terasering panyaweuyan majalengka

Alamat, Tiket Masuk dan Jalan Menuju Terasering Panyaweuyan Majalengka

Terasering Panyaweuyan Majalengka kini menjadi destinasi liburan yang menarik bagi wisatawan di Jawa Barat dan sekitarnya. Wisata alam ini menawarkan keindahan perbukitan terasering yang hijau, terlihat sangat memukau dan memanjakan mata.

Wisata alam Panyaweuyan Majalengka ini menarik untuk dikunjungi, sebab suguhan alamnya tidak hanya enak dipandang, tetapi juga suasananya asri dan nyaman. Sehingga berada di tempat ini terasa asik banget, bikin betah berlama-lama berada di sini.

Wisata alam ini juga dikenal dengan nama Lembah Panyaweuyan, karena selain berupa perbukitan juga berupa lembah-lembah. Tempat ini kini menjadi tempat berlibur favorit bagi masyarakat di Majalengka, khususnya di Argapura. Apalagi setelah namanya viral di media sosial, maka semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mendatangi wisata alam yang cantik ini.

panorama terasering panyaweuyan majalengka
instagram.com/ahdi_h369

Suhu udara di kawasan ini jangan ditanya, sudah pasti sangat sejuk. Karena letaknya di dataran tinggi yang identik dengan hawa sejuk dan asri. Bahkan karena keindahan alamnya ini, bukit di Panyaweuyan ini juga disebut sebagai bukit bintangnya Majalengka. Jadi tidak hanya Jogja dan Bandung saja yang memiliki wisata bukit bintang, Majalengka juga memiliki tempat dengan keindahan yang luar biasa.

Berada di tempat wisata ini, kamu dapat menyaksikan keindahan gunung Ciremai yang mempesona. Ketinggian wisata Terasering Panyaweuyan sendiri mencapai 2000 Mdpl, jadi bisa dibayangkan betapa sejuknya udara di sini. Belum lagi didukung dengan banyaknya pepohonan beserta tanaman hijau yang memenuhi tempat ini, maka menambah kesan asri dan alami.

Kawasan bukit di Panyaweuyan ini sebagian besar ditanami bawang merah. Panoramanya hijau berpadu dengan birunya langit tampak sangat mengagumkan. Berada di tempat ini tentu aktivitas yang paling asik adalah bersantai dan berburu foto, bisa juga jalan-jalan dan bersepeda. Panorama alamnya yang indah berupa bukit terasering atau berundak yang berwarna hijau menjadi latar belakang yang cantik untuk swafoto.

hunting foto di terasering panyaweuyan majalengka
instagram.com/indoflashlightjabar

Perbukitan dengan terasering ini bagi sebagian besar orang mungkin merupakan pemandangan yang indah, terutama bagi orang yang tinggal di perkotaan maupun di dataran rendah. Dimana kawasan berdataran rendah biasanya tidak ada terasering. Maka tak heran bila banyak wisatawan dari luar daerah yang berdatangi ke tempat ini. Apalagi setelah viral di media sosial, maka peminatnya semakin banyak dan meluas hingga berbagai daerah di Indonesia. Karena bukan hal sulit bagi para traveler sejati untuk mengunjungi setiap sudut tempat di Indonesia, bahkan di pelosok sekalipun.

Buat kamu para pecinta fotografi, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk hunting foto. Banyak angle foto yang cakep, bahkan setiap spot bisa menjadi angle yang cakep. Sebab, semua pemandangan alam di wisata ini sangat indah. Kamu juga bisa membawa drone untuk digunakan merekam keindahan dari atas (ketinggian). Jika dilihat fotonya dari hasil rekam menggunakan drone, tampak secara keseluruhan hamparan perbukitan dan lembah di kawasan ini berwarna hijau mneyegarkan.

Sebenarnya kawasan Terasering Panyaweuyan ini sudah ada sejak lama, hanya saja belakangan ini namanya melambung di media sosial dan wisatawan di Jawa Barat. Sehingga menjadi daya tarik bagi mereka untuk datang, dan setiap harinya selalu didatangi wisatawan. Puncaknya pada hari libur, tempat wisata ini sangat banyak pengunjungnya.

suasana liburan di terasering panyaweuyan majalengka
instagram.com/sarahagustina24

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini masih belum komplit, untuk parkir kendaraan masih seadanya, sedangkan toilet dan warung bisa kamu jumpai di pemukiman penduduk sekitar. Karena memang tempat ini masih butuh pengembangan bila memang digunakan sebagai tempat wisata.

Untuk datang ke tempat wisata ini, waktu yang tepat bisa pagi dan sore hari. Kalau siang hari terik matahari cukup panas, dan untuk fotografi cuacanya terlalu terang dan silau. Ketika sore, sunsite menjadi bagian yang cukup istimewa, sebab pemandangan menjadi lebih eksotis serta suasana menjadi lebih romantis. Maka tak heran bila banyak yang menunggu momen sunsite di Terasering Panyaweuyan di Majalengka ini.

Fasilitas Terbaru: Spot Foto Panggung (Gardu Pandang) Instagramable

Telah dibangun sebuah spot foto di atas bukit berupa panggung kayu ataupun yang dikenal dengan istilah gardu pandang. Ini sebagai spot foto sekaligus sebagai spot untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam bukit dan lembah terasering yang indah.

spot foto terasering panyaweuyan majalengka
instagram.com/teraseringpanyaweuyanargapura

Dengan hadirnya spot ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Dengan adanya spot ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penggiat foto selfie. Sebab, aktivitas swafoto di spot ini sangat favorit. Hasilnya pasti keren banget berfoto di sini.

Selain spot gardu pandang tersebut, juga sudah dibangun anak tangga menuju bukit. Berada di spot tangga ini juga bagus dan dapat memandangi indahnya pemandangan alam.

Alamat dan Jalan Menuju Terasering Panyaweuyan Majalengka

Alamat Terasering Panyaweuyan Majalengka: Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari pusat Majalengka berjarak 23 Km. Kamu harus berhati-hati saat perjalanan ke lokasi, sebab akses jalannya sulit, banyak berupa tanjakan dan kelokan.

Jalan Menuju Terasering Panyaweuyan: Dari Cirebon bisa melewati Bundaran Cigasong – Terminal Maja. Selanjutnya ikuti arah menuju ke Argapura. Bila tiba di pertigaan Sudasari-Sukasari, selanjutnya belok ke kanan menuju Teja Permana. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Terasering Panyaweuyan.

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket Masuk Terasering Panyaweuyan Majalengka

HTM atau harga tiket masuk wisata ini murah sekali, yaitu cuma Rp 5.000. Selain itu, ada biaya parkir kendaraan. Untuk parkir motor cuma Rp 2.000, sedangkan untuk mobil cuma Rp 5.000.

Demikian pembahasan seputar Terasering Panyaweuyan yang kini menjadi destinasi wisata hits di Majalengka. Jika kamu tertarik, bisa datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, bisa motor maupun mobil. Khusus untuk kamu yang naik mobil, disarankan fokus dan berhati-hati, utamakan sopir yang benar-benar piawai, sebab akses jalan ke lokasi cukup menantang.

Baca Juga: