Tempat Wisata di Pujon

Bingung memilih destinasi liburan, yuk simak artikel berikut 12 tempat wisata di Pujon Malang. Berlibur untuk melepaskan penat sebenarnya sangat diperlukan bagi tubuh yang sudah jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Mencari hiburan dan sejenak melupakan penat akan mampu mengembalikan energi yang telah habis terkuras. Tentunya datang bersama dengan teman dan keluarga juga menarik dalam mengisi liburan Anda.

Jika Anda bingung dengan destinasi wisata yang itu-itu saja mungkin dapat mencoba untuk pergi ke Malang tepatnya di daerah Pujon tidak jauh dari Kota Batu. Daerah ini terletak di bagian timur pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Banyak pengalaman yang akan didapat seperti menjelajahi wisata alam dan desa, wisata belanja, wisata budaya, dan banyak kegiatan menarik lainnya.

Tempat Wisata di Pujon yang Paling Hits

Saat ini wisata alam memang sangat digemari. Terlebih lagi di masa pandemi, trend berwisata untuk dapat lebih dekat dengan alam sepertinya mulai menjadi pilihan masyarakat. Mereka tidak ingin pergi ke tempat yang ramai dan penuh sesak dengan orang. Tetapi lebih menjadikan kegiatan berwisata menjadi sesuatu yang menyegarkan pikiran sehingga berdampak pada psikologis, spiritual, dan fisik.

Untuk itu wilayah Malang menawarkan beberapa aktivitas wisata alam yang menyenangkan seperti yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

1. Coban Rondo

coban rondo
instagram/herry_yanto

Kawasan ini menawarkan wisata air terjun (coban) dan perbukitan dengan alam yang masih asri. Aliran air terjun ini berasal dari mata air di Gunung Kawi. Air terjun Coban Rondo memiliki makna tersendiri yaitu rondo yang artinya janda di dalam bahasa Jawa.

Alkisah jaman dulu terdapat pasangan suami-istri, dengan nama Dewi Anjarwati yang asalnya Gunung Kawi, juga Raden Baron Kusuma, yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Mereka baru menikah selama 36 hari dan ingin bepergian ke rumah orang tua Raden Baron Kusuma. Sebetulnya mereka sudah tidak diizinkan bepergian oleh orang tua si wanita karena menurut kepercayaan Jawa, di usia pernikahan muda tersebut belum diperbolehkan untuk bepergian.

Akan tetapi mereka nekat bepergian dan di tengah jalan dihadang oleh seorang pria bernama Joko Lelono yang menyukai kecantikan Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusuma memerintahkan istrinya untuk bersembunyi di balik air terjun. Terjadilah pertempuran antara dua lelaki yang mengakibatkan tewasnya mereka berdua. Maka dari itulah Dewi Anjarwati akhirnya menjadi janda sehingga kawasan air terjun tersebut dinamakan Coban Rondo.

Banyak kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan ini seperti tubing, paintball, melihat satwa dan kebun dengan fasilitas jalur trekking, memetik apel, bersepeda, outbound, labirin, dan lain sebagainya. Pengelola wisata disini menyediakan berbagai atraksi dan kegiatan untuk dilakukan bagi para wisatawan. Sehingga apabila bepergian bersama keluarga pun masih tetap dapat melakukan aktivitas yang menarik.

2. Sumber Pitu

sumber pitu
instagram/naufalhanif_fa

Atraksi yang ditawarkan disini adalah wisata alam dan hutan atau wanawisata dengan spot utama berupa air terjun. Dikenal dengan nama Coban Sumber Pitu Pujon merupakan salah satu air terjun eksotis di Malang Raya. Akan tetapi jangan sampai tertukar karena di Desa Tumpang Malang juga terdapat air terjun dengan nama yang sama.

Untuk menuju air terjun ini diperlukan fisik dan stamina yang mumpuni karena akan berjalan kaki atau trekking menuju air terjun sekitar 2-3 jam perjalanan. Maka dari itu wisata ini tidak direkomendasikan untuk anak kecil ataupun orang tua yang tidak kuat mendaki dan berjalan jauh.

Di kawasan ini terdapat area parkir di pos 1. Jika kondisi cuaca memungkinkan, maka pengunjung dapat parkir di pos 2 karena kondisi jalan yang curam dan licin saat hujan. Apabila berjalan kaki, jarak pos 1 ke pos 2 adalah sekitar 30 menit. Setelah berjalan melewati kebun sayur dan tebing-tebing yang licin selama 1-2 jam maka akan menemukan Coban Satu, lalu selanjutnya Coban Pitu (tujuh).

Disebut sebagai Coban Sumber Pitu karena mata air yang muncul dari atas tebing seperti 7 buah air terjun diantara tebing-tebing yang ditumbuhi lumut dan tanaman lainnya. Apabila masih sanggup untuk berjalan dan mendaki, maka setelah Coban Pitu dapat menuju ke Coban Empat setelah melawati jalan menanjak sekitar 15 menit.

3. Grojogan Coban Sewu

grojogan coban sewu
iqbalazhari.com

Adalah wisata alam lainnya yang penuh akan tantangan. Sama seperti Sumber Pitu, menuju Grojogan Coban Sewu Pujon akan membutuhkan tenaga ekstra karena jalurnya yang cukup sulit. Pengunjung kadang salah mengira air terjun ini sama dengan yang berada di Tawangmangu karena memiliki nama yang sama.

Grojogan Coban Sewu memiliki arti air terjun seribu. Sewu artinya seribu karena aliran air yang jatuh dari ketinggian dan membentuk air terjun seperti bersumber dari seribu mata air atau aliran sungai. Memiliki bentang air terjun yang cukup lebar membuat kawasan wisata alam ini menjadi salah satu air terjun yang indah.

Untuk melalui air terjun dibutuhkan waktu yang tidak sedikit yaitu sekitar 1,5-2 jam perjalanan dengan melewati kawasan pemukiman penduduk, persawahan, dan juga tebing-tebing yang curam. Disarankan untuk memakai jasa pemandu lokal karena hanya terdapat jalan yang biasa digunakan masyarakat lokal untuk ke kebun. Persiapkan juga stamina dan peralatan yang matang karena jalur yang dilalui cukup curam dan licin.

4. Coban Supit Urang

coban supit urang
instagram/andrian.lybot

Keunikan dari wisata air terjun ini adalah dinding bebatuan yang berada di sekitar air terjun. Dinding tersebut merupakan bebatuan alami yang membentuk pola geometris seperti bebatuan pada masa lampau.

Meski air terjunnya cukup pendek dan tidak lebih dari 15 meter akan tetapi tidak mengurangi keindahannya. Dibanding air terjun lain yang telah dibahas di atas, debit air yang turun dari air terjun ini juga relatif sedikit. Sehingga pengunjung dapat berfoto di bawah air terjun yang mengalir ke bawah. Akan tetapi harus diperhatikan kondisi bebatuan yang licin karena tersiram air setiap hari.

Untuk mencapai air terjun ini, tidak terlalu jauh dari area parkir utama yaitu sekitar 900 meter. Apabila ditempuh dengan berjalan kaki, maka akan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit-1 jam tergantung kemampuan seseorang untuk berjalan. Disini terdapat 3 air terjun yaitu Supit Urang 1, Supit Urang 2, dan Watu Talang.

Ada beberapa fasilitas yang telah dibangun untuk melengkapi wisata air terjun ini seperti gazebo, toilet, mushola, warung makan, dan beberapa spot foto instagramable. Di sekitar kawasan air terjun juga terdapat hutan bambu yang asri dan cocok untuk berfoto. Dengan medan yang cukup terjal sehingga banyak yang memanfaatkan kawasan ini untuk bersepeda gunung (downhill). Terkadang juga banyak orang yang memanfaatkan kawasan ini untuk berkemah.

5. Flora Wisata San Terra

flora wisata san terra
instagram/florawisata.santerra

Tempat wisata yang baru dibuka pada bulan Desember 2019 ini menyuguhkan sensasi berwisata di taman bunga. Konsep yang diusung adalah taman bunga dengan suasana seperti di Jepang atau Belanda. Berbagai fasad bangunan warna warni menghiasi taman ini sehingga semakin menambah semaraknya suasana dengan bunga mekar yang indah.

Berdiri di atas lahan sekitar 4 hektar, beberapa fasilitas telah dibangun untuk mendukung kegiatan wisata. Memang belum seluruhnya terbangun dan fasilitasnya belum lengkap. Akan tetapi pengunjung sudah bisa mampir dan menikmati indahnya bunga-bungaan di sini. Ada sekitar 700 jenis bunga baik ditanam di tanah, digantung diranting atau tiang besi.

Tentunya wisata ini menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin berlibur bersama keluarga. Akses yang mudah dijangkau dan tidak ada kesulitan ekstra sangat cocok dikunjungi oleh pengunjung anak-anak dan juga orang tua. Spot-spot instagramable berlatarkan kebun bunga juga cocok menghiasi sosial media.

Di kawasan ini terdapat area indoor dan outdoor yang tentunya semua penuh dengan taman bunga. Pengunjung dapat melakukan aktifitas duduk-duduk santai di atas rumput dengan atap transparan akan terasa seperti piknik di luar ruangan. Selain itu juga terdapat area food court untuk kegiatan makan minum di dalam kawasan yang juga menimbulkan sensasiseperti makan di kebun bunga.

6. Taman Kemesraan Pujon

taman kemesraan
instagram/andienie_aira_

Taman ini juga merupakan daya tarik wisata baru di Malang. Konsepnya juga unik yaitu menggabungkan wisata alam dengan tradisi dan kultur adat Jawa yang kental. Kamajaya dan Dewi Ratih menjadi ikon dari taman ini dengan pembangunan patung besar berwujud sosok mereka. Keduanya merupakan tokoh dalam pewayangan dan sejarah dan merupakan sepasang kekasih. Karena itulah disebut taman kemesraan karena dua sejoli tersebut merupakan simbol dari kerukunan suami dan istri.

Selain konsep budaya dan kemesraannya, taman ini juga menyajikan konsep hutan yang menarik dan spot-spot instagramable untuk dijelajahi. Lahan ini dikelola oleh Perhutani dengan mempertahankan hutan yang asri, area ini juga sangat sejuk dan rindang. Tersedia berbagai macam wahana seperti berperahu di kolam, air terjun, jembatan gantung, dan kolam renang yang berada diantara rindangnya pepohonan. Ada juga air sungai yang masih alami mengalir diantara kawasan sehingga menambah kesan menyatu dengan alam. Pengunjung dapat berfoto di jembatan gantung sambil melewati sungai. Jika bosan, pengunjung dapat naik perahu kecil yang disediakan berkeliling kolam. Tentunya kegiatan tersebut akan jadi kegiatan yang mengasyikkan.

Selain one day trip, di kawasan ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah dan melakukan yoga. Fasilitas lainnya yang tersedia juga sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, parkir, warung makan, dan yang lainnya.

7. Rabbit Park

taman kelinci pujon
instagram/whiempy

Taman Kelinci di gadang-gadang sebagai taman rekreasi dan edukasi bagi anak-anak. Kelinci sebagai hewan dan maskot utama kawasan ini dibiarkan bebas berkeliaran sehingga menarik bagi anak-anak untuk melihatnya. Interaksi antara anak-anak dan kelinci diharapkan dapat memberikan suatu pengalaman edukasi dalam berwisata sehingga lebih mengenal kelinci dan menimbulkan sifat penyayang binatang.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan ini yaitu wahana edukasi, area plaza, spot foto Rumah Hobbit, taman strawberry, outbound, garden café, dan tempat oleh-oleh. Lokasinya yang berada di area perbukitan Malang membuat suasana di kawasan ini sangat sejuk.

Selain kelinci, fasilitas lainnya yang digemari pengunjung adalah Rumah Hobbit. Inspirasinya diambil dari film The Hobbit tentang manusia kerdil yang sempat hits beberapa tahun lalu. Tidak perlu pergi jauh ke Selandia Baru untuk mendapatkan sensasi rumah Hobbit. Di Rabbit Park ini pun tersedia wahana bermain yang dapat dimasuki sekaligus berfoto di depan rumahnya. Terlebih pada hari libur dan hari Minggu pengunjung yang ingin berfoto disini rela antri dan bergiliran.

Disini juga terdapat gua pinus dan atraksi memetik strawberry di taman kelinci. Gua ini berada di hutan pinus dengan tinggi sekitar 1 meter. Pengunjung harus membungkuk agar dapat masuk, dan di dalamnya terasa lebih berangin juga dingin. Gua ini dulunya bekas penambangan pasir dan dijadikan lokasi wisata. Jaraknya pun dekat hanya sekitar 50 meter dari taman kelinci.

8. Cafe Sawah Pujon

cafe sawah pujon
cafesawah.com

Sesuai dengan namanya, konsep Cafe Sawah Pujon mengintegrasikan alam pedesaan yang masih asri dengan konsep berwisata berupa cafe. Terletak di hamparan sawah dengan latar belakang pemandangan bukit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke sini.

Semilir angin yang sejuk karena terletak di ketinggian akan mudah didapatkan di kawasan ini. Pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti berswafoto ria dengan latar belakang berupa sawah, spot swafoto bambu, jembatan cinta, dan lain sebagainya. Spot menarik dengan latar belakang hamparan bunga dan kolam buatan juga dapat menambah feed instagramable bagi penyuka wisata swafoto.

Dengan latar belakang hamparan perbukitan dan persawahan yang asri, pengunjung juga dapat melupakan sejenak hiruk-pikuk kota dan segala rutinitas yang membebani. Selain itu suasana romantis juga dapat ditemukan di kawasan café ini. Bahkan banyak orang yang datang hanya sekedar ingin mencari ide, inspirasi, karena suasana pedesaan yang sangat tenang dan asri.

Selain melakukan beberapa kegiatan tersebut, tentunya sebuah konsep café juga menawarkan makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Beragam aneka makanan camilan dan juga makanan berat tersedia disini. Beberapa menu makanan favorit pengunjung seperti aneka nasi, tempe, tahu, ikan bakar, sayur lodeh, tumis kacang panjang, aneka pepes, dan masih banyak yang lainnya. Tentunya konsep tradisional pedesaan masih kental di Cafe Sawah Pujon.

Selain itu makanan ringan atau kudapan yang disediakan disini seperti rujak, ketan durian, bakso, aneka olahan pisang, aneka olahan tahu, jus, kopi, dan masih banyak lagi menu lokal lainnya yang tentunya cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

9. Strawberry Highland

strawberry highland
instagram/whiempy

Nama highland diambil karena wisata ini terletak di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Berdiri di atas lahan seluas 2000 m2 wisatawan yang datang ditawarkan konsep wisata petik buah strawberry. Pengunjung yang datang akan diberikan peralatan lengkap seperti topi, gunting petik, dan keranjang untuk memetik buah tersebut. Disini pengunjung juga diajari bagaimana cara memetik buah strawberry yang baik dan siap panen sehingga rasanya manis dan tidak kecut.

Artinya selain merasakan sensasi memetik buah sendiri layaknya petani, pengunjung juga mendapatkan sisi edukasi tentang buah strawberry. Jika biasanya kebanyakan orang langsung membeli di pasar, maka pengalaman yang dikemas dalam bentuk wisata seperti ini akan sangat memunculkan minat bagi masyarakat.

Di kawasan ini terdapat sekitar 20.000 pohon strawberry yang siap dipanen secara bergantian. Beberapa jenis strawberry yang ditanam disini adalah California, Cherly, dan Holibert. Jenis California memiliki rasa yang sedikit masam, banyak mengandung air, dan juga ada sedikit rasa manis. Sedangkan jenis Cherly memiliki rasa buah yang lebih manis dan ukuran yang lebih besar dari California rasanya juga sedikit renyah saat dikunyah. Holibert memiliki rasa yang paling manis akan tetapi agak sedikit keras.

Jam operasional yaitu sekitar pukul 08.00-17.00 WIB. Pengunjung terbanyak datang pada saat akhir minggu yaitu sekitar 400 orang. Mereka pun datang dari beragam daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Gresik, Yogyakarta, Jember, Madura dan yang lainnya.

10. Blumbang Tengah Sawah

blumbang tengah sawah

Tempat wisata ini masih satu kawasan dengan Cafe Sawah Pujon yang menarik untuk dijelajahi. Jika cafe memberikan sensasi makan di tengah sawah, selanjutnya pengunjung dapat mampir ke blumbang (kolam) di tengah sawah. Di atas kolam pengunjung dapat berfoto dengan latar spot foto berbentuk hati. Tempat ini disebut dengan taman cinta. Dikelilingi dengan taman hias dan bunga yang cantik tentunya cocok untuk foto sosial media Anda.

Saung dan gubuk kayu yang instagenik juga ditawarkan di blumbang tengah sawah. Tempat duduk kayu dan jembatan kayu yang juga bagus untuk spot foto menghiasi kawasan ini. Tidak lupa juga berfoto dengan latar belakang tulisan “Desa Wisata Pujon Kidul” atau “Malang Kabupaten” akan sangat unik dengan latar belakang pegunungan yang khas.

Pemandangan di tengah sawah dengan menu makanan tradisional juga disajikan di tempat ini. Jika Anda berkunjung ke sini akan sangat membantu untuk melepas penat dan lelah akibat pekerjaan dan rutinitas harian.

11. Bukit Nirwana

bukit nirwana
instagram/alif_ardikri12

Wisata yang ditawarkan adalah menikmati pemandangan alam dari atas bukit dengan titik-titik berfoto yang instagramable. Letaknya tidak jauh dari Cafe Sawah Pujon dengan menanjak lagi menuju bukit meski belum sepopuler tempat tersebut. Di puncak Bukit Nirwana terdapat taman bunga dan tanaman hias yang ditata sedemikian rupa membentuk lanskap yang bagus.

Selain itu juga terdapat tempat makan dan menikmati kudapan berupa saung dan restoran kecil dengan konsep semi outdoor dan keseluruhan bangunannya menggunakan material alami seperti alang-alang dan bambu. Disini juga terdapat spot instagramable seperti jembatan bambu, gardu pandang, perahu di tengah kolam, dan lain sebagainya. Untuk penyuka wisata swafoto tentunya tempat ini sangat cocok dengan latar belakang pemandangan bukit yang sangat asri.

Saat ini pemilik Bukit Nirwana sedang mengembangkan wisata berkemah bagi pengunjung yang ingin merasakan tidur di alam bebas. Terdapat beberapa unit tenda yang berwarna kuning dan atraksi seperti live music di malam hari. Pengunjung yang berkemah di tenda juga dapat merasakan pengalaman bercengkrama dengan sesama pengunjung, barbeque, dan makan malam di luar ruangan ditemani lampu-lampu yang menerangi kawasan perkemahan sehingga suasana menjadi intim.

12. Taman Pinus Bendosari

taman pinus bendosari
instagram/malang_mbois

Konsep wisata yang ditawarkan adalah wisata alam dengan memanfaatkan area hutan pinus alami. Pinus identik dengan tanaman dataran tinggi hanya dapat tumbuh di area yang sejuk dan dingin.  Maka dari itu sensasi yang didapatkan saat berjalan-jalan di hutan pinus adalah hawa yang sejuk dan menyegarkan badan.

Tempat ini juga menyajikan spot yang instagramable bagi wisata kekinian anak muda jaman sekarang. Ada beberapa titik untuk berswafoto ria seperti kapal raksasa kayu yang berada di tengah hutan. Dengan menaiki dan berfoto disini akan terasa seperti berlayar diantara hutan belantara.

Selain itu juga ada spot menara pandang untuk melihat pemandangan hutan dari atas. Pemandangan di atas tersebut tentunya sangat indah dengan hamparan bunga di bawah. Beberapa tempat bersantai seperti gazebo, kolam-kolam kecil yang tersebar di sekitar kawasan menambah asri Taman Pinus Bendosari.

Bagi pengunjung penyuka kegiatan luar ruangan (outdoor) terdapat beberapa kegiatan fisik dan tantangan seperti flying fox, spider web, jembatan V, dan juga minitrail dengan ATV. Dengan menaiki dan bermain flying fox akan memicu adrenalin karena harus meluncur dari satu pohon ke pohon lain dengan menggunakan seutas tali. Begitupun dengan permainan lainnya sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai tantangan.

Itulah beberapa ulasan tentang tempat wisata di Pujon yang menarik untuk dikunjungi. Selama masa pandemi Covid-19 disarankan untuk tetap memakai masker dan mentaati protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi wisata. Intinya tetap bersenang-senang dan berwisata tetapi harus tetap menjaga kesehatan. Jangan lupa datang bersama teman, pasangan, atau keluarga untuk menikmati keindahan alam Indonesia terutama di Pujon Malang.

Baca Juga: