di kanan jalan sekitar 100 terdapat gang kecil. Silahkan masuk saja gang itu dan ikuti jalannya hingga ke lokasi. Kamu bisa datang dengan menggunakan kendaraan roda empat, tetapi tidak bisa sampai lokasi karena akses jalannya sulit karena sempit. Tetapi kamu jangan khawatir, sudah ada persewaan motor matic dengan tarif Rp 20.000/motor.

Penting! Tips Liburan di Ranu Manduro

Perlu kamu ketahui, wisata baru ini sempat ditutup oleh masyarakat setempat karena masyarakat mengeluhkan banyaknya sampah-sampah yang dibawa para pengunjung. Oleh karena itu penting buat kamu sebelum datang berkunjung untuk membaca tips berikut ini:

  1. Pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan demi terjaganya kebersihan lingkungan di wisata ini. Sehingga tidak sampai menimbulkan masalah.
  2. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua bila kamu menuju ke wisata ini. Karena kondisi jalannya sangat sempit danbelum beraspal.
  3. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang bagus, disarankan datang ke wisata ini ketika musim hujan. Karena rerumputan tampak hijau dan subur, juga terdapat danau kecil yang terlihat eksotis. Berbeda ketika musim panas, tampak gersang dan banyak debu.

Mungkin itu saja beberapa tips berlibur di wisata ini. Semoga bisa menjadi perhatian buat kamu yang berencana untuk datang ke lokasi.

Harga Tiket Masuk Ranu Manduro Mojokerto

Untuk sementara ini, belum ada biaya retribusi untuk para pengunjung. Karena memang wisata ini masih baru, masih alami dan belum banyak fasilitas yang tersedia. Para pengunjung hanya ditarik biaya parkir kendaraan. Parkir motor dikenai biaya sebesar Rp 5.000 setelah jumlah para pengunjung yang datang mengalami lonjakan yang signifikan.

Sekian penjelasan mengenai wisata baru di Mojokerto yang sedang viral ini. Semoga menjadi informasi yang berguna untuk kamu semua.

Baca Juga: Watu Jengger Mojokerto