Tempat Wisata di Berastagi

Tempat wisata di Berastagi terbaru tahun ini akan kami bagikan informasinya spesial buat kamu yang ingin menikmati liburan di Berastagi, Karo. Karo adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki potensi alam yang luar biasa, terutama dalam bidang pariwisata. Pesona keindahan alamnya memang luar biasa. Maka sangat wajar sekali bila di sana terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata yang bagus dan patut untuk dikunjungi.

Jarak tempuh dari kota Medan menuju Berastagi sekitar 66 Km. Kamu bisa melakukan perjalanan menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun naik kendaraan umum. Yang pasti liburan ke Berastagi bisa menjadi pilihan yang asyik, karena di sana terdapat berbagai tempat wisata terbaru dan terpopuler yang bagus-bagus.

Sebagian besar tempat wisata di Berastagi merupakan wisata alam. Memang kondisi alam di sana sangat bagus pemandangannya. Kawasan Berastagi juga merupakan kawasan dataran tinggi, dimana ketinggiannya mencapai 1.300 Mdpl. Dengan ketinggian tersebut, dipastikan suhu udara di sana sangat sejuk. Sehingga sangat pas sekali sebagai tempat untuk refreshing.

Daftar Tempat Wisata di Berastagi

Berastagi posisinya berada di antara gunung Sibayak dan gunung Sinabung. Dua gunung tersebut cukup populer di Sumatera Utara. Tak sedikit wisatawan yang datang dan mendaki gunung tersebut, terutama gunung Sibayak.

Ada beragam obyek wisata di Berastagi yang bisa kamu pilih, mulai dari wisata alam pegunungan, theme park, hingga waterpark. Buat kamu yang ingin mengetahui daftarnya, maka silahkan lihat informasinya berikut ini.

1. Funland Mikie Holiday

fundland mikie holiday berastagi

Funland Mikie Holiday merupakan salah satu theme park yang tengah hits di Sumatera Utara. Jadi tidak hanya hits di kalangan warga Berastagi saja. Bahkan, obyek wisata ini juga masuk dalam daftar 25 theme park terbaik di Indonesia berdasarkan TripAdvisor. Ada banyak sekali wahana permainan seru yang bisa kamu nikmati di Funland Mikie Holiday, diantaranya seperti; Bon Voyage, Dino Tracker, Flying Fish, Fly Up, Butter Fly, dan lain sebagainya. Cocok banget wisata ini dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi

2. Pagoda Taman Lumbini

pagoda taman lumbini berastagi

Berkunjung ke Berastagi belum lengkap kalau belum mendatangi tempat ini, Pagoda Taman Lumbini. Pagoda ini sebenarnya merupakan tempat ibadah bagi umat Budha. Tetapi sekarang dibuka untuk umum. Jadi siapa saja boleh datang ke sana sob. Yang menjadikan tempat ini begitu menarik perhatian ialah karena bangunannya yang megah dengan arsitektus yang keren dan khas. Bahkan pagoda ini juga telah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk berswafoto di sana, maka bisa dimasukkan dalam list destinasimu di Berastagi.

Alamat: Desa Tongkoh, Berastagi

3. Gunung Sibayak

gunung sibayak berastagi

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi yang pernah meletus pada tahun 1881. Orang suku Karo menyebut gunung ini dengan nama ‘gunung Raja’. Gunung Sibayak cukup populer di Sumatera Utara dan menjadi destinasi petualangan yang asyik, terutama bagi para pecinta alam maupun pendaki. Mungkin kamu termasuk salah satu wisatawan yang hobi mendaki, maka gunung ini bisa menjadi pilihan yang asyik buatmu.

Alamat: Sempajaya, Berastagi

4. Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

pemandian air panas sidebuk debuk berastagi

Berastagi punya wisata pemandian yang asyik banget loh, yaitu pemandian air panas. Meski ada kata ‘panas’ bukan berarti bikin kulit melepuh. Lebih tepatnya hangat kalau dirasakan, hehe. Pemandian air panas ini lokasinya berada di sebelah selatan gunung Sibayak. Kamu bisa mampir mandi di sini setelah melakukan pendakian sob, pasti sangat nyaman. Airnya yang hangat memang berasal dari gunung berapi Sibayak. Airnya mengandung belirang. Dimana air belirang dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Alamat: Daulu, Berastagi

5. Desa Lingga

desa lingga berastagi

Desa Lingga merupakan desa wisata yang memperkenalkan budaya Karo. Desa ini sangat tua loh, umurnya mencapai seabad. Di sana juga terdapat museum mini yang berisi peninggalan kerajaan Karo. Lokasinya hanya berjarak 16 Km dari Berastagi. Buat kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya, maka tepat sekali mengunjungi desa wisata Lingga ini sob.

Alamat: Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat

6. Desa Peceren

desa peceren berastagi

Tak jauh berbeda dengan desa Lingga, desa Peceren ini juga memegang teguh ada dan budaya suku Karo. Di sana kamu dapat mengetahui banyak hal, terutama mengenai budaya dan juga rumah adat Karo. Panorama alam di sana sangat bagus, serta suasananya juga tenang.

Alamat: Desa Peceren, Berastagi

7. Sinabung Hill Resort

sinabung hill resort

Buat kamu yang datang jauh-jauh ke Berastagi, maka direkomendasikan untuk menginap di Sinabung Hill Resort. Ini tidak sekedar resort biasa, tetapi memiliki fasilitas yang exclusive, salah satunya yaitu kolam renang yang luas dengan desain yang keren, diitambah lagi dengan adanya flower garden yang sangat menawan. Pastinya, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Tampak dengan jelas panorama pegunungan di belakangnya.

Alamat: Jl. Kolam Renang, Gundaling I, Berastagi

8. Air Terjun Sikulikap

air terjun sikulikap berastagi

Berastagi juga punya wisata alam yang sangat memukau keindahannya. Ialah wisata air terjun Sikulikap. Meski air terjun Sipiso Piso yang paling populer di Sumatera Utara, tetapi air terjun Sikulikap tak kalah cakep loh. Air terjun ini kini menjadi destinasi liburan favoit bagi warga Karo dan sekitarnya. Karena memang pesona keindahannya tidak diragukan lagi, benar-benar luar biasa.Untuk menuju ke lokasi memang diperlukan perjuangan yang lebih, terutama buat kamu yang datang dari jauh. Tetapi bila sudah tiba di lokasi, pasti rasa lelahmu akan tergantikan sob. Karena suhu udara di sana tentu sangat sejuk, ditambah lagi dengan bermain air sumber pegunungan yang dingin dan khas, pasti sensasi segarnya luar biasa. Sudah tersedia juga spot gardu pandang untuk melihat indahnya pemandangan air terjun Sikulikap sekaligus sebagai spot untuk swafoto, seperti halnya di wisata air terjun curug Cimahi yang populer di Bandung.

Alamat: Desa Doulu, Berastagi

9. Puncak Gundaling

puncak gundaling berastagi

Puncak Gundaling merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di Berastagi saat ini. Bukit ini ini berada di ketinggian sekitar 1.575 Mdpl, sehingga tentu hawa di sana sangatlah sejuk. Dari puncak Gundaling kamu bisa menyaksikan panorama gunung Sibayak dan gunung Sinabung secara jelas. Pemandangan alam Berastagi benar-benar tampak sangat mempesona. Tersedia juga menara pandang sebagai spot foto keren. Dari pusat pemerintahan Berastagi hanya berjarak 3 Km saja kok. Maka layak untuk berkunjung ke tempat ini bila kamu berada di Berastagi.

