tempat wisata di kepanjen malang
instagram.com/dhevitayeyen

14 Tempat Wisata di Kepanjen Malang dan Sekitarnya Terbaru 2020

Tempat wisata di Kepanjen mungkin sedang kamu cari saat ini? terutama buat kamu yang kini sedang berada di Malang dan sekitarnya. Jika melihat selama ini kepopuleran Malang di bidang Pariwisata tidak diragukan lagi, maka di berbagai kecamatan di Malang pastinya punya berbagai tempat wisata yang menarik dan patut untuk kunjungi. Kepanjen adalah salah satunya.

Tempat wisata di Malang tidak hanya berupa wisata alam seperti air terjun dan pantai yang populer di kalangan wisatawan, melainkan juga wisata pemandian ataupun waterpark, wisata pemandian air sumber, hingga wisata sejarah seperti Candi-candi dan Museum bisa kamu temukan di Malang. Nah, di Kepanjen kamu dapat menemukan beberapa tempat wisata yang menawarkan keseruan.

Kepanjen selama ini dikenal sebagai kawasan Kabupaten Malang. Salah satu tempat yang paling populer di Kepanjen ialah stadiun Kanjuruan sebagai stadion utama klub besar Arema. Perlu kamu ketahui, stadion ini juga menjadi tempat berlibur favorit bagi masyarakat di Kepanjen dan sekitarnya loh. Mau tahu informasi detailnya seputar tempat wisata yang patut dikunjungi di Kepanjen?

Daftar Tempat Wisata di Kepanjen yang Menarik

Yuk simak informasi berikut seputar daftar tempat wisata bagus di Kepanjen yang menarik untuk dikunjungi.

1. Sumber Maron

sumber maron
instagram.com/shafran_nial

Sumber Maron merupakan salah satu obyek wisata yang sangat populer di Malang. Berlokasi di Kepanjen, tak terlalu jauh dari Stadion Kanjuruan Arema. Wisata ini selalu ramai pengunjung, terutama ketika hari libur pengunjungnya sangat banyak yang datang. Obyek wisata ini menawarkan sensasi seru bermain air. Airnya merupakan sumber alami yang tentunya sangat jernih dan menyegarkan. Terdapat meni air terjun yang mengalir dan menjadi pemandangan yang bagus. Serta terdapat fasilitas sewa ban pelampung buat para pengunjung yang ingin menikmati serunya mengambang di sumber Maron ini.

Alamat: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174

2. Stadion Kanjuruan

stadion kanjuruan
instagram.com/dave_arnt

Mungkin buat kamu yang belum tahu, stadion Kanjuruan ini tidak hanya sebagai arena pertandingan bola untuk Arema. Stadion ini dibangun di lahan yang sangat luas, dimanat terdapat lapangan dan halaman lain di sekitar stadion. Dimana tak jarang pemerintah kabupaten maupun yang lainnya mengadakan even perlombaan di area sekitar stadion ini. Menariknya lagi, di sekiar stadion terdapat banyak sekali pohon-pohon besar, dimana kamu dapat merasakan suasana yang nyaman berada di bawahnya. Stadion ini sering kali menjadi tempat singgah bagi para pengendara, tentunya sangat nyaman berada di sini.

Alamat: Jl. Krajan Raya, Krajan, Kedungpedaringan, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

3. Warung Nayamul

warung nayamul
instagram.com/warung.nayamul

Di sebelah timur Stadion Kanjuruan terdapat sebuah restoran yang bernama “Warung Nayamul”. Kata “Nayamul” merupakan bahasa kebalikan dari kata “Lumayan”. Baru nyadar kan? Kamu yang berkunjung di stadion Kanjuruan maupun sekedar melewatinya, maka bisa mencoba mampir berwisata kuliner di restoran ini. Panorama alami berupa hamparan persawahan bisa kamu lihat dari warung ini sob. Bersantai menikmati menu kuliner yang nikmat sambil memandangi panorama alam sekitar tentu sangat nyaman sekali.

Alamat: Jl. Trunojoyo No.8, Krajan, Kedungpedaringan, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

4. Bakso Duro

bakso duro
instagram.com/tantriseating

SelainWarung Nayamul, di dekat stadion Kanjuruan, tepatnya di sebelah barat ada tempat wisata kuliner yang cukup populer di Kepanjen, yaitu Bakso Duro. Di Malang belum lengkap kalau belum menikmati kuliner bakso. Nah, Bakso Duro ini merupakan kedai bakso yang bisa kamu kunjungi sob. Bila perut sudah keroncongan, Bakso Duro bisa menjadi pilihan. Kedai bakso ini memiliki halaman yang luas untuk parkir kendaran. Bila kamu membawa mobil, maka bisa dengan mudah parkir.

Alamat: Jl. Trunojoyo No.61, Krajan, Kedungpedaringan, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

5. Milkindo Green Farm

milkindo green farm
instagram.com/amy_pramada

Milkindo Green Farm merupakan sebuah tempat wisata edukasi bagi para pengunjung. Banyak hal yang bisa dipelajari di wisata ini, mulai dari mempelajari cara memeras susu sapi hingga bermain bersama kelinci-kelinci yang imut. Tersedia taman kelinci yang hijau dan berisi banyak kelinci. Kamu bisa memberi makan dan berswafoto bersama kelinci-kelinci di sini sob. Tempat wisata ini cocok sebagai tempat berlibur untuk anak-anak. Tak jarang anak-anak sekolah, terutama anak-anak TK yang diajak gurunya mengunjungi tempat wisata ini.

Alamat: Ngempit, Tegalsari, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

6. Pemandian Metro

pemandian metro
instagram.com/madfanzi

Kepanjen juga punya tempat pemandian berupa kolam renang. Namanya ialah Pemandian Metro. Kolam renang di sini cukup luas, serta memiliki suasana yang asri karena terdapat banyak pohon-pohon hijau yang rindang di sekitarnya. Buat kamu yang hobi berenang, maka bisa mengunjungi tempat wisata satu ini.

Alamat: Jl. Kawi, Sukun, Kepanjen, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

7. TPA Wisata Edukasi Talangagung

tpa wisata edukasi talangagung
cendananews.com

Ada lagi tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Yaitu bernama TPA Wisata Edukasi Talangagung. Meskipun merupakan tempat pembuangan akhir yang berisi banyak sampah, tetapi terkesan tidak kumuh. Di wisata ini pengunjung dapat belajar mengolah sampah dengan baik. TPA ini menjadi wadah yang memanfaatkan sampah sebagai alternatif biogas, composing, pembuatan pupuk organik plus, hingga penangkapan gas methane yang bisa dijadikan sebagai energi listrik.

Alamat: Rekesan, Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

8. Wisata Kampung Jeruk

wisata kampung jeruk
jatimtimes.com

Wisata Kampung Jeruk menjadi destinasi liburan yang cukup menarik. Di wisata ini kamu dapat melakukan aktifitas petik jeruk ketika sudah musim berbuah. Meskipun tidak musim berbuah, tempat wisata ini tetap buka loh. Karena tersedia fasilitas kolam pemancingan ikan. Bila kamu suka memancing, maka patut mencobanya di sini.

Alamat: Jl. Diponegoro No.126, Sanggrahan, Mangunrejo, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

9. Taman Puspa

taman puspa
instagram.com/yustinfitrianingtias

Taman Pusa menawarkan pemandangan taman hijau yang asri dan enak dipandang. Taman ini menjadi tempat favorit bagi masyarakat setempat untuk bersantai dan jalan-jalan. Suasananya asri karena terdapat banyak tanaman hijau yang rindang. Lokasi taman ini berada di kawasan Jalibar Kepanjen. Jadi tak sulit untuk menemukannya.

Alamat: Ngadilangkung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65164

10. Pasar Besar Kepanjen

pasar besar kepanjen
malangpostonline.com

Mengunjungi Kepanjen belum lengkap kalau belum mampir di Pasar Besar Kepanjen. Kamu bisa membeli oleh-oleh di pasar ini sob. Tersedia aneka barang yang lengkap di sini, mulai dari pakaian, alat-alat dan elektronik, buah dan asyuran. Harga barang di sini terkenal murah, apalagi pasar ini juga merupakan pusat perekonomian masyarakat di Kepanjen. Oleh karena itu setiap harinya pasar ini selalu ramai pedagang dan pembeli.

Alamat: Jl. Banurejo No.3, Kepanjen, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur 65163

11. Pemandian Sumber Taman

pemandian sumber taman
ngalam.co

Pemandian Sumber Taman ini lokasinya bukan di Kepanjen tetapi dekat dengan wisata Sumber Maron Kepanjen. Di wisata ini kamu menikmati sensasi segarnya air sumber alam yang sangat jernih dan menyegarkan. Suasananya asri banget sob, apalagi terdapat banyak pohon-pohon besar di sekitar sumber air. Konon katanya pohon-pohon besar di sini usianya sudah ratusan tahun. Berada di sini rasanya teduh banget. Pastinya pas banget sebagai tempat refreshing bersama keluarga.

Alamat: Desa Karangsuko, Pagelaran, Sidomakmur, Brongkal, Kec. Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174

12. Wisata Rowo Klampok

wisata rowo klampok
instagram.com/henyhenoy22

Dari Kepanjen kemudian menuju ke Sumber Pucung, terdapat sebuah tempat wisata yang sempat viral dengan suguhan Cafe Apung nya. Tempat wisata itu bernama Wisata Rowo Klampok. Ini adalah sebuah wisata di kawasna sungai rawa kawasan Senggreng, Sumber Pucung. Sungai atau rawa ini menjadi panorama utama yang bisa dinikmati para pengunjung. Terdapat sebuah Cafe Apung yang favorit untuk nongkrong dan berswafoto bagi para pengunjung. Untuk dapat menjangkau Cafe Apung tersebut, pengunjung bisa menyeberang dengan getek atau sebuah perahu yang muat untuk beberapa orang. Menariknya lagi, tersedia wahana air yang sangat seru untuk dinikmati, misalnya seperti; motor air, flamingo, bebek pancal, dan lain-lain. Kamu juga boleh kok berenang di sungai, pasti sensasinya sangat menyegarkan dan seru banget.

Alamat: Krajan Senggreng, Senggreng, Kec. Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur 65165

13. Taman Jurang Toleh

taman jurang toleh
instagram.com/lisstwt

Dari Wisata Rowo Klampok mengarah ke selatan ada wisata Jurang Toleh. Wisata ini juga masih berada di kawasan Sumber Pucung. Wisata Jurang Toleh ini menawarkan keindahan sebuah danau. Tersedia spot foto berupa dek ataupun panggung yang terbuat dari kayu diangun di atas danau tersebut. Selain itu, kamu juga menyewa perahu untuk bisa mengitari kawasan danau. Pasti asyik banget kan?

Alamat: Jatimulyo, Jatiguwi, Kec. Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur 65165

14. Sumber Sira

sumber sira
instagram.com/indyrachmaf

Sumber Sira juga bukanlah wisata yang berlokasi di Kepanjen. Tetapi berada di Kecamatan Gondanglegi. Lokasinya yang tak terlalu jauh dari Kepanjen tentu bisa menjadi referensi tambahan buatmu untuk menghabiskan masa liburan. Sumber Sira merupakan kolam yang berisi sumber air alami yang sangat jernih. Bahkan saking jernihnya tak sedikit pengunjung yang melakukan aktifitas swafoto di dalam air. Sumber air ini berisi ikan-ikan dan tumbuhan air yang bagus dipandang. Sumber Sira sudah cukup populer sebagai salah satu tempat wisata di Malang. Tentunya patut untuk kamu kunjungi sob.

Alamat: Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Malang, Jawa Timur 65174

Demikianlah informasi seputar daftar tempat wisata di Kepanjen dan sekitarnya. Semoga bisa menjadi referensi yang bagus untuk liburanmu sob.