Kebun Madu Efi Berastagi

Bagi Anda yang tengah mencari destinasi wisata alam sekaligus edukasi, Kebun Madu Efi Berastagi adalah jawabannya. Karena destinasi wisata unik ini, sangat cocok dikunjungi saat musim liburan seperti sekarang.

Terlebih untuk anak-anak yang saat ini lebih banyak menghabiskan belajar daring dari rumah, memilih destinasi wisata seperti kebun madu adalah pilihan tepat. Sebab di tempat wisata ini anak-anak bisa berlibur sekaligus belajar secara menyenangkan.

Wisata ini menawarkan suasana yang asyik untuk para pengunjung. Di tempat ini, tampak panorama bukit-bukit hijau, seperti halnya bukit Teletubbies. Pesona alamnya tidak diragukan lagi, benar-benar mempesona. Didukung dengan suhu udara yang sejuk khas dengan suhu di kawasan pegunungan. Maka tak heran jika tempat wisata seperti ini selalu menjadi buruan.

panorama kebun madu efi berastagi
Foto: Kebun Efi

Panorama alam yang tersaji di wisata ini benar-benar memukau. Bagi para pecinta fotografi, maka tempat seperti ini tentu menjadi pilihan favorit. Keindahan alam terlukis dengan tidak sia-sia. Pengunjung dapat jalan-jalan menikmati segala keindahan alam, serta hunting foto, pasti sangat menyenangkan.

Jika melihat kondisi alamnya sangatlah bagus, serta didukung dengan berbagai fasilitas yang mumpuni, sehingga siap membuat betah berlama-lama berada di wisata ini. Tersedia pula cafe modern yang siap menyajikan menu kuliner super nikmat.

penginapan kebun madu efi berastagi
Foto: Kebun Efi

Menariknya lagi, bagi wisatawan yang datang dari jauh, maka bisa menyewa penginapan khusus di wisata ini. Penginapan yang sederhana namun bisa membuat liburan semakin berkesan tentunya.

Aktivitas Menarik di Kebun Madu Efi

Sebagai wisata alam dan edukasi, Kebun Madu Efi menyuguhkan berbagai aktivitas menarik untuk Anda dan keluarga. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa dipilih antara lain:

Belajar Bersama Owner Wisata

Anda dan keluarga bisa belajar tentang lebah bersama dengan Owner Kebun Madu Efi yakni Felix Zulhendri, yang merupakan ilmuwan di bidang ilmu pangan dan bioproteksi. Owner akan memberikan presentasi secara langsung mengenai peternakan lebah dalam memproduksi madu Efi tanpa dikenakan biaya tambahan.

Menikmati Madu Efi Asli

Lebah yang diternak di kawasan kebun madu ini sebanyak 7 cluster. Lebah-lebah penghasil madu dan propolis tersebut bisa dinikmati semua orang. Jika stok madu masih ada, Anda bisa mencicipi madu asli Efi dengan membayar Rp. 20.000 saja. Selain itu, Anda bisa membawa pulang madu asli Efi ini dengan cara membelinya di sana.

Melihat Peternakan Sapi dan Kuda

Layaknya pemandangan sebuah desa yang terletak di pegunungan, peternakan ini bisa mengingatkan Anda pada peternakan yang berada di luar negeri. Peternakan sapi dan kuda yang memiliki panorama indah di kawasan kebun madu ini, semakin menambah nilai edukatif.

Mengunjungi Perkebunan Jeruk

Perkebunan jeruk yang berada di kawasan kebun madu ini, menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Di sini Anda pun bisa memetik jeruk langsung dari pohonnya. Selain itu pemandangan di perkebunan ini sangat indah.

Mencoba Berbagai Spot Foto Instagramable

Umumnya semua tempat yang berada di kawasan kebun madu ini bisa menjadi spot foto yang instagramable. Dan salah satu yang menjadi daya tariknya ialah spot foto dengan hamparan bunga-bunga indah yang sudah bermekaran.

Selain itu, spot foto dengan latar belakang gunung Sinabung pun bisa Anda coba. Di Kebun Madu Efi pun Anda bisa menyewa pakaian-pakaian unik untuk dijadikan kostum saat melakukan photoshoot dengan biaya tambahan.

Camping Bersama Keluarga

Anda bisa mencoba camping bersama keluarga di area camping ground pada kawasan kebun madu ini. Pengelola pun menyewakan tenda beserta isinya, jika Anda ingin menikmati sensasi menginap yang benar-benar nyata.

Mengunjungi wisata di Berastagi ini paling cocok di pagi hari atau menjelang sore hari. Sehingga Anda dan keluarga lebih bisa merasakan suasana khas berwisata alam yang menyenangkan di dua waktu tersebut. Selain itu, tidak ada salahnya berkunjung saat weekdays.

Fasilitas

Berikut beberapa fasilitas lainnya di Kebun Madu Efi yang bisa Anda coba:

  • Kafe.
  • Musholla.
  • Toilet.
  • Peralatan Barbeque.
  • Hot Shower.
  • Layanan Breakfast dan layanan Dinner dengan Menu Buffet.
  • Parkir.
  • Smoking Area.

Harga Tiket Masuk Kebun Efi Berastagi

Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup murah yaitu Rp 10.000,- per orangnya. Tiket masuk ini bisa Anda dapatkan di tempat penjualan tiket yang letaknya berada tak jauh dari area parkir. Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Pada umumnya, harga tiket masuk ke Kebun Madu Efi tadi sudah termasuk dengan asuransi dan juga biaya parkir. Sehingga Anda pun tak perlu lagi membayar biaya untuk parkir kendaraan. Area parkir di wisata ini terbilang cukup luas.

Umumnya area parkir untuk motor dan mobil posisinya dekat dengan loket penjualan tiket tadi. Sedangkan area parkir untuk bus besar, posisinya terletak di bawah dekat dengan pintu gerbang.

Untuk menghindari kemacetan saat kendaraan keluar-masuk, pada hari libur atau akhir pekan pintu gerbang masuk dan pintu gerbang keluar dibedakan. Sedangkan pada hari-hari biasa pintu gerbang hanya dibuka satu saja, yakni pintu gerbang pertama yang bisa Anda jumpai saat pertama kali sampai di Kebun Madu Efi.

Lokasi Kebun Madu Efi Berastagi

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat wisata alam sekaligus edukasi ini, penting untuk mengetahui lokasi beserta rute lengkapnya. Selain itu, pastikan untuk menginstal aplikasi Google Maps atau sejenisnya jika dibutuhkan.

Google Maps

Nah, Kebun Madu Efi berlokasi di Jalan Kabanjahe – Siosar Km. 13, Siosar, Sukamaju, Tigapanah, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Jika Anda mengambil rutenya dari Kota Berastagi, Anda bisa mengambil rute melalui Jalan Jamin Ginting atau juga Jalan Veteran menuju ke Kota Kabanjahe.

Setelah Anda sampai di pertigaan jalan, terdapat SPBU di sebelah kanan dan Anda bisa belok ke kanan mengikuti arah jalan sampai bertemu simpang 5. Setelah itu, Anda bisa mengambil jalan ke kiri pertama hingga bertemu dengan Jalan Rakoetta Brahmana yakni jalan yang menuju ke Kota Cane.

Kemudian di sebelah kiri jalan, Anda akan menemui persimpangan kecil menuju ke arah Siosar. Selanjutnya, Anda pun bisa memasuki wilayah puncak 2000 Siosar. Di sana Anda bisa jalan terus hingga ke lokasi Kebun Madu Efi yang terletak di sebelah kanan jalan.

Jam Buka

Untuk jam operasional Kebun Madu Efi mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, dan umumnya buka selama hari Selasa hingga hari Minggu. Namun, bisa saja jadwal sewaktu-waktu berubah.

Sekian review tentang wisata Kebun Efi Berastagi. Jika kamu benar-benar tertarik, maka bisa merencanakan liburan mulai dari sekarang. Jangan lupa ajak sahabat maupun keluarga untuk liburan bersama di wisata ini.

Baca Juga: