Dalem Simbah Wonosalam

Telah hadir obyek wisata Dalem Simbah Wonosalam Jombang. Wisata ini menawarkan keindahan dengan nuansa Etnik Jawa. Di wisata ini terdapat banyak benda-benda kuno bersejarah yang bisa ditemui para pengunjung. Maka tentu sangat cocok bila tempat wisata ini sebagai destinasi bagi para pecinta budaya dan sejarah.

Wisata Dalem Simbah ini dibuka untuk umum pada awal November 2020. Hingga kini peminatnya seperti tak henti-hentinya, apalagi pada saat hari libur, maka bisa dipastikan ramai pengunjung. Wisata ini hadir dengan mengusung konsep yang komplit dengan mengkombinasikan hal-hal terkait budaya dengan berbagai wahana seru yang dapat dinikmati para pengunjung.

Mau tau apa saja fasilitas yang tersedia di Desa Simbah? diantaranya seperti; kolam renang, wisata budaya, hingga aneka spot foto yang Instagramable. Dengan adanya wisata seperti ini tentunya menjadi kabar gembira bagi warga Jombang dan sekitarnya. Dimana saat ini tempat wisata sangat dibutuhkan sebagai tempat untuk bersenang-senang dan menghilangkan rasa bosan.

panorama dalem simbah wonosalam jombang
Indra Pratama

Di wisata ini terdapat banyak rumah Joglo, dimana dulunya berbahan kayu yang kemudian didaur ulang menjadi lebih kokoh. Selain rumah, masih banyak benda-benda yang identik dengan nuansa Jawa, misalnya seperti; alat musik gamelan, andong, onthel, dan lain sebagainya. Di wisata ini juga banyak terdapat aneka pohon yang rindang dan ada kesan sebagai pohon lama, misalnya seperti; pohon damar, ewoni, juwet/duwet, aren, dan lain-lain. Dengan adanya pohon tersebut cukup menambah suasana lebih asri dan nyaman, selain itu juga mendukung nostalgia bagi para orang tua yang dulunya banyak sedikit ada kaitannya dengan pohon-pohon tersebut, entah dalam hal mainan jadul, bangunan, maupun yang lainnya.

Segala hal yang ada di wisata ini memang memiliki nuansa Jawa yang kental. Bila kamu datang di wisata ini, di bagian depan akan disambut sebuah patung Semar yang besar. Bahkan ada fasilitas kolam renang yang didesain dengan properti dan ornamen yang kental dengan nuansa Jawa, termasuk juga adanya tulisan yang menggunakan Aksara Jawa.

kolam renang dalem simbah wonosalam jombang
Indra Pratama

Chirly Lisdajani yang merupakan seorang pemilik tempat wisata ini berinisiatif membangun tempat wisata bernuansa Kejawen ini didasari karena beliau adalah seorang pelukis barang antik serta menyukai budaya Jawa. Tentu ini menjadi kebanggaan bisa mendirikan tempat wisata yang berkaitan dengan hal-hal yang dicintainya.

Menariknya lagi, di wisata ini juga terdapat wahana edukasi dan permainan buat anak-anak maupun orang dewasa, misalnya seperti permainan sepeda air (bebek air), ATV, dan mini zoo (kebun binatang mini). Selain itu, juga ada fasilitas pendukung seperti resto, kolam renang, gazebo, dan lain-lain.

permainan air dalem simbah wonosalam jombang
Indra Pratama

Di resto Dalem Simbah, tersedia aneka menu tradisional khas Jawa yang nikmat. Patut untuk dinikmati, khususnya buat kamu yang merasa lapar maupun gemar berwisata kuliner. Beberapa menu kuliner yang tersedia misalnya seperti; bakmi Jawa, nasi goreng, toge goreng, dan lain-lain.

Lokasi Dalem Simbah Wonosalam

Lokasi Wisata Dalem Simbah terletak di Jalan Raya Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Lokasi wisata ini juga tak terlalu jauh dari Agrowisata Durian Pisang. Dari Jombang kota ke lokasi berjarak 41 km atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Google Maps

Harga Tiket Masuk Dalem Simbah Wonosalam

HTM atau harga tiket masuk Dalem Simbah cukup terjangkau, cuma Rp 10.000 per orang. Pada hari libur akhir pekan, harga tiket masuknya naik jadi Rp 15.000 per orang. Jika ingin naik bebek air, maka ada biaya lagi sebesar Rp 10.000. Adapun biaya parkir cuma Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Sekian informasi seputar obyek wisata Dalem Simbah Wonosalam Jombang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Baca Juga: