Air Terjun Sikulikap Berastagi

Air Terjun Sikulikap memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter. Sikulikap memiliki air yang alirannya bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan yang termasuk di dalam kawasan hutan lindung.

Suara air yang mengalir melewati bebatuan berlumut menjadikan pemandangannya terlihat sangat indah, disertai dengan suara air mengalirnya, membuat suasana di tempat wisata ini menjadi semakin nyaman.

Di sekitar area air terjun ini, pengunjung bisa menemukan sebuah Kawasan Ekosistem Leuser dan monyet gibon yang bebas berkeliaran. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan mandi di kawasan air terjun karena aliran airnya yang cukup deras.

panorama air terjun sikulikap berastagi
Foto: Imam Seep

Berwisata adalah salah satu cara untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang sekitar, keluarga, sahabat, pasangan, atau rekan kerja. Sehingga, moment liburan seringkali diabadikan agar tidak hilang begitu saja.

Mengabadikan moment yang disertai dengan background pemandangan indah, menimbulkan kesenangan tersendiri bagi pengunjung. Karena hasil foto atau videonya nanti akan semakin bagus dan indah untuk dikenang.

Petugas yang berjaga di kawasan wisata Sikulikap memberikan kebebasan kepada pengunjung yang ingin berfoto bersama. Mereka bebas memilih spot-spot terbaik untuk mengabadikan moment. Air terjun ini juga bisa diabadikan untuk mengingat betapa indahnya objek wisata yang berada di Indonesia.

suasana air terjun sikulikap berastagi
Foto: Remajaya Telaumbanua

Banyak pengunjung yang memotret keindahan pemandangan wisata air terjun ini, dengan menyusuri hutan, menemukan monyet gibon, hingga berada di sekitar air terjun yang menjadi ikon penting di tempat ini.

Tidak lupa adanya hutan hujan tropis yang bisa menjadispot foto menarik dan bisa diunggah di media sosial oleh pengunjung untuk menambah kesempurnaan masa liburan dari stress dan jenuh yang disebabkan oleh pekerjaan, khususnya pengunjung yang berasal dari daerah perkotaan.

Air terjun ini dibuka mulai pukul 06.00 hingga 20.00. Disarankan bagi pengunjung untuk datang sebelum matahari terbenam. Pemandangan yang indah disuguhkan oleh air terjun dan hutan hujan tropis akan terlihat saat matahari masih terik.

Lokasi Air Terjun Sikulikap Berastagi

Wisata air terjun ini berada di Jalan Jamin Ginting KM 5,4 Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Martelu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada di tengah hutan hujan tropis, membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar yang sangat alami.

Google Maps

Ada banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang, membuat pengunjung dapat merasakan udara yang terasa sejuk dan bersih.

Tempat wisata ini terletak di bawah jurang Penatapan dan merupakan salah satu tempat yang terkenal di Berastagi. Penatapan merupakan tempat kuliner yang sering didatangi oleh pengunjung untuk menikmati jagung rebus atau jagung bakar sambil melihat keunikan monyet gibon yang berkeliaran di bukit-bukit Berastagi dengan pemandangannya yang indah.

Meski terletak di bawah jurang, pemerintah pusat telah merawat dengan baik rute menuju air terjun ini. Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir mengenai akses menuju kawasan wisata ini.

Keamanan rute menuju kawasan wisata dilihat dari adanya pegangan besi yang memudahkan pengunjung naik turun ke atas dan ke bawah dengan aman. Jalanan juga sudah diaspal dan dibuatkan tangga, serta pagar untuk keamanan.

Tempat wisata ini cukup diperhatikan oleh pemerintah setempat. Selain memperhatikan kenyamanan, mereka juga memperhitungkan keselamatan dengan memberikan berbagai alat keamanan untuk melindungi pengunjung saat melakukan perjalanan wisata hingga sampai ke ikon terpenting wisata tersebut.

Akan tetapi, wisatawan juga harus tetap hati-hati meski rute menuju lokasi cukup aman karena jalannya yang licin dan berlumut tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kecelakaan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap Berastagi

Bagi pengunjung yang berwisata di kawasan air terjun ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, dalam arti harga tiket masuk objek wisata ini adalah gratis.

Beberapa fasilitas yang disediakan di Sikulikap ini tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa ditemui oleh pengunjung, seperti lahan parkir.

Lahan parkir yang disediakan cukup luas dan memadai, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir untuk tempat kendaraan disini. Tempat parkir disediakan untuk kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

Selain parkir, warung dan tempat makan juga menjadi hal penting yang harus ada di sebuah tempat wisata. Pengunjung yang tidak mempersiapkan bekal, bisa membeli makanan dan jajanan untuk dinikmati sambil berwisata di Sikulikap.

Penduduk lokal di sekitar kawasan wisata tersebut membuka warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau.

Di sekitar kawasan wisata Sikulikap juga terdapat gazebo atau bangku-bangku kayu yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan air terjun dan hutan hujan tropis yang memiliki udara sejuk.

Bagi pengunjung yang berwisata lebih dari satu hari, terdapat beberapa penginapan yang terletak tidak jauh dari objek wisata ini. Harga dari penginapan-penginapan tersebut juga beraneka ragam, menyesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Pengunjung dapat memilih penginapan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang diinginkan.

Selain itu, toilet umum juga menjadi fasilitas penting yang harus disediakan oleh tempat wisata. Sehingga, pengunjung tidak perlu mencari toilet di luar wilayah objek wisata.

Kawasan wisata air terjun yang bernama Sikulikap ini dahulunya menjadi tempat wisata yang populer di kalangan masyarakat, namun kini mulai pudar dan sepi pengunjung. Padahal, wisata air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa. Keindahan tempat yang eksotis ini didukung oleh adanya dinding batu yang cadas dan membuat pengunjung terpukau melihat berbagai keindahan di kawasan wisata Air Terjun Sikulikap.

Baca Juga: