Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu memiliki pesona alam yang indah. Simak informasi tentang lokasi, tiket masuk, dan fasilitas kebun the kemuning di bawah ini. Apakah Anda sedang bingung mencari tempat wisata di daerah sekitar Solo? Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman, pacar, atau keluarga. Wisata alam yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang bosan dengan rutinitas dan hiruk pikuk perkotaan. Nuansa alam dan pedesaan yang asri, hamparan kebun teh yang berwarna hijau, udara yang sejuk akan menyambut kedatanganmu.

Awalnya kebun teh Kemuning merupakan lahan tempat penduduk sekitar mencari nafkah. Setiap harinya kebun teh Kemuning dapat memproduksi teh sebanyak 11 ton. Karena pesonanya, Kebun teh Kemuning ini mulai dilirik para wisatawan untuk berkunjung, baik dari daerah Solo maupun luar kota.

asyiknya berselfie di kebun teh kemuning
Asyiknya Berselfie fi Kebun Teh Kemuning
berselfie dengan gaya yang kece di kebun teh tawangmangu
Berselfie dengan Gaya yang Kece di Kebun Teh Tawangmangu

Fasilitas di Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Fasilitas yang tersedia di kebun teh kemuning sudah lengkap, seperti toilet, musola, rumah makan, toko souvenir, hingga penginapan. Jika Anda sedang mengunjungi kebun teh kemuning ini, cobalah mampir ke Rumah Makan Teh Ndoro Donker. Rumah makan tersebut mengusung konsep kolonial Belanda yang bayak direomendasikan oleh para wisatawan. Menu utama yang ditawarkan adalah beragam varian jenis teh, ubi rebus, pisang bakar, dan aneka jajanan.

Ada juga fasilitas outbound seperti flying fox, tubing (susur sungai dengan ban), paint ball, dan berkuda dengan tarif tertentu. Titik kebun teh Kemuning yang paling terkenal adalah Kali Pucung, karena memiliki beragam wahana permainan yang cocok sekali untuk Anda dan keluarga. Di Kebun Teh Kemuning juga terdapat banyak spot foto yang cocok untuk mengabadikan kenangan indah liburan Anda.

spot foto frame love bambu di kebun teh kemuning
Spot Foto Frame Love Bambu di Kebun Teh Kemuning
spot foto saung bambu di kebun teh kemuning
Spot Foto Saung Bambu di Kebun Teh Kemuning

Lokasi Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu berlokasi 25 kilo meter dari pusat Kota Solo. Tepatnya sekitar 10 km timur laut jalur utama Solo-Tawangmangu, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kebun teh Kemuning merupakan bukit dengan ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1500 mdpl, luas areanya sekitar 437 hektar. Dari kebun teh ini, Anda bisa melihat keindahan puncak Gunung Lawu.

Rute Menuju Kebun Teh Kemuning

Untuk menuju Kebun Teh Kemuning Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi (motor atau mobil) maupun trasportasi umum. Apabila Anda menggunakan trasportasi umum, naiklah angkutan umum rute Karangpandan, Ngargoyoso dan Jenawi. Anda akan melewati jalan Raya Solo-Karanganyar, kemudian lanjut menuju arah Karangpandan. Apabila Anda melihat petunjuk menuju Candi Sukuh atau Air Terjun Jumok, beloklah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sampai di kebun teh kemuning.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning Tawangmangu

Untuk harga tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir, karena pengunjung hanya dikenakan biaya masuk ke area perkebunan teh Kemuning sebesar Rp 3.000 per orang dan parkir kendaraan sebesar Rp 2.000. Sangat murah bukan untuk pemandangan yang sulit Anda peroleh di perkotaan ? Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Bagi para sunrise hunter, Anda juga bisa menyaksikan sunrise di lokasi kebun teh Kemuning. Datang saja sejak pukul 04.00 pagi untuk mendapatkan keindahan panorama matahari terbit.

Demikianlah infomasi tentang Wisata Kebun Teh Kemuning Tawangmangu. Apabila Anda sudah memutuskan untuk berlibur ke wisata kebun teh kemuning, jangan lupa gunakan pakaian hangat karena suhu disana cukup dingin sekitar 21,5 derajat Celcius. Serta siapkan juga uang yang cukup, karena disana belum tersedia fasilitas ATM. Jangan sampai Anda kehabisan uang di kebun teh kemuning. Selamat berlibur!