Igir Kandang Pemalang

Igir Kandang termasuk dalam destinasi wisata favorit warga Indonesia. Di wisata ini kamu bisa melihat pemandangan kota Pemalang yang terlukis indah dari atas bukit. Keberadaannya yang ada di kaki Gunung Slamet membuatnya dapat menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah hingga dapat menyejukkan mata dan menyegarkan pikiranmu yang sedang kusut.

Provinsi Jawa Tengah sendiri termasuk dalam provinsi yang memiliki tempat wisata alam perbukitan dengan pemandangan menawan karena dapat melihat pemandangan Gunung Slametnya yang memukau.

Sudah dari lama tempat ini viral karena para wisatawan disuguhkan banyak fasilitas yang dapat membuatmu puas setelah mengunjunginya. Dari mulai yang telah disebutkan tadi, pemandangan yang memukau, banyak spot foto yang cantik sehingga cocok untuk memposting foto-foto itu ke Instagrammu, memiliki lahan yang cukup luas untuk camping bersama teman ataupun keluargamu, dan masih ada banyak lagi.

suasana bukit igir kandang pemalang
Aulia Khoirin Nisa

Untuk menjangkau puncak bukit kamu harus berjalan sekitar 10 menit dari loket masuk. Kamu tidak diharuskan untuk camping, kamu juga boleh hanya mengabdikan momen dan menghirup udara segar dari atas bukit ini.

Kelebihan mengunjungi pusat wisata yang satu ini

Sebuah pusat atau tempat wisata masing-masing memiliki kelebihan dan daya tarik yang berbeda-beda. Pusat wisata yang satu ini juga memiliki kelebihan itu, yaitu:

Harga tiket masuk murah

Dengan tiket masuk yang hanya Rp. 5000 kamu sudah bisa mendapatkan pengalaman yang sangatlah tak tergantikan. Kamu bisa menikmati pemandangan yang megah, udara yang segar, dan memanfaatkan spot foto yang bagus.

Akses jalan yang mudah

Jika sebagian tempat wisata perbukitan lainnya rata-rata memiliki akses jalan yang rumit karena kualitas jalannya yang masih jelek, tempat wisata satu ini memiliki akses jalan yang mudah dilewati motor ataupun mobil. Meskipun di beberapa sisi masih terdapat jalanan yang tidak sempurna, tapi sampai saat ini masih belum ada yang mengeluh tentang hal itu.

Spot foto yang bagus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki banyak spot foto yang bagus dan Instagramable sehingga cocok untuk anak-anak mudah yang memiliki hobi atau kesenangan berfoto. Dari mulai latar belakang sebuah pemandangan yang megah, perpohonan hijau yang asri, hingga sebuah gazebo yang dikemas dengan cantik.

instagramable bukit igir kandang pemalang
@infopemalang.id

Fasilitas yang disediakan di Bukit Igir Kandang

Bukit ini terbilang masih baru, tapi itu tidak mengurangi kelengkapan fasilitas yang ada di tempat wisata satu ini. Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini adalah sebagai berikut:

Area parkir yang luas

Tempat ini menyediakan area parkir yang luas untuk para pengunjungnya, sehingga sebanyak atau seramai apapun tempat ini, kamu tidak akan kehabisan tempat parkir.

Toilet

Seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata ini juga menyediakan toilet yang memadai dan terdapat di 6 titik, bahkan rencananya akan terus menambah hingga 16 titik.

Musholla

Terdapat area ibadah yaitu musholla, sehingga kamu tidak akan bingung mencari tempat untuk sholat.

Gazebo yang dikemas dengan cantik

Di tempat satu ini kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi di sebuah gazebo yang dikemas dengan cantik. Kamu juga bisa jadikan gazebo ini untuk spot foto yang akan kamu posting di Instagrammu.

Warung makan atau restoran kecil

Tempat ini juga menyediakan warung makan atau restoran kecil dengan harga menu yang sangat terjangkau. Bagi kamu yang lupa atau memang sengaja tidak membawa bekal, kamu bisa makan di tempat ini.

Ke depannya, pengelola wisata berniat untuk membangun wahana edukasi seperti edukasi pertanian, Sport Center dan agrikultur. Itu akan semakin menambah keseruan bagi para pengunjung yang berniat mampir ke sini untuk menghabiskan waktu liburannya.

Lokasi Igir Kandang Pemalang

Bukit Igir Kandang berada di Desa Clekatan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan berjarak 50 km atau 1,5 jam alun-alun pemalang ke arah selatan. Lokasinya di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian yang mencapai 1300 mdpl atau 3500 meter di atas permukaan laut.

Google Maps

Dari atas puncak bukit ini, para pengunjung atau wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Slamet dengan jarak hanya 4 km di sisi barat, sedangkan di sisi timur kamu bisa menikmati pemandangan Bukit Mendelem yang berjarak 5 km, dan di sebelah selatan kamu bisa melihat pemandangan dari Taman Bunga Kutabawa Purbalingga yang berjarak 2,5 km.

Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat untuk menjangkau lokasi ini, karena jalanan terjangkau dengan mudah tanpa harus menaiki kendaraan khusus.

Harga Tiket Masuk Igir Kandang Pemalang

Mencari suasana dan kenangan yang baru bisa kamu dapatkan dari tempat ini hanya dengan mengeluarkan biaya Rp. 5000. Tempat wisata yang satu ini membanderol harga Rp. 3000 dan biaya parkir Rp. 2000 saja untuk tiket masuknya. Sedangkan untuk para pengunjung yang ingin camping harga per orangnya adalah Rp. 15.000 dan ada biaya penitipan motor atau mobil Rp. 5000 per malamnya.

Harga tiket masuk tempat wisata ini termasuk murah, bahkan sangat murah, apalagi jika dibandingkan dengan apa yang kamu dapatkan dari sini.

Membaca ini kamu jadi tergiur kan untuk mengunjungi Igir Kandang. Saya sendiri hanya dengan membaca ulasan-ulasan yang diberikan para pengunjung sebelumnya, membuat keinginan saya bangkit untuk berlibur ke tempat wisata yang satu ini. Untuk kamu yang sudah berniat untuk segera mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di masa pandemi sekarang ini. Selalu jaga kesehatan dimana pun kamu berada.

Baca Juga: