Curug Pelangi Cimahi Bandung

Curug Pelangi Cimahi bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata alam yang sangat cantik dan populer di Bandung. Kita semua tahu bahwa Bandung merupakan kota di Jabar yang memiliki banyak sekali daftar wisata alamnya yang indah. Dan salah satu wisata yang tidak hanya populer di Bandung saja, tetapi juga sudah banyak dikenal oleh wisatawan dari luar kota, ialah wisata Air Terjun Pelangi di Cimahi ini sob.

Wisata Curug Pelangi Cimahi memang terkenal memiliki pesona yang sangat luar biasa, tidak hanya menyajikan air terjun yang mengalir deras dari ketinggian, tetapi juga juga pemandangan sekitar yang nampak sangat hijau menjadi wisata alam yang alami. Wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh para pemuda, keluarga, karyawan, pegawai, dan lain sebagainya yang ingin menghilangkan kepenatan dengan menikmati indahnya pemandangan alamnya.

Curug Cimahi ini foto-foto nya banyak yang menyebar di media sosial, dan menjadi daya tarik bagi para pengguna media sosial untuk dapat mengunjunginya. Siapa yang tidak tergoda dengan pemandangan Curug Pelangi yang sangat eksotis.

panorama curug pelangi cimahi bandung
instagram/abd.rohman94

Tahukah anda sebenarnya Curug Pelangi Cimahi ini sudah sejak lama dibuka, yaitu pada tahun 1992. Pada tahun 2010 sempat vakum karena ada pembenahan, dan mulai dibuka kembali pada tahun 2014. Hingga saat ini wisata Curug Pelangi Cimahi menjadi destinasi wisata yang paling hits di Bandung. Bagi warga bandung yang belum mengunjunginya tentu sangat disayangkan, karena begitu banyak wisatawan luar kota yang ingin ke Bandung untuk menikmati indahnya pemandangan alam Curug Pelangi Cimahi.

Sejak tahun 2016 hingga sekarang wisata alam air terjun ini pengunjungnya terus meningkat, terutama pada saat liburan tahun baru dan hari raya. Curuh Pelangi ini terkenal sebagai Curug Cimahi, tetapi lokasinya tidak berada di Cimahi. Ya, yang menjadikannya terkenal sebagai Curug Cimahi karena berada di aliran sungai Cimahi. Di aliran sungai tersebut juga terkait dengan Curug Pengantin dan Curug Bugbrug yang letaknya tak jauh dari Curug Pelangi.

liburan di curug pelangi cimahi bandung
instagram/alyabelak

Curug Pelangi ini berada dekat dengan kawasan wisata Dusun Bambu, dengan ketinggian mencapai 71 meter. Ada ratusan monyet yang hidup di kawasan air terjun ini, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai kawasan Habitat Monyet. Suhu udara di kawasan ini mencapai 18-22 drajat celsius, tentu terasa sangat sejuk. Suhu udara yang sejuk juga menjadi faktor kenyamanan bagi pengunjung di wisata alam ini.

Selain pemandangan air terjun yang menawan, pemandangan alam sekitar yang menjadi penghias, terdapatnya spot khusus untuk melihat keindahan alam di wisata ini, juga suhu udara yang sejuk, ternyata Curug Pelangi ini juga menyajikan keunikan yang tidak dimiliki curug-curug lainnya, yaitu akan nampak berwarna-warni seperti pelangi ketika malam hari. Ini terjadi karena memang dipasang lampu yang menyorot dari dinding belakang air terjun, sehingga ketika sudah mulai gelap maka akan mulai kelihatan warna-warni dari pancaran air terjun yang deras.

Fasilitas

Wisatawan bisa menikmati pemandangan air terjun dari spot shelter, terutama buat para pemburu foto dan yang gemar berselfie. Adapun berbagai fasilitas yang tersedia di wisata Curug Pelangi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Peta Lokasi
  • Pagar Pengaman
  • Bangku
  • Pemberhentian istirahat
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Pintu Pagar
  • Tempat Sampah
  • Piknik Site
  • Jalan setapak
  • Warung atau rumah makan
  • Pusat Informasi dan Pos Jaga

Lokasi Pelangi Cimahi Bandung

Secara Administratif, Curug Pelangi Cimahi ini terletak di Jalan Kolonel Matsuri – Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Peta: Google Map

Jalur paling mudah yang bisa diambil yaitu Jalur Cimahi, melewati Cihanjuang – Parongpong (Taman Kupu Kupu) arah ke Lembang.

Apabila dari kota Cimahi, bisa melalui jalan Kolonel Matsuri menuju arah ke Universitas Advent Indonesia, kemudian menuju ke Terminal Parongpong.

Apabila naik angkutan umum, maka dari arah kota Bandung, naik Angkutan jurusan St.Hall -Lembang, selanjutnya naik angkutan jurusan Lembang – Cisarua dan turun di depan pintu gerbang wisata Curug Cimahi Bandung.

Harga Tiket Masuk Curug Pelangi Cimahi Bandung

Bagi waisatawan yang akan masuk, maka harus membayar tiket terlebih dahulu seharga Rp 15.000 perorang. Buat yang menggunakan kendaraan pribadi, maka dikenai biaya parkir Rp 2.000 untuk Motor dan Rp 5.000 untuk Mobil.

Jam Buka

Wisata alam ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Baca Juga: