11 Tempat Wisata di Bitung Sulawesi Utara Terpopuler 2020

Buat kamu yang berada di Sulawesi Utara, jika sedang membutuhkan referensi seputar tempat wisata, maka kota Bitung bisa menjadi destinasi pilihan yang menarik. Pasalnya, ada banyak tempat wisata di Bitung yang bagus-bagus dan menarik untuk dikunjungi.

Bitung terkenal memiliki tempat wisata alam yang sangat eksotis, misalnya seperti; Pantai Serena, Pantai Batu Angus, Pantai Baturiri, dan masih banyak lagi. Sayang bila suguhan alam yang bagus di Bitung ini dilewatkan begitu saja.

Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di Bitung yang sekiranya kamu minati. Pesona keindahan alam wisata Bitung benar-benar luar biasa. Tentu bisa dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable. Bila kamu sedang mencari daftar tempat wisata terfavorit di Bitung, maka akan kita share informasinya untuk kalian.

Daftar Tempat Wisata di Bitung Sulawesi Utara

Langsung saja simak informasi lengkapnya tentang obyek wisata bagus di kota Bitung berikut ini.

Pantai Serena

pantai selena
Foto dari @virustraveling

Pantai Serena merupakan sebuah pantai yang sebenarnya masih masuk kawasan Manado. Tetapi letaknya berada di dekat Bitung. Maka, wisata pantai ini bisa menjadi destinasi pilihan untuk liburan. Nikmati suasana pantai yang nyaman dengan panorama alam yang memanjakan mata. Pantai ini terkenal dengan ciri khas adanya perbukitan yang berlubang. Dan ini menjadi spot foto yang Instagramable bagi para pengunjung. Jika kamu penasaran, maka bisa diagendakan untuk berlibur di pantai keren ini.

Alamat: Jalan Maluku, Sea, Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara

Pantai Batu Angus

pantai batu angus
Foto dari @andreopa

Pantai Batu Agus merupakan salah satu pantai yang memiliki keunikan. Yaitu sebagian besar bebatuan di pantai ini berwarna hitam. Terlihat seperti batu arang ataupun kayu hitam yang habis dibakar. Hamparan bibir pantai yang berkombinasikan antara batu-batu hitam dengan butiran pasir yang lembut. Di sini kamu dapat menikmati panorama pantai Batu Angus yang sangat eksotis. Suasananya tenang dan pas banget untuk bersantai.

Alamat: Kasawari, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Selat Lembeh

selat lembeh
Foto dari @creezjoshua

Selat lembeh menjadi pemisah antara daratan Sulawesi dengan pulau Lembeh. Ini merupakan salah satu maskot wisata kota Bitung yang cukup populer dan selalu menjadi buruan wisatawan. Selat lembeh ini memiliki 88 titik selam yang pemandangan bawah lautnya benar-benar mempesona. Maka wajar bila kawasan bawah laut di sini menjadi pilihan favorit untuk diving. Pasti seru banget bisa menyelam menyaksikan panorama bawah laut yang berisi biota laut seperti; ikan besar, octopus, dan lain sebagainya.

Alamat: Selat Lembeh, Bitung, Provinsi Sulawesi Utara

Tugu Trikora Mandala Sakti

tugu trikora mandala sakti
Foto dari anastasye.com

Ini merupakan sebuah tugu bersejarah yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang para pejuang yang sudah dengan gigih melawan para penjajah Belanda. Kawasan ini merupakan tempat mendarat pertama pasukan TNI sebelum ke Papua. Tugu ini sangat ikonik, dan patut untuk kamu kunjungi bila ingin mengenang jasa pahlawan.

Alamat: Pulau Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara

Pantai Tanjung Merah

pantai tanjung merah
Foto dari wisatasia.com

Ada lagi pantai yang lokasinya cukup dekat dari kota Bitung, ialah Pantai Tanjung Merah. Pantai ini pemandangannya bagus sekali, dari kejauhan tampak bukit-bukit yang menawan. Para pengunjung yang datang di pantai ini bisa melihat lalu lalang kapal penumpang maupun kapal pengangkut barang. Pantai ini selalu menjadi tempat berlibur favorit bagi masyarakat setempat.

Alamat: Tanjung Merah, Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Gunung Dua Saudara

gunung dua saudara
Foto dari viva.co.id

Di Bitung juga ada gunung yang bernama Dua Sudara. Dari pucat kota Bitung hanta berjarak 12 Km. Ketinggian puncak gunung ini mencapai 1.351 Mdpl. Dari gunung ini kamu dapat menyaksikan lukisan alam yang sangat mengagumkan. Tampak panorama kota Bitung dari ketinggian, begitu mempesona.

Alamat: Kelurahan Kodoodan, Kecamatan Madidir, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Taman Nasional Tangkoko

taman nasional tangkoko
Foto dari ketahui.com

Bitung punya Taman Nasional Tangkoko yang ditetapkan sebagai hutan lindung sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Hutan di sini luasnya mencapai 8.745 hektar. Banyak jenis flora yang terdapat di Taman Nasional ini, mulai dari Bintangar, Gora Hutan, Nantu, Lengki, Bombangan dan lain-lain. Sedangkan jenis fauna di sini antara lain; Monyet Hitam, Kuskus, Anoa, Musang Sulawesi, Soa-soa, Tarsius, dan lain sebagainya.

Alamat: cagar alam di Kecamatan Bitung Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Pantai Batu Putih

pantai batu putih
Foto dari adventurebitung.wordpress.com

Di kawasan Taman Nasional Tangkokoterdapat sebuah pantai bernama Pantai Batu Putih. Hamparan bibir pantai ini tampak sangat eksotis. Berisi pasir yang berwarna putih agak kecoklatan. Dari pintu masuk Taman Nasional Tangkoko menuju lokasi memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki. Jika sudah tiba, maka kamu dapat menyaksikan panorama pantai yang sangat mempesona.

Alamat: Batu Putih Kecamatan Ranowulu, Bitung, Sulawesi Utara

Taman Margasatwa Tandurusa

taman margasatwa tandurusa
Foto dari yangrame.com

Di Bitung juga ada kebun binatang mini yang patut untuk dikunjungi. Lokasi Taman Margasatwa Tandurusa ini tak jauh dari Selat Lembeh. Kamu bisa mengetahui banyak jenis binatang di sini, mulai dari; Babirusa, Beruang, Kuskus, Anoa, Rangkong Sulawesi, Elang Laut, Kera Hitam, Kakatua Hitam, Ular Phyton berukuran raksasa, dan lain sebagainya.

Alamat: Tandurusa, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Hutan Mangrove Lirang

hutan mangrove lirang
Foto dari @explore.bitung

Pasti asyik banget menikmati liburan di wisata hutan Mangrove. Di Bitung terdapat Hutan Mangrove Lirang yang cukup populer. Di kawasan hutan ini kamu dapat menjelajah dengan menggunakan perahu sambil menyaksikan pohon bakau yang rindang. Untuk menjangkau kawasan ini memang harus menggunakan perahu loh. Dari Pelabuhan Pateten menuju ke Pelabuhan Papusungan yang menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Selanjutnya lewat jalur darat dengan naik Pick uP hingga tiba di Lembeh Utara. Di kawasan inilah letak wisata Hutan Mangrove Lirang.

Alamat: Lirang, Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Pasar Tua Bitung

pasar tua bitung
Foto dari indonesiablitz.com

Kota Bitung terkenal menghasilkan ikan yang melimpah. Nah, di Bitung terdapat sebuah pasar yang populer, yang disebut dengan Pasar Tua Bitung. Di sini kamu dapat membeli aneka jenis ikan untuk diolah di rumah. Atau bisa juga menikmati kuliner yang berbahan dasar ikan dengan citarasa yang sangat nikmat tentunya

Alamat: Bitung Timur, Maesa, Kota Bitung, Sulawesi Utara

Demikianlah ulasan mengenai tempat-tempat wisata di Bitung yang semoga dapat menjadi referensi terbauk untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Terima kasih sudah menyediakan waktunya untuk membaca tulisan kami.

Baca Juga: Tempat Wisata di Tomohon Sulawesi Utara