pantai banyu meneng malang
@dimasrakaherlambang

Pantai Banyu Meneng Malang

Pantai Banyu Meneng Malang merupakan salah satu obyek wisata alam yang kini menjadi buruan wisatawan. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis, dan terkesan sangat alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan/ Berbeda halnya dengan pantai di Malang lainnya semisal Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru dan yang lainnya, dimana sudah terlalu familiar di kalangan masyarakat.

Meski tak sepopuler beberapa pantai tersebut, Pantai Banyu Meneng semakin lama semakin dikenal banyak orang setelah foto-fotonya banyak diunggah di media sosial. Keindahan pantainya menjadi daya tarik bagi netizen yang hobi berwisata. Kebersihan lingkungan pantai juga terjaga, tampak enak dipandang. Maka tak heran bila pantai ini digadang-gadang nantinya menjadi salah satu pantai terpopuler di Malang. Tentu seiring dengan berjalannya waktu dengan perbaikan akses jalan menuju ke lokasi, karena saat ini akses jalan masih belum begitu bagus.

Pantai ini airnya tenang, suasananya juga hening. Sesuai dengan namanya ada kata “Meneng” yang berarti “Diam/Tenang”. Ombak di pantai ini tidak sebesar pantai lainnya dikarenakan terhalang oleh batu karang yang besar. Sehingga menjadikan air pantai tampak tenang dan bisa dinikmati segala usia. Tentu buat anak-anak juga bisa, karena tidak terlalu berbahaya.

panorama pantai banyu meneng malang
@nuruban_13

Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, dan di sekelilingnya terdapat banyak hutan bakau yang rindang. Panorama pantai ini yang membuat nyaman memandang, juga panorama laut biru berpadu dengan birunya langit tampak sangat mempesona. Tepi pantai terdapat pasir putih yang lembut sehingga nyaman digunakan untuk jalan-jalan, lari-larian dan bermain pasir buat anak-anak.

Aktivitas swafoto di pantai ini juga sangat asik, selalin panorama pantai yang sangat indah menjadi objek utama maupun sebagai latar belakang untuk foto selfie, juga panorama ketika sunrise maupun sunset juga menjadi kombinasi panorama alam yang mengagumkan. Maka bagus sekali bila pantai ini sebagai tempat untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan fotografi.

swafoto di pantai banyu meneng malang
@richaeu

Fasilitas yang Tersedia

Wisata pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti warung makan, musholla, toilet, dan camping ground. Jadi membuat liburan di panti ini semakin asik dan puas banget berlama-lama. Sayangnya belum tersedia penginapan khusus, jadi sebagai gantinya kamu bisa memilih untuk camping.

Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai ini

Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan bila berada di wisata Pantai Banyu Meneng ini, mulai dari duduk santai menikmati pemandnagan, hunting foto, hingga bermain air. Informasi selengkapnya sebagai berikut:

1. Duduk Santai Sambil Menikmati Pemandangan

Duduk santai sambil menyaksikan panorama pantai yang indah menjadi sebuah pilihan yang asik. Nikmat tuhan maha lagi yang kamu dustakan dengan bersantai di wisata alam pantai yang menawarkan suasana nyaman dengan keindahan alami. Mantap banget kan?

2. Bermain Air dan Berenang

Opsi selanjutnya kamu bisa berenang menikmati segarnya air pantai. Jika kamu belum bisa berenang maupun tidak berani, maka kamu bisa memilih untuk bermain air di tepi pantai. Bagaimana? asik juga kan.

3. Bermain Pasir

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Jarang-jarang bisa bermain pasir di pantai. Maka momen liburan bisa semakin menyenangkan bila dimanfaatkan untuk bersenang-senang di pantai ini, salah satunya dengan bermain pasir.

4. Hunting Foto

Panorama alam di wisata pantai ini sangat indah. Maka sayang bila tidak diabadikan. Maka aktivitas hunting foto merupakan salah satu yang paling favorit dilakukan di pantai ini. Berswafoto dengan background pantai tentu sangat bagus.

5. Camping

Bila seharian sudah menikmati liburan di pantai tetapi masih belum puas, maka kamu masih memiliki pilihan untuk camping. Sudah tersedia camping ground untuk digunakan camping. Menikmati suasana dan panorama malam di pantai ini pasti menambah pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Lokasi dan Rute Pantai Banyu Meneng Malang

Lokasi pantai ini terletak di Kandangmerak, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari Pantai Kondang Merak, hanya berjarak sekitar 100 meter.

Rute menuju pantai ini juga cukup mudah, dari arah Malang langsung mengarah ke selatan menuju ke Bantur dengan melewati Gondanglegi. Selanjutnya mengikuti arah menuju Pantai Balekambang, setelah tiba di perempatan Pantai Balekambang selanjutnya ambil arah ke kiri menuju Pantai Kondang Merak. Akses jalannya kurang bagus, jadi kamu harus lebih berhati-hati.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng Malang

HTM atau harga tiket masuk Pantai Banyu Meneng cukup terjangkau, cuma Rp 10.000 pada saat weekday, dan menjadi Rp 15.000 pada saat weekend. Sedangkan biaya parkir motor Rp 5.000.

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Banyu Meneng yang kini sedang hits di Malang. Apabila kamu merasa tertarik untuk menikmati liburan di pantai eksotis ini, maka bisa segera diagendakan. Kamu bisa berpetualang bersama keluarga maupun sahabat. Yang pasti diperlukan perjuangan untuk menuju ke lokasi, dikarenakan akses jalan yang kurang bagus. Maka kamu harus mempersiapkan segala hal yang terkait dengan perjalanan dan liburanmu, termasuk juga kondisi kendaraan harus baik.

Baca Juga: