Mloko Sewu Ponorogo

Mloko sewu, adalah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam nan asri disertai adanya keberadaan sebuah telaga di dalam area tersebut. Berbagai macam tumbuhan, sengaja ditanam untuk menambah keindahan dan meningkatkan daya tarik dari hutan Mloko ini. Tak lupa, para pengunjung juga selalu dihimbau untuk ikut serta dalam menjaga keasrian alam yang ada, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ataupun merusak fasilitas termasuk taman yang telah disiapkan di lokasi hutan.

Mloko sewu merupakan sebuah lahan tempat perlindungan hutan yang dimanfaatkan juga sebagai lokasi wisata untuk masyarakat luas. Tempat ini memiliki luas hingga mencapai 2 hektar lengkap dengan pemandangan sunset di sore harinya serta taman bunga buatan yang dibangun oleh pihak pengelola. Meskipun pengunjung tidak datang ke pantai atau laut lepas, pemandangan sunset dapat terlihat dari hutan Mloko tanpa mengurangi estetika keindahan serta warna di kala matahari sedang tenggelam.

Pengelolaan lokasi wisata Mloko, dilakukan oleh pihak yang berstatus swasta atau sifatnya mandiri. Bukan hasil pemugaran yang melibatkan anggaran negara. Ketika Mloko ini sudah resmi didirikan selama kurang lebih satu tahun, sebagai salah seorang pihak yang mengelola bernama Dwi Wahyudi, dirinya baru menjelaskan asal muasal dari penggunaan nama Mloko itu sendiri.

panorama mloko sewu ponorogo
instagram/situkangmoto_27

Mloko adalah salah satu pergeseran kata dalam bahasa Jawa untuk sebutan pohon yang dikenal dengan pohon Malaka. Penduduk daerah di Desa Pupus, seringkali menggunakan kata mloko untuk pohon yang berwarna merah tersebut. Saat masih belum tersentuh oleh keberadaan manusia, di sekitar hutan dapat terlihat banyak sekali tanaman dengan warna kemerahan yang tumbuh, dimana pohon yang dimaksud tidak lain merupakan Malaka.

Pohon Malaka yaitu salah satu jenis pohon dengan ketinggian mencapai 15 meter. Karakteristik fisik yang dimiliki oleh pohon ini, serupa dengan pohon cermai. Daun yang tumbuh di sekitar rantingnya juga tidak selebar seperti halnya pohon-pohon tinggi lainnya, malahan termasuk jenis dedaunan yang sedikit.

spot foto mloko sewu ponorogo
instagram/mlokosewu

Keberadaan tempat wisata ini, membantu objek wisata danau menjadi lebih berwarna dan tidak perlu lagi bantuan Drone untuk menangkap gambar pemandangan secara menyeluruh dari ketinggian yang cukup. Tapi, karena masih dalam tahap pengembangan maka diperlukan kehati-hatian yang besar dari pihak pengunjung agar tidak terpeleset ataupun terjatuh dari ketinggian 800 meter tersebut. Bagi wisatawan yang mengikut sertakan anaknya, sebaiknya dilakukan pengawasan ketat supaya tidak mengalami kejadian buruk yang dapat merusak suasana liburan kalian.

Sebenarnya, wisata Mloko sudah ada sejak tahun 2017, hanya saja belum terlalu terkenal. Wisata ini, mulai dikenal oleh masyarakat luas di sekitar tahun 2019. Meskipun di tahun 2018 sudah banyak orang yang memposting foto dengan lokasi wisata Mloko, masyarakat belum memiliki ketertarikan yang besar hingga diperlihatkan salah satu spot berfoto dengan replika perahu yang tampak melayang di udara dengan latar belakang pemandangan serba hijau.

Lokasi Mloko Sewu Ponorogo

Lokasinya berada pada ketinggian 800 Mdpl atau dataran tinggi yang ada di Kabupaten Ponorogo, Kecamatan Ngebel, Dusun Prombon, Jawa Timur. Pengunjung yang hendak menuju ke titik lokasi, dapat mengambil jalur yang melewati Telaga Ngebel lalu dilanjutkan mengarah ke Desa Gondowido. Kendaraan yang dapat digunakan untuk mengakses tempat wisata, dapat menggunakan kendaraan beroda empat atau roda dua, karena jalanannya cukup lebar.

Google Maps

Rute

Selain dari jalur yang telah disebutkan, ada jalur alternatif lainnya yakni melewati Jalan Pasar Batur Sempu. Hanya saja, bagi pengunjung yang baru bisa mengendarai kendaraan, sangat tidak dianjurkan membawa kendaraan tanpa pengalaman yang cukup. Hal tersebut, selain sangat beresiko juga dapat membahayakan keselamatan diri maupun penumpangnya.

Medan perjalanan menuju lokasi, sebagian besarnya memiliki tikungan yang cukup tajam. Terlebih, kondisi jalan yang naik turun karena berada di sekitar area perbukitan ini, dapat dibilang sebagai pengalaman perjalanan yang cukup ekstrim. Namun, wisatawan tidak perlu khawatir akan tersesat, karena terpasang papan jalan yang dapat membantu mengarahkan para pengunjung agar lebih mudah menuju lokasi tanpa repot-repot memperhatikan gmaps secara terus menerus melalui ponsel.

Jam Buka

Jam operasional tempat wisata ini, berlangsung mulai pukul 8 pagi hari sampai dengan pukul 6 sore hari. Lalu, untuk harinya sendiri, Mloko selalu buka setiap hari. Pengunjung dapat menemukan paling sedikitnya 10 tempat epik untuk berswa foto bersama kerabat, keluarga atau pasangan. Ada replika perahu yang terbuat dari bambu dengan latar belakang yang memperlihatkan barisan perbukitan, ada juga rumah panggung untuk sekedar beristirahat sejenak, dan lain sebagainya.

Harga Tiket Masuk Mloko Sewu Ponorogo

Harga yang ditawarkan oleh pengelola untuk pengunjung yang berusia anak-anak hingga dewasa, satu orangnya harus membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,-. Harga tersebut, sudah termasuk dengan berbagai macam spot yang hadir untuk memanjakan para wisatawan supaya betah berlama-lama berada di area Mloko ini. Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang senang sekali melakukan hunting foto terutama untuk diupload ke dalam sosial media Instagram.

Butuh waktu selama 15 menit saja untuk mencapai hutan Mloko, jika kalian sudah mengunjungi Telaga Ngebel yang berada di bagian bawah dari lokasi wisata Mloko. Awalnya, pengembang dari tempat wisata ini dilakukan oleh warga sekitar, terutama para pemuda pemudi yang tinggal di desa tersebut. Oleh karena itu, harga tiket masuk yang dibandrol pun sangat murah.

Uang yang terkumpul dari tiket masuk, dikelola kembali untuk mengembangkan tempat wisata secara maksimal supaya dapat bersaing dengan lokasi wisata lain yang ada di Indonesia. Harapannya, para wisatawan dapat menikmati pemandangan alam danau Telaga Ngebel dari bagian atasnya dengan latar belakang bukit-bukit hijau yang tampak teduh saat dipandang.

Sekian pembahasan mengenai tempat wisata Mloko Sewu pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. Bye!

Baca Juga: