kampung etnik kebumen
instagram.com/fbektibudi_

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kampung Etnik Kebumen

Kampung Etnik Kebumen merupakan salah satu tempat wisata yang bernuansa tradisional Jawa yang belakangan ini cukup hits di kalangan masyarakat di Kebumen dan sekitarnya. Ini merupakan destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Para pengunjung yang datang ke wisata ini akan disambut dengan aneka bangunan bungalow yang bernuansa etnik. Bangunan-bangunan ini cukup menjadi perhatian karena keunikannya. Para pengunjung menjadikannya sebagai spot foto selfie yang keren dan instagenic.

Obyek wisata ini meski baru tetapi animo para pengunjung yang mendatanginya cukup banyak, terutama ketika hari libur. Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini, terutama yaitu menikmati aneka wahana asyik yang tersedia, misalnya seperti; kolam renang, naik sepeda air, melihat akena jenis ikan di Lumbuk Iwak (sejenis Aquarium). Cukup menarik bukan?

Sebenarnya konsep utama tempat wisata ini ialah sebuah penginapan yang disewakan untuk para pengunjung. Tetapi pihak pengelola sangat kreatif, sehingga mampu menjadikan tempat ini tampil lebih menarik dengan disertai berbagai wahana yang asyik. Sehingga hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat maupun wisatawan dari luar daerah.

asyiknya liburan di kampung etnik kebumen
instagram.com/dwicandran

Bungalow-bungalow dengan arsitektur yang unik di sini cukup identik dan menjadi ciri khas. Nuansanya kental banget dengan etnik Jawa. Di sini juga tersedia rental pakaian adat Jawa, pastinya keren banget bisa berfoto dengan memakainya. Aktifitas foto dengan mengenakan pakaian adat Jawa semakin asyik karena didukung dengan sejumlah properti seperti; dokar, motor kuno, sepeda onthel, serta ornamen-ornamen dinding yang identik dengan budaya Jawa.

Kampoeng Etnik ini menjadi wisata alternatif bagi masyarakat di Kebumen dan sekitarnya. Wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi. Dan menurut pemilik Kampung Etnik, yaitu Bapak HK Prihartono; “Kampoeng Etnik Kebumen ini menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Keberadaannya bisa menjadi edukasi bagi wisatawan yang datang berkunjung”. Pihak pengelola akan terus berupaya untuk mengembangkan tempat wisata ini supaya lebih baik lagi supaya bisa lebih memusakan para pengunjung.

Para pengunjung yang datang di wisata ini pasti mendapatkan pengalaman menarik, baik edukasi maupun hiburan. Pengunjung dapat mesarakan suasana yang mungkin belum pernah dijumpai sebelumnya.

Wahana Kampung Etnik Kebumen

Tersedia aneka wahana menarik lain yang patut kamu ketahui dan bisa dinikmati keseruannya di wisata ini. Berikut informasinya;

1. Bungalow

bungalow kampung etnik kebumen
instagram.com/rahmaazizah07

Bungalow menjadi suguhan utama di Kampoeng Etnik ini. Desain arsitekturnya sangat unik dan tampak elegan. Selain menjadi pilihan untuk menginap bagi para pengunjung, juga dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

2. Lumbuk Iwak (Aquarium)

lumbuk iwak kampung etnik kebumen
instagram.com/kusmiatievi12

Lumbung Iawak merupakan sebuah wahana Aquarium yang bisa kamu nikmati keindahannya. Terdapat banyak Aquarium yang berisi ikan-ikan air tawar dan ikan laut. Wahana Aquarium ini bisa dibilang Sea World versi mini. Wahana ini tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga bagus sebagai wahana edukasi untuk anak-anak.

3. Kolam Renang

kolam renang kampung etnik kebumen
instagram.com/prassetyo.wicaksono

Terdapat wahana air yang asyik untuk dinikmati para pengunjung. Tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak. Pasti sensasinya seru banget bermain air di sini, apalagi ketika cuaca sedang panas.

4. Sepeda Air

sepeda air kampung etnik kebumen
instagram.com/dwiariffirmansyah_

Di area danau mini tersedia wahana permainan berupa naik sepeda air. Tersedia beragam bentuk sepeda air yang imut-imut, anak-anak pasti menyukai wahana ini. Naik sepeda air mengitari danau pasti menyenangkan sekali.

5. Naik Perahu

naik perahu kampung etnik kebumen
instagram.com/miftahul_arifin4227

Selain sepeda air, tersedia juga perahu sampan. Wahana ini menawarkan keseruan naik perahu dengan mendayung sendiri. Tentu menjadi pengalaman menarik buat kamu yang belum pernah naik perahu sampan ini.

6. Kolam Pemancingan

Ini tentu menjadi kabar gembira buat kamu yang hobi memancing ikan. Pasti asyik menghabiskan masa liburan di wisata ini dengan memancing ikan. Kamu bisa naik perahu sambil memancing ikan, seperti foto di atas.

7. Omah Manuk

omah manuk kampung etnik kebumen
instagram.com/desia.lia

Wisata ini semakin lengkap dengan adanya wahana pemeliharaan burung yang diberi nama Omah Manuk. Adanya Omah Manuk ini menjadi pemandangan dengan kesan berbeda. Kicauan burung-burung terdengar merdu dan menjadikan kesan alami dan menjadi lebih harmoni.

8. Flying Fox

Butuh permainan yang dapat memicu adrenalin? ini dia permainan seru bernama Flying Fox. Flying Fox biasanya merupakan bagian dari wahana outbond. Nikmati sensasi serunya permainan satu ini di Kampoeng Etnik.

9. Sky Bike

sky bike kampung etnik kebumen
instagram.com/musa93422

Selain Flying Fox, ada lagi nih wahana permainan yang asyik dan seru, namanya adalah Sky Bike atau disebut juga sepeda gantung. Selain sensasinya seru saat mencoba permainan ini, juga pastinya keren banget untuk berfoto.

10. Sewa Baju Adat

sewa baju adat kampung etnik kebumen
instagram.com/maskurohs

Aktifitas swafoto di Kampeng Etnik semakin menarik dengan adanya rental baju adat. Tersedia baju adat Jawa yang bisa kamu sewa. Harga sewa baju adat sangat murah loh, cuma Rp 5.000 lengkap dengan blangkon untuk pria.

Fasilitas Umum

Selain aneka wahana favorit bisa kamu nikmat, wisata ini juga didukung dengan fasilitas yang komplit. Berikut daftarnya;

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi / toilet
  • Masjid
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Gedung serba guna
  • Musik Jawa
  • Warung makan
  • Dan lain-lain

Lokasi Kampung Etnik Kebumen

Untuk menemukan lokasi wisata ini cukup mudah, karena berada di kawasan tengah kota yang dekat dengan Alun-alun Kebumen. Dari Alun-alun berjarak 500 meter atau waktu tempuh sekitar 5 menit saja. Informasi detail alamat bisa kamu lihat di bawah ini.

Alamat: Dukuh Legok RT 01 RW 06, Legok Lor, Pejagoan, Kec. Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54361.

Jam Buka

Jam operasional penginapan sekaligus tempat wisata ini ialah 24 jam.

Harga Tiket Masuk Kampung Etnik Kebumen

Harga tiket masuk wisata ini sistemnya per paket. Tersedia 3 jenis paket yang bisa kamu pilih, antara lain;

  • Paket 1 Rp 10.000
  • Paket 2 Rp 15.000
  • Paket 3 Rp 20.000

Paket 3 seharga Rp 20.000 paling diminati, karena sudah termasuk biaya sewa pakaian adat Jawa. Selain membayar biaya masuk, kamu juga harus membayar biaya parkir kendaraan seharga Rp 2.000.

Harga Sewa Bungalow

Di sini tersedia beberapa Bungalow yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Tarif / harga sewa sangat terjangkau, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 300.000 per malam.

Nomor Telepon

Apabila ada informasi yang kurang jelas dan ada yang perlu ditanyakan, maka bisa menghubungi pihak terkait melalui telepon di nomor 0811-1174-450.

Demikian ulasan tentang Kampoeng Etnik Kebumen yang kini menjadi tempat liburan favorit di Jawa Tengah. Silahkan dikunjungi jika kamu merasa tertarik. Jangan lupa mengajak keluarga untuk liburan bersama-sama di wisata ini, supaya liburanmu lebih menyenangkan dan berkesan.

Baca Juga: Curug Silancur Kebumen