tempat wisata di turen malang
Foto dari: @ibeth_ibath

6 Tempat Wisata di Turen Malang yang Patut untuk Dikunjungi

Malang memang sejak dulu terkenal memiliki banyak tempat wisata favorit. Semua jenis wisata bisa ditemukan di Malang, mulai dari wisata kategori pantai hingga waterpark. Maka tak heran bila Malang selalu menjadi tujuan berlibur bagi wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang datang dari luar kota Malang untuk menghabiskan masa liburan di Malang.

Malang punya banyak kecamatan loh. Setiap kecamatan memiliki tempat wisata masing-masing sesuai dengan potensi wisata dan daya tarik. Nah, salah satu kecamatan di Malang yang punya beberapa tempat wisata cakep ialah kecamatan Turen. Turen letaknya berada di Malang bagian timur. Jadi, dari kota Malang mengarah ke selatan terlebih dahulu kemudian melewati Bululawang.

Buat kamu yang berada di Malang, bisa mengunjungi Turen yang punya beberapa tempat wisata populer, diantaranya seperti; Masjid Tiban, Boon Pring Waduk Andeman, dan Wisata Pemandian Sumber Alam. Kamu bisa memilih salah satu tempat wisata di Turen tersebut, atau bisa juga mengunjungi semuanya.

Daftar Tempat Wisata di Turen Malang Terfavorit

Silahkan simak informasi detailnya mengenai tempat-tempat wisata di sekitar Turen Malang Jawa Timur di bawah ini.

1. Masjid Tiban

masjid tiban
Foto dari: @iam_ianrush

Masjid Tiban sempat menjadi sorotan masyarakat luas berkat keunikan dan mitos yang terkait dengan masjid ini. Ialah sebuah masjid megah yang gaya arsitekturnya sangat bagus, unik dan menarik. Jarang ada masjid unik seperti ini di Indonesia. Oleh karena itu wajar bila masjid Tiban ini menjadi buruan banyak orang. Tak hanya masyarakat Malang yang mengunjunginya, banyak pula wisatawan dari luar kota Malang. Serta adanya motos yang berkaitan erat dengan dibangunnya masjid megah ini. Mitosnya, masjid ini dibangun dalam waktu singkat oleh jin. Wow banget kan? Mitos ini muncul karena pembangunan masjid Tiban tidak melibatkan warga setempat. Karena masjid ini juga merupakan sebuah pondok pesantren, dan pembangunan ini dibangun oleh para santri. Dan masyarakat setempat sebenarnya menyadari adanya pembangunan, tetapi yang tidak disadari ialah proses pembangunannya yang begitu cepat, dan tiba-tiba sudah jadi masjid megah 10 tingkat. Luar biasa sekali kan? Silahkan dikunjungi jika kamu tertarik dengan masjid unik di kawasan Turen ini.

Alamat: Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang

2. Boon Pring Andeman

boon pring andeman
Foto dari: @fanilasaricatur

Di Turen ada tempat wisata yang sebenarnya cukup sederhana, namun menawarkan sensasi yang luar biasa, sangat alami dengan nuansa perdesaan. Boon Pring ialah namanya. Sebuah tempat wisata di waduk Andeman. Waduk Andeman ini berisi air alami, serta di sekitarnya terdapat banyak pohon bambu. Sehingga orang-orang juga menyebutnya “Taman Bambu”. Kondisi alamnya asri banget sob, rindang dan enak dipandang. Para pengunjung yang datang di wisata ini pasti merasakan sensasi alami yang sangat nyaman. Ini wajar, Malang memang terkenal sejuk, apalagi area waduk Andeman ini banyak pohon bambu yang rindang, sehingga menambah asri suasananya.Di wisata ini tersedia juga wahana permainan seru, yaitu flying fox. Nikmati sensasi serunya permainan ini. Selain itu, berburu foto juga merupakan aktifitas favorit di wisata ini. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Boon Pring Andeman, maka bisa diagendakan mulai dari sekarang.

Alamat: Sanankerto, Turen, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Turen, Malang

3. Wisata Pemandian Sumber Alam

wisata pemandian sumber alam
Foto dari: Mario Andita

Turen punya wisata pemandian yang airnya jernih dan alami yang merupakan air sumber. Tersedia 3 kolam renang di wisata ini, antara lain; kolam renang untuk orang dewasa, untuk para remaja, dan untuk anak-anak. Maka cocok sekali bila liburan bersama keluarga dengan menikmati segarnya air di Wisata Pemandian Sumber Alam ini. Wisata pemandian ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang komplit, antara lain; tempat parkir, kamar bilas (kamar mandi) toilet, gazebo, warung makan, taman, dan lain-lain.

Alamat: Sanankerto, Turen, Dusun Kp. Anyar, Sanankerto, Turen, Malang

4. Pasar Turen

pasar turen
Foto dari: tempatwisatabackpackerindonesia.blogspot.com

Liburan di Turen belum lengkap kalau belum mengunjungi Pasar Turen. Di pasar ini kamu bisa membeli oleh-oleh. Tersedia aneka barang yang bisa kamu beli di psara ini, misalnya seperti; pakaian, perabotan, dan mainan anak. Adapun hidangan kuliner yang bisa kamu nikmati misalnya seperti; bakso, gado-gado, soto, tahu campur Lamongan, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Panglima Sudirman No. 69 a, Turen, Kec. Turen, Malang

5. Hutan Pinus Semeru

hutan pinus semeru
Foto dari @muhammadrifky95

Hutan Pinus Semeru merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan sensasi alami dengan suasana yang tenang di kawasan hutan pinus. Wisata ini sebenarnya berlokasi di kecamatan Wajak, hanya saja letaknya tak jauh dari Turen. Hutan Pinus Semeru ini asri banget dan nyaman sebagai tempat refreshing. Di wisata ini paling banyak terdapat spot foto selfie, misalnya seperti; spot payung warna-warni, properti tulisan-tulisan, dan hammock. Menariknya lagi, terdapat wahana permainan seru Flying Fox. Silahkan dikunjungi bila kamu penasaran dan tertarik dengan wisata hutan pinus ini.

Alamat: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang

6. Kampung Enam

kampung enam
Foto dari: tempatasik.com

Sama seperti wsata Hutan Pinus Semeru, wisata Kampung Enam ini juga berlokasi di Wajak. Lokasinya juga tak jauh dari Turen. Ini merupakan wisata taman bunga yang didesain sangat cantik. Yang bikin wisata Kampung Enam ini semakin menarik karena dilengkapi juga dengan rumah pohon. Ini menjadi spot foto yang bagus sekaligus sebagai spot untuk memandangi panorama sekitar yang indah. Konsep wisatanya cukup sederhana, tidak ada salahnya untuk dikunjungi. Pada awal hadirnya wisata baru ini memang ngehits banget dan menjadi buruan banyak orang.

Alamat: Area Hutan, Patokpicis, Wajak, Malang

Itulah beberapa tempat wisata di Turen Kabupaten Malang Jawa Timur yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai destinasi liburan. Jika kamu sudah lama berada di Malang, tentu bukan hal sulit untuk menjangkau lokasi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kepanjen Malang