Alamat: Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi

10. Danau Lau Kawar

danau lau kawar

Danau Lau Kawar adalah sebuah danau yang memiliki keindahan alami yang sangat eksotis. Lokasinya berada tak jauh dari Berastagi. Danau ini memiliki kawasan yang bagus untuk memandanginya, cukup luas dan terdapat pohon-pohon cemara di sekitarnya. Pemandangan danau Lau Kawar juga tampak mempesona dengan kombinasi pepohonan hijau yang rindang di sekitarnya.

Alamat: Kutagugung, Naman Teran (Dulunya Kecamatan Simpang Empat)

11. Penatapen

https:\/\/instagram.fsub1-2.fna.fbcdn.net\/vp\/341c31dfbe930921786fa5fe27be14ef\/5E460535\/t51.2885-15\/sh0.08\/e35\/s640x640\/30855342_173014500195397_9047053394446909440_n.jpg?_nc_ht=instagram.fsub1-2.fna.fbcdn.net

Berastagi punya tempat nongkrong sekaligus tempat refreshing yang asyik banget. Namanya adalah Penatapen atau dikenal juga Penatapen Doulu. Di tempat ini kamu bisa menikmati menu makanan hangat seperti jagung bakar manis dan kopi. Menu tersebut sangat pas dinikmati di sana, karena suhu udaranya sangat sejuk. Belum lagi pemandangan alamnya yang tampak sangat indah khas di pegunungan. Tak jarang juga kawasan ini dipenuhi dengan kabut, sehingga menambah sensasi yang luar biasa seakan-akan sedang berada di negeri di atas awan.

Alamat: Jalan Jamin Ginting KM 55, Doulu, Berastagi

12. Gereja Inkulturatif Santo Fransiskus

gereja inkulturatis santo fransiskus

Gereja ini merupakan tempat ibadah bagi umat Nasrani. Desain arsitektur bangunannya sangat unik dan kental dengan nilai budaya Karo. Gereja ini dibangun berdasarkan musyawarah dengan suku adat Karo. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sering dikunjungi wisatawan. Banyak yang tertarik dengan gaya arsitekturnya yang khas, serta panorama di sekitarnya juga sangat bagus. Kondisinya tenang dan nyaman sebagai tempat untuk merileksasikan diri.

Alamat: Jl. Jamin Ginting, Berastagi

13. Rindu Alam Resort

rindu alam resort berastagi

Ada lagi nih sebuah resort cakep di Berastagi yang patut untuk dikunjungi. Yaitu bernama Rindu Alam Resort. Resort ini berada di kawasan perbukitan, panorama alam di sekitarnya sangatlah indah dan sebagian besar memang berupa panorama bukit-bukit. Resort ini dilengkapi dengan fasilitas menarik, seperti kolam renang. Ada juga spot foto rumah hobbit, spot ayunan, dan lain sebaganya. Tempat wisata ini cocok banget dikunjungi kalangan muda maupun sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Tempat ini juga direkomendasikan untuk honeymoon bagi pasangan keluarga baru. Suasana yang nyaman menjadi poin utama di kawasan ini.

Alamat: Jl. Jendral Jamin Gintings KM 56,4, Lau Debuk Debuk, Desa Semangat Gunung, Berastagi

14. Hotel Bukit Kubu

hotel bukit kubu berastagi

Hotel Bukit Kubu menjadi salah satu hotel populer di Berastagi. Hotel ini tidak sekedar sebagai tempat menginap saja, tetapi sebagai sebagai tempat rekreasi yang nyaman. Hotel ini memiliki area yang luas berupa hamparan perbukitan hijau, seperti halnya bukit Teletubbies. Bukit Kubu yang indah memanjakan mata, tepat banget tempat seperti ini menjadi tempat rekreasi bagi keluarga. Bukit Kubu ini juga cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika hari libur. Banyak hal yang bisa dilakukan di Bukit Kubu, mulai dari bersantai menikmati pemandangan, jalan-jalan, swafoto, lari-larian buat anak-anak, main bola buat anak-anak, main layang-layang, dan lain sebagainya. Silahkan datang ke sana apabila kamu merasa tertarik.

Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi

15. Hotel Rudang

hotel rudang berastagi

Hotel Rudang juga merupakan hotel favorit untuk menginap dan menikmati libura. Hotel ini menyediakan fasilitas kolam renang yang cukup favorit bagi para pengunjung. Bila kamu hobi renang, maka Hotel Rudah bisa menjadi pilihan yang menarik. Hotel ini juga menawarkan keindahan panorama alam sekitar. Panorama perbukitan hijau begitu memanjakan mata, ditambah lagi suasana di sana sangat sejuk dan nyaman. Oh iya, hotel ini juga menyediakan wahana outbond yang menyenangkan loh. Cocok banget tempat ini untuk komunitas yang ingin mengagendakan acara outbond.

Alamat: Jl. Jamin Ginting No.16, Sempajaya, Berastagi

16. Pasar Buah Berastagi

pasar buah berastagi

Liburan di Berastagi belum lengkap kalau belum belanja oleh-oleh di pasar buah. Pasar buah ini populer banget di Berastagi, dan sebagian besar wisatawan mengunjungi tempat ini untuk membeli oleh-oleh. Ini adalah pusat buah di Berastagi, dan aneka jenis buah-buahan segar bisa kamu dapatkan di sana.

Alamat: Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Berastagi

17. Kuda Wisata

kuda wisata berastagi

Masih berlokasi di pasar buah Berastagi, di sana juga ada Kuda Wisata. Kamu bisa menunggangi kuda mengitari kawasan Berastagi kot dengan harga yang terjangkau. Terdapat banyak kuda yang bisa kamu pilih salah satu. Pasti asyik banget kan sensasi naik kuda. Buat kamu yang belum pernah naik Kuda, maka ini adalah kesempatan yang bagus.

Alamat: Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Berastagi

18. Kebun Madu Efi

kebun madu efi

Kebun Madu Efi merupakan salah satu wisata edukasi bagi wisatawan tentang budidaya madu, tanaman, hingga peternakan. Terdapat banyak sekali jenis tanaman di sana. Ada petik buah Jeruk. Banyak juga bunga-bunga bermekaran ketika musimnya. Serta ada juga penangkaran Kuda. Panorama kebunnya memang sangat indah, didukung dengan properti yang cakep, sehingga tempat ini semakin favorit untuk kegiatan swafoto. Oh iya, tempat wisata ini juga menyedakan area untuk camping loh, mungkin kamu tertarik untuk camping di sana. Kebun Madu Efi direkomendasikan sebagai tempat liburan keluarga. Lokasinya tak begitu jauh dari kecamatan Berastagi.

Alamat: Jl. Kabanjahe – Siosar KM.13 Siosar, Sukamaju, Tigapanah

19. Sapo Juma

sapo juma tongging

Sapo Juma merupakan salah satu wisata alam yang cukup hits di kalangan masyarakat di Sumatera Utara. Sapo Juma berlokasi di Tongging, kecamatan Merek, tak terlalu jauh dari Berastagi. Sama-sama Karo sebagai kabupatennya. Ada dua hal yang menarik dari Sapo Juma ini. Pertama ialah berupa homestay yang asyik buat para pengunjung untuk bermalam, juga area garden yang menawarkan pemandangan taman bunga yang indah. Bahkan panorama alam di sekitarnya juga tampak sangat mempesona, berupa perbukitan-perbukitan yang berwarna hijau karena ditumbuhi aneka tanaman dan rerumputan.

Alamat: Desa Tonggong, Kecamatan Merek, Karo

20. Museum Pusaka

museum pusaka karo

Sesuai dengan namanya, museum Pusaka ini menyimpan benda-benda pusaka Karo. Ada juga aneka foto-foto yang menggambarkan perkembangan tanah Karo. Terdapat juga aneka huruf kuno, buku-buku sejarah, topeng, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Perwira No. 3, Gundaling I, Berastagi

Baca Juga